Page 322 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 322
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
135.
267). A Q X A R A ( kuan galang ) = A K S A R A. 268). A S A A N ( kuan galang ) = S E G A N.
1. A q x a r a e i n? = A k s a r a a p a? 1. A s a a n e w e h? = S e g a n s i a p a?
2. A q x a r a andaw male = A k s a r a hari kemaren ( Waktu Lampau ). 2. A s a a n a k u e = S e g a n s a y a ( Orang ke S a t u ).
3. A q x a r a andaw t u e h = A k s a r a hari i n i ( Waktu Sekarang ). 3. A s a a n i k a w = S e g a n k a m u ( Orang ke D u a ).
4. A q x a r a andaw jewue = A k s a r a hari besok ( Waktu akan Datang ). 4. A s a a n i y e = S e g a n d i a ( Orang ke T i g a ).
Kuan galang mandinue xolakan tuntang ahiean = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue Xolakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
1. Ati aqxara xa’antut qauxaehan qalonen andue manutorkan rimae bara qamipenan andaw male? = 1. Apueaeh bangat asaan aewie xaoloen ongko hadational inqampong, akue bangat wowaet! =
Ada aksara seiring keperluan manusia untuk menjelasakan arti dari keinginan hari kemaren? Perbawa sangat segan oleh seorang tokoh tradisional didesa, saya sangat hormat!
2. Bahing2 aere huang pangun qutaek aqxara xaqilen uhat cuqu quan jeie tulen bara andaw tueh! = 2. Bara ka’asaan te’i ojoed’ah atonam angat bangat wowaet qanhung ongko te’i, bara ikaw! =
Syair2 banyak dalam bentuk bahasa aksara sebagai akat suku kata yang asli dari hari i n i! Dari keseganan itu wujudnya adalah rasa sangat hormat kepada tokoh itu, dari kamu!
3. Cuha angat manutorkan in’ampakan vondoeh2 huang pangun aqxara dalaes qanhung andaw jewue 3. Caehahan angat ka’asaan xaqilaw einkah kanhung ongko itah te’i baqaqa’i parieseiqan bara i y e?
Demi rasa menjelaskan dibuatkan lambang2 dalam bentuk aksara sampai kepada hari besok. Ungkapan rasa keseganan seperti apakah kepada tokoh kita itu begitu pertanyaan dari d i a?
4. Dalaes tueieuh aqxara magun ihapae aewie oloen cina, tailan, yunani, bihin bara andaw male? = 4. Dalaes aeqaes akue magun asaan ientue xaoloen xalin nambaqas ewein, o o o, tutue barzarbawa! =
Sampai sekarang aksara masih dipakai oleh orang cina, tailan, yunani, sejak dari hari kemaren? Sampai dewasa saya masih segan dengan seorang guru senior mereka, o o o, betul berkarisma!
5. Einqah vondoeh aqxara magun ihapae dalaes andaw tueh, tangqang nagari2 tarxewut jurit epat = 5. Eweihkah oloen jeie in’asaan’i inhuang partanjungan belum ikaw? = Siapakah orang yang disegani
Apakah lambang aksara masih dipakai sampai hari i n i, tentu negara2 tersebut nomor empat. didalam perjalanan hidup kamu?
6. Fuetuean xailaw ein ampi pangun aqxara te’i, tiring bara jurit epat tarsewut in’ujun andaw jewue = 6. Fuetuean bara asaan xaqilaw ati angat wowaet, mikeh, rieng, tuntang ewuie-qurah quan i y e? =
Gambaran seperti apa rupa bentuk aksara itu, contoh dari nomor empat tersebut diatas hari besok. Gambaran dari segan seperti ada rasa hormat, takut, ngeri, dan campur-aduk kata d i a?
7. Ganaen qeton diyae maqartie maepe vondoeh aqxara tuntang diyae puejie bar’ajaer andaw male! = 7. Ganaen ati angat asaan, diyae bahanyi xabuaet andue mangguang ongko te’i, uxaeh ati jeie man-
Karena anda tidak mengerti mengeja lambang aksara dan tidak pernah berlatih hari kemaren! dengani quan akue = Karena ada rasa segan, tidak berani sendiri untuk menghampiri tokoh itu,
8. Hieyuean qeton aewie diyae puejie bar’ajaer ma’ataekan vondoeh aqxara bara andaw tueh! = perlu ada yang menemani kata saya.
Kritikan anda oleh tidak pernah berlatih mengucapkan lambing aksara dari hari i n i! 8. Hunjunan itah te’i bangat ma’asaankan andue xzauraes pendaan’ah, tutue andal pamantar ikaw? =
9. Isxiq inthue xixieiq amoen mipen bajaer vondoeh aqxara nhoqa andaw inthue tuqei andaw jewue = Atasan kita itu sangat menyegankan untuk semua bawahanya, betul hebat komentar kamu?
Simak dengan telaten kalau ingin belajar lambang aksara saban hari dengan rajin hari besok. 9. Ijoer2 einkah jeie ma’ampakan saxaoloen manjari in’asaani aewie oloen beqe xaqilaw quan i y e? =
10. Jerha qeton bajaer vondoeh aqxara aewie bangat halie tuntang diyae raiyener bara andaw male? = Faktor2 apakah yang membuatkan seseorang menjadi disegani oleh orang lain seperti kata d i a?
Kapok anda belajar lambing aksara oleh sangat sulit dan tidak modern dari hari kemaren? 10. Jialoeh ati ijoer duit, angkun, pangraiet, jeie manjarikan saxaoloen te’i in’asaan quan akue? =
11. Kiejierung diyae inxambiwe qajuhoran vondoeh aqxara inpargazaan bela-beli dalaes andaw tueh? = Kecuali ada faktor uang, kuasa, pengaruh, yang menjadi seseorang itu disegani kata saya?.
Cenderung tidak dianggap kehadiran lambing aksara dipergaulan muda-mudi sampai hari i n i? 11. Kewoinasi bara bapire oqiminkah jeie manjarikan saxaoloen te’i bangat in’asaani, quan ikaw? =
12. Logley tuntang rucie baejaer vondoeh aqxara dahang mampedakan diyae rayo dalaes andaw jewue Kombinasi dari berapa elemenkah yang menjadikan seseorang itu sangat disegani, kata kamu?
= Belit2 dan rumit belajar lambang aksara tambah membosankan tidak mode sampai hari besok. 12. Langqaikah oloen jeie in’asaani oleh oloen aere te’i? manumun i y e rinaeh oloen langqaei! =
13. Manghambaw qanhung jereh bela-beli andue baejaer vondoeh aqxara bihin bara andaw male? = Istimewakah orang yang disegani oleh orang banyak itu? menurut d i a nyata orang istimewa!
Menghimbau kepada generasi muda-mudi untuk belajar lambang aksara sejak dari hari kemaren? 13. Majalah jeie tarsewuet aieng akue manyuraetkan iesaeng oloen2 jeie in’asaan xasealah barinciet! =
14. Nulit bara vondoeh aqxara artonam manjari uhaet cuqu quan abjad raiyener dalaes andaw tueh! = Majalah yang ternama milik saya menuliskan tentang orang-2 yang disegani secara bertahap!
Sifat dari lambang aksara adalah menjadi akar suku kata abjad modern sampai hari i n i! 14. Naquwakan weie oloen jeie in’asaan te’i, diyae qeya jeie manenga ikaw quman xaining andaw? =
15. Oloen jeie maqu baejaer vondoeh aqxara amoen ati ijhe bara xaquyan oloen dalaes andaw jewue? = Abaikan saja orang yang disegani itu, tidak juga yang memberi kamu makan setiap hari?
Orang yang belajar lambang aksara kalau ada satu dari seribu orang sampai hari besok? 15. Oaeng’ah i y e oloen xaselah hadational jeie lembut menjari ongko tuntang in’asaan oloen aere! =
16. Parbanen buhuet vondoeh aqxara xaqilaw jadie ienyewuet hung jurit epat in’ujun andaw male! = Faktanya d i a orang secara tradisional yang muncul menjadi tokoh dan disegani orang banyak!
Permanen posisi lambang aksara seperti sudah disebutkan pada nomor empat diatas hari kemaren! 16. Paergulit te’i bangat in’asaan aewie gasaq, ganaen akue mangangkuni babapire qroitan jeie xidi! =
17. Qanihae weie halaf qeya amoen ati oloen jeie maqu baejaer vondoeh aqxara andue andaw tueh? = Petarung itu sangat disegani oleh lawannya, karena saya menguasai beberapa kuncian yang ahli!
Alakadar saja baik juga kalau ada orang yang mau belajar lambang aksara untuk hari i n i? 17. Qronquas helang qabeluman sa’andaw2 ientue xelah ikaw manduean qadarisan ganaen in’asaan
18. Rayoen bangat halie andue manggau oloen jeie maqu baejaer vondoeh aqxara dalaes andaw jewue aewie oloen! = Kontras antara kehidupan se’hari2 dengan cara kamu mengambil keputusan karena
= Masa-kini sangat sulit untuk mencari orang yang mau belajar lambing aksara sampai hari besok. disegani oleh orang!
19. Satentutah qilenkueh ritue bara vondoeh aqxara andue mapai jeie lius dumaeh bara andaw male? = 18. Reganimentasi inengakan aewie oloen jeie in’asaan te’i bangat bar’raiet andue i y e darisqan! =
Selanjutnya bagaimana nasib dari lambang aksara untuk masa yang akan dating dari hari kemaren? = Argumentasi diberikan oleh orang yang disegani itu sangat berpengaruh utk d i a putuskan!
20. Tajueq bara pamanderan tueh atonam vondoeh aqxara andue manggeteikan xindemat andaw tueh = 19. Satoro qadarisan akue duaen jadie tangkan ati pangraiet bara oloen2 jeie inasaan xajoqar’ah! =
T e m a dari pembicaraan i n i adalah lambang aksara untuk menyusun kalimat hari i n i. Segala keputusan saya ambil sudah tentu ada pengaruh dari orang2 yang disegani disekitarnya!
21. Uequngan andue oloen jeie maqu baejaer vondoeh aqxara bangat in’uxaeahkan dalaes andaw jewue 20. Tinai2 iesaeng qa’asaan te’i bangat mamparaietkan andue ikaw xabuaet atawa andue oloen beqe? =
= Dukungan untuk orang yang mau belajar lambang aksara sangat diperlukan sampai hari besok. Lagi2 tentang keseganan itu sangat mempengaruhkan untuk kamu sendiri atau untuk orang lain?
22. Vohetef weie barlagai andue qeton jeie maqu baejaer vondoeh aqxara bihin bara andaw male! = 21. Ugue i y e einkah bahanyi mangguang ongko jeie bangat in’asaan andue malaque nahigas? =
Positif saja berpikir untuk anda yang mau belajar lambang aksara sejak dari hari kemaren! Ragu d i a apakah berani menghampiri tokoh yang sangat disegani untuk meminta nasihat?
23. Whae qeton, einqah tutue maqu baejaer vondoeh aqxara cuhaqian harimanxiah andaw tueh? = 22. Varka, einkah inqampong akue ati oloen jeie in’asaan aewie baboh mapairakaet xajuqaer? =
Rekan anda, apakah betul mau belajar lambang aksara demikian informasinya hari i n i? Terka, apakah didesa saya ada orang yang disegani oleh warga masyarakat sekitar?
24. Xaqawat, whae, qulae, qilenkueh pamantar qeton iesaeng vondoeh aqxara dalaes andaw jewue? = 23. Waonderdasikan andue ikaw, eweihkah inqampong qeton xaoloen jeie in’asaan aewie oloen aere?
Sahabat, rekan, kerabat, bagaimana komentar anda tentang lambing aksara sampai hari besok? = Rekomendasikan untuk kamu, siapakah didesa anda seorang yang disegani oleh orang banyak?
25. Yafexiasi andue qeton jeie maqu baejaer vondoeh aqxara xaqilen pangatawan bara andaw male! = 24. Xandaan andue i y e jadie inengakan aewie xaoloen ongko jeie in’asaan inqampong itah! =
Apresiasi untuk anda yang mau belajar lambang aksara sebagai pengetahuan dari hari kemaren! Jaminan untuk d i a sudah diberikan oleh seorang tokoh yang disegani didesa kita!
26. Zendaieq vondoeh aqxara bangat baqas bara abjad raiyener jeie ietah hapae dalaes andaw tueh! = 25. Yornakan nahigas jeie jadie inengakan akue, ongko jeie bangat in’asaan aewie oloen xaqampong!=
Riwayat lambang aksara sangat tua dari abjad modern yang kita pakai sampai hari i n i! Cernakan nasihat yang sudah diberikan saya, tokoh yang sangat disegani oleh orang sedesa!
( ite pajue 92 ). 26. Zaput ikaw, oloen je in’asaan inqampong, angat-angat’ah xaqilaw jatun-ati qazarmonie’an belum!=
Tanpa kamu, orang yang disegani didesa, rasa-rasanya seperti tidak-ada keharmonisan hidup!
( ite paju 15 ).