Page 330 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 330

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   143.
       283).  A  S  I  E   ( kuan galang )           =   A  S  I  H.   284). A X I N G – A X I N G ( uan galang )   =  MASING - MASING.
             1.  A s i e      e i n?                                      =   A s i h   a p a?         1.  Axing – axing    e i n?                           =  Masing-masing a p a?
             2.  A s i e      a k u e                                    =   A s i h   s a y a                            ( Orang ke Satu ).         2.  Axing – axing    akue                             =  Masing-masing  saya                ( Orang  ke S a t u ).
             3.  A s i e      i k a w                                    =   A s i h   k a m u                          ( Orang ke Dua ).         3.  Axing – axing    ikaw                             =  Masing-masing  kamu              ( Orang  ke D  u  a ).
             4.  A s i e      i  y  e                                      =   A s i h   d  i  a                             ( Orang ke Tiga ).         4.  Axing – asing    i y e                               =  Masing-masing  d i a                  ( Orang ke T i g a).
       Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :    Kuan galang mandinue xolakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
       1.   Ati xaeleh qaatian asie-ashae-mian, bara nahigaet atawa patitih xaining qaturoen haeie quan akue =   1.   Ati axing2 aejue aieng-priaiem jeie inhayaengi aewie oloen bangat friyang baqaqa’i pamantar akue
             Ada suatu keadaan asih-asah-asuh, dari nasehat atau pepatah setiap keluarga besar kata saya.          = Ada masing2 benda milik-pribadi yang disayangi oleh orang sangat privasi begitu komentar saya.
       2.   Ba’ajaeq andue mang’asiehi, jatun-ati tiwas’ah xaqilaw ikaw xabuaet, einkah aequer baqaqa’i? =   2.   Bara axing2 oloen dumaeh atonam penaenan balim-qabali ajae raeweian tarwowaet quan ikaw! =
             Mengalah untuk mengasihi, tidak-ada salahnya seperti kamu sendiri, apakah setuju begitu?         Dari masing2 orang datang adalah pasangan suami-isteri tamu undangan terhormat kata kamu!
       3.   Catetan i y e prihual oloen jeie garaf-asiehi saranggong xaritah anum-petaq oloen Dayak-Ngaju! =    3.   Capat axing2 olen babar, aewie ganaen axelah jeie itong jadie branai cuhaqian pamantar i y e? =
             Catatan d i a perihal orang yang welas-asihi sepanjang sejarah air-tanah orang Dayak-Ngaju!         Cepat masing2 orang bubar, oleh karena acara yang utama sudah selesai demikian komentar d i a?
       4.   Dalaes peyae olih mang’asiehi uron2 itah? tangkan dalaes akue manghutues axeng jeie tar’ahie! =    4.   Dalaeskan  qanhung axing-2 oloen peteh akue amoen  andaw jewue ati iliet-gawie inhumae! =
             Sampai kapan bisa mengasihi anak2 kita? tentu sampai saya menghembus nafas yang terahir!         Sampaikan kepada masing-2 orang pesan saya kalau hari besok ada rapat-kerja dirumah!
       5.   Ewieh inqasiehi inhelang uron2 ikaw, xauraes uron kita mandampu inqasiehi jatun-ati in’faud2kan   5.   Eweihkah jeie inyewuet axing2 oloen te’i, matueb atonam qeton paompaet aliet-gawie quan ikaw=
             = Siapa dikasihi diantara anak2 kamu, semua anak kita merata dikasihi tidak-ada di’beda2kan.         Siapakah yang disebut masing2 orang itu, maksut adalah anda peserta rapat-kerja kata kamu.
       6.   Fuetuean iesaeng kapangasiehan ongko, dalaes kan’kueh2 tarandaq bara nyame-kannyame i y e? =   6.   Freiy xaqulae qareh itah  axing2 buhaw xabuaet2 qanrangan tintuan jeie i y e mipenqan, aequer? =
             Gambaran tentang kepengasihan tokoh, sampai ke’mana2 tertebar dari mulut-kemulut d i a?         Libur sekolah nanti kita masing-2 pergi sendiri2 ketempat tujuan yang d i a inginkan, setuju?
       7.   Ganaen akue oloen pangasie, dalaes tueh aere uron2 jeie inpumpong, inharagura, inxaqulaekan! =    7.   Gauekan akue, axing-2 oloen ambi, qatoek, ragam tuntang buruea jeie xasangga ientue ewhein! =
             Karena saya orang pengasih, sampai ini banyak anak2 yang ditampung, dipelihara, disekolahkan!         Carikan saya, masing-2 orang baju, celana, warna dan ukuran yang sesuai dengan mereka!
       8.   Haranan kapangasiean’ah maimbiet ngapah andue ikaw, aere xa’apai qabeluman’ah! =    8.   Haeiskah axing2 oloen manggaue qartakah xabuaet2 buheinkah ikaw haeis xaqilaw te’i? =
             Sebab kepengasihannya membawa berkah untuk kamu, banyak semasa kehidupannya!         Haruskah masing-2 orang mencari jalannya sendiri2 kenapakah kamu harus seperti itu?
       9.   Ientue manrandakan qasie’ah kanhung oloen beqe, te’i jadie manengakan hias-halap i y e tarharep   9.   Imit-xaimit’ah haeis inbuankan qanhung axing2 oloen, ueqhae i y e xauraes mandinue buan’an!=
             xa’aqat! = Dengan menebarkan kasihnya kepada orang lain, itu sudah memberikan budi-baik d i a         Irit – seiritnya harus dibagikan kepada masing-2 orang, supaya d i a semua mendapat bagian!
             terhadap sesama!                                    10. Jahaey2 ati duit atung imbuankan qanhung axing2 oloen paoempat baugota paranduan quan akue!=
       10. Joejoean akue mangasiehi oloen beqe te’i dumah bara aqal-rigas xasaoloen tuntang pangqahuman         Jarang2 ada uang saku dibagikan kepada masing2 orang peserta anggota rombongan kata saya!
             = Dorongan saya mengasihi orang lain itu datang dari akal-sehat seseorang dan pengalaman.   11. Kanhung axing2 oloen tuntang ikaw intengakan laluh xatahie andue ijhe bulae gawie, aequer! =
       11. Kauwaesae oloen2 jeie pangasie tangkan ati, tagael saniha xaqilaw ikaw oloen’ah jahaei-2  ati! =         Kepada masing2 orang dan kamu diberikan upah selama untuk satu bulan kerja, setuju!
             Komunitas orang2 yang pengasih tentu ada, tetapi sedikit seperti kamu orangnya jarang-2 ada!   12. Laquqan axing2 oloen andue mantahorkan ongqus pankearefan paoempaet lanja qanhung i y e =
       12. Lingkui palagaian bara oloen2 pangasie te’i nateiq2 halie andue in’umba’i  xelah barlagai i y e! =         Mintakan masing-2 orang untuk membayarkan biaya pendaftaran peserta lomba kepada d i a!
             Dimensi pemikiran dari orang2 pengasih itu kadang2 sulit untuk diikuti cara berpikir d i a!   13. Mamprentahkan quluek-xaqulae qanhung bourid2ah mangambuahkan qatiwasan axing2 quan akue
       13. Mahien, akue oloen2 je pangasie te’i jahaey2 ati oloen’ah je maqu tuntang barsanian manuqukan =         = Memerintahkan kepala-sekolah kepada murid2nya memperbaiki kesalahan masing2 kata saya.
             Justru, saya orang2 yang pangasih itu jarang2 ada orangnya yang mau dan bersedia melakukan.   14. Ngapat bara hatala lius in’narima aewie ikaw, axing-2 baugotae-ungkup ientue xelah’ah xabuaet2
       14. Nateiq2 ikaw pangasie te’i  nguyang qeya ientue arep’ah xabuaet prihual ein jeie  in’nuqukan! =         = Berkat dari allah akan diterima oleh kamu, masing-2 anggota-jemaat dengan caranya sendiri2.
             Kadang2 kamu pengasih itu bingung juga dengan dirinya sendiri perihal apa yang dilakukan!   15. Oloen te’i axing2 buhaw xalimbah mandinue pambuanan jalatian muaen vogul huang ijhe punduet
       15. Oaeng’ah, i y e  jeie pangasie te’i injarian ongko aewie mapairakaet xarangan ganaen adepah! =         qresek, bara iye! = Orang itu masing2 pergi setelah mendapat pembagian sembilan bahan pokok da
             Faktanya, d i a orang yang pengasih itu dijadikan tokoh oleh masyarakat setempat karena jasanya!         lam satu bungkus kresek, dari d i a!
       16. Paekaet itah oloen qampong manengakan akue garar “ongko” ganaen oloen je pangasie kanhung   16. Parsepxiempan humae-tejaen akue inengakan qanhung axing-2 uron’ah andue inqalolo xabuaet! =
             oloen aere! = Mufakat kita orang desa memberikan saya gelar “tokoh” karena orang yang pangasih         Perlengkapan rumah-tangga saya diberikan kepada masing-2 anaknya untuk dikelola sendiri!
             kepada orang banyak!                                17. Qiecing bitie atawa qatae2 bitie bara in’panaqan rinah-ati hung axing2 xaselah amuni quan ikaw? =
       17. Qro-qoqron oloen xaqampong andue manengakan ikaw garar “ongko” qanhung oloen pangasie! =          Cacat badan atau tanda2 badan dari dilahirkan nyata-ada pada masing2 secara alami kata kamu?
             Pro-kontra orang sedesa untuk memberikan kamu gelar “tokoh” kepada orang pengasih!   18. Rujuet hung axing-2 oloen te’i tar’baqaekan-ati, bayae nateiq2 i y e diyae inparbowahkan weie! =
       18. Reganimentasi jeie i y e dalaeskan te’i bangat taeme-aqal andue imnengakan garar “ongko” kan-         Insting pada masing-2 orang itu terpastikan-ada, hanya kadang2 d i a tidak diperhatikan saja!
             hung oloen jeie pangasie te’i! = Argumentasi yang d i a sampaikan itu sangat masuk-logika untuk   19. Saniankan andue axing2 oloen qarong, rangan tiroh ompat qienangan quman inhumae akue! =
             diberikan gelar “tokoh” kepada orang yang pengasih itu!         Sediakan untuk masing2 orang kamar, tempat tidur serta hidangan makan dirumah saya!
       19. Simbuqis tuntang wawoet akue qanhung oloen jeie manengakan pangasiehan’ah qanhung oloen   20. Tantiehue, ganaen jadie injuloekan qanhung axing2 duit-atung, halie andue ikaw laqukan qalulie =
             je beqe! = Simpati dan hormat saya kepada orang yang memberikan pengasihannya kepada orang         Terlanjur, karena sudah diserahkan kepada masing2 uang-saku, sulit untuk kamu mintakan kembali
             yang lain!                                          21. Upaew i y e andaw tueh andue maromanaehkan qamipenan bara axing2 oloen jeie aere te’i! =
       20. Tuguel ikaw huang paintihaen aeueh andue oloen jeie pangasie te’i xaqilaw ongko inqampung! =         Gagal d i a hari ini untuk menterjemahkan keinginan dari masing2 orang yang banyak itu!
             Unggul kamu dalam pemilihan suara untuk orang yang pangasih itu seperti tokoh didesa!   22. Vogul bara qamipenan akue te’i bangat barfaud tuntang axing2 paejue aeyue parlaquan xabuaet2 =
       21. Uhaetuer qeya in’uxaehkan andue maintieh xaoloen jeie pangasie andue i y e ongko inqampung =          Pokok dari keinginan saya itu sangat berbeda dan masing-2 kelompok punya permintaan sendiri2.
             = Rekayasa juga diperlukan untuk memilih seorang yang pangasih untuk d i a  tokoh didesa!   23. Wojaq’ah andue axing2 oloen baugotae paejue intengakan duit-atung ikaw hung andaw tueh? =
       22. Vranyip galang inhapae  maintieh saoloen jeie pangasie akue injarikan xaoloen ongko qampong! =          Layakan untuk masing2 orang anggota kelompok diberikan uang-saku kamu pada hari ini?
              Prinsip dasar dipakai memilih seorang yang pengasih saya dijadikan seorang tokoh desa!   24. Xiteasi andue axing2 oloen paoempaet lanja andaw tueh bangat heqa, xahalap’ah iye anggohkan
       23. Waonderdasikan andue ikaw, eweih oloen jeie pangasie cagar andue injarikan xaoloen “ongko”? =         andue due jam! = Situasi untuk masing2 orang peserta lomba hari ini sangat cape, sebaiknya d i a
             = Rekomendasikan untuk kamu, siapa orang yang pengasih calon untuk dijadikan seorang tokoh?         tangguhkan untuk dua jam!
       24. Xlembang, matinjuki  i y e xaoloen jeie pangasie andue cagar xaoloen  ongko inqampung! =     25. Yagaskan axing2 oloen huang paejue varigaes’ah, indoq olih mandaruskan parlanjaan quan akue =
             = Spontan, menunjuki d i a seorang yang pangasih untuk calon seorang tokoh didesa!          Pulihkan masing2 orang dalam kelompok staminanya, agar bisa meneruskan perlombaan kata saya.
       25. Yuqaehan akue baeyae qanhung oloen jeie pangasie andue injarikan ongko inqampung itah! =   26. Zendakan qeton einkah mantengakan zetrap qanhung axing2 baugotae paejue bartiwas quan ikaw =
             = Sandaran saya hanya kepada orang yang pengasih untuk dijadikan tokoh didesa kita!         Tindakan anda apakah memberikan sangsi kepada masing2 anggota kelompok bersalah kata kamu.
       26. Zolaeran ikaw atonam oloen jeie pangasie, andue in’cagarkan manjari xaoloen ongko qampung=                             ( ite paju  211).
             Lantaran kamu adalah orang yang pengasih, untuk itu dicalonkan menjadi seorang tokoh desa!
                                                                                                             ( ite paju 18 ).
   325   326   327   328   329   330   331   332   333   334   335