Page 335 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 335
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
148.
293). A X H U E ( kuan galang ) = A N J I N G. 294). A Z A E ( kuan galang ) = B A C A.
1. A x h u e e w e i h? = A n j i n g s i a p a? 1. A z a e e i n? = B a c a a p a?
2. A x h u e andaw male = Anjing hari kemaren ( Waktu Lampau ). 2. A z a e a k u e = B a c a s a y a ( Orang ke S a t u ).
3. A x h u e andaw tueh = Anjing hari i n i ( Waktu Sekarang ). 3. A z a e i k a w = B a c a k a m u ( Orang ke D u a ).
4. A x h u e andaw jewue = Anjing hari besok ( Waktu akan Datang ). 4. A z a e i y e = B a c a d i a ( Orang ke Tiga ).
Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
1. Aere axhue paehaegaan inhumae pauqquek qampong dayak involaw borneo andaw male! = 1. Ati aeueh anaquluh rahaet baejaer mang’epe tuntang mam’azae xindemat2 jeie pandaq quan akue =
Banyak anjing peliharaan dirumah penduduk kampung dayak dipulau kalimantan hari kemaren! Ada suara kanak-kanak sedang berlatih mengeja dan membaca kalimat2 yang pendak kata saya.
2. Bara eweih ikaw andaw tueh mamilie ubaq axhue due qongan te’i? akue mipen qeya andue mamili! 2. Bara andaw male baejaer mang’epe, mam’azae andue ma’ampaqan xajuah xindemat quan ikaw! =
= Dari siapa kamu hari ini membeli anak anjing dua-ekor itu? saya ingin juga untuk membeli! Dari hari kemaren melatih mengeja, membaca untuk membuatkan sebuah kalimat kata kamu!
3. Calatiwae andaw jewue te’i tarjari hung lemei andaw, ati oloen imangqit aewie axhue rawe! = 3. Catetan2 i y e iexaeng qilenkueh xelah mang’epel tuntang mam’azae andue manggeteiqan
Peristiwa hari besok itu terjadi pada sore hari, ada orang digigit oleh anjing gila! xajuah xindemat! = Catatan2 d i a tentang bagaimana cara mengeja dan membaca untuk menyu
4. Dalaes andaw male jadie telo-qongan axhue jeie akue pahagae, einqah ikaw mipen qeyae ? = sunkan sebuah kalimat!
Sampai hari kemaren sudah tiga-ekor anjing yang saya pelihara, apakah kamu ingin juga? 4. Dalaes akue olih mam’azae ientue rentas xalimbah dinue andue mam’azae qorau tuntang majalah =
5. Eweih andaw tueh ati oloen jeie inyaxaeh aewie axhue? oloen te’i bardari qeya ientue capat! = Sampai saya bisa membaca dengan lancar setelah dapat untuk membaca koran dan majalah.
Siapa hari i n i ada orang yang dikejar oleh anjing? orang itu berlari juga dengan cepat! 5. Eweih arae ikaw jeie rahaet ma’azae taqs-proklamasi xaquyan jalatien ratus epat juwah lime =
6. Fuetuean iexaeng axhue te’i bangat mangriengqan andaw jewue, akue bangat miqeh maeite’ah! = = Siapa nama kamu yg sedang membaca teks-proklamasi seribu sembilan ratus empat puluh lima.
Gambaran tentang anjing itu sangat mengerikan hari besok, saya sangat takut melihatnya! 6. Freiqlah amoen i y e bute huruf, einkah dalaes tueieuh diyae olih mam’azae? ieyueh ameh! =
7. Ganaen ati axhue akue andaw male diyae bahanyi barnanjung xaoloen arep, uxaeh ati qawal! = Afkirlah kalau d i a buta abjad, apakah sampai sekarang tidak bisa membaca? sungguh aneh!
Karena ada anjing saya hari besok tidak berani berjalan seorang diri, perlu ada teman! 7. Ganaen akue tuqei mang’epe xindemat dalaes andaw tueh jadie rentas tutue andue mam’azae xin-
8. Haruen weie bahanyi maimbing ubaq axhue, xahindai’ah i y e diyae bahanyi dalaes andaw tueh! = demat! = Karena saya rajin mengeja kalimat sampai hari ini sudah lancar betul untuk membaca
Barusan saja berani memegang anak anjing, sebelumnya d i a tidak berani sampai hari i n i! kalimat!
9. Ikaw mipen mamilie ubaq axhue? amoen manumuen pandinue akue xaeleh’ah andaw jewue weie!= 8. Haranan dawat huruf’ah jadie qawues halie ikaw andue mam’azae xindemat uxaeh mahapae qaca -
Kamu ingin membeli anak anjing? kalau menurut pendapat saya sebaiknya hari besok saja! pamhaeie = Sebab tinta hurufnya sudah kabur sulit kamu untuk membaca kalimat perlu memakai
10. Jialoeh axhue ringe, akue andaw male mipen andue mamilie ijhe jagaw tuntang ijhe jeie pehoq! = kaca-pembesar.
Kecuali anjing pudel, saya hari kemaren ingin untuk membeli satu jantan dan satu yang betina! 9. Im’azaeqan xindemat2 mahapae nyame i y e, ueqhae olih ihining aewie pinding oloen jeie beqe! =
11. Kawanitaes paxintae axhue in’lewu2 haeie, tartame qeyae inlewu palangka-raya andaw tueh! = Dibacakan kalimat2 memakai mulut d i a, supaya bisa didengar oleh telinga orang yang lain!
Komunitas pecinta anjing di’kota2 besar, termasuk juga dikota palangka-raya hari i n i! 10. Jahaei andue panae tueieuh oloen jeie diyae olih mam’azae, amoenpun ati te’i tarjialoh quan akue=
12. Loyaew ikaw andaw jewue ientue ubaq axhue jeie quriq te’i qareh kalu’a bara humae ! = Jarang untuk waktu sekarang orang yang tidak bisa membaca, kalaupun ada itu terkecuali kata saya
Lengah kamu hari besok dengan anak anjing yang kecil itu nanti keluar dari rumah! 11. Karentasan mam’azae manjari papontenan aewie xalin2 andue uron2 SD je heta taeme quan ikaw =
13. Mambuahie ubaq axhue jeie quriq te’i manjari anggong-tumbah ikaw andaw male andue mahaga!= Kelancaran membaca menjadi penilaian oleh guru2 untuk anak2 SD yang baru masuk kata kamu.
Mengenai anak anjing yg kecil itu menjadi tanggung-jawab kamu hari kemaren untuk memelihara! 12. Lueluewa andue olih mam’azae i y e diyae muelien, haeis baejaer mahadar huruf helu xalimbah
14. Nateiq andaw tueh pangasie ientue axhue, tagael ati qeya oloen jeie ieleq ientue axhue ! = te’i ma’epe cuqu-kuan! = Langsung untuk bisa membaca d i a tidak mungkin, harus belajar meng-
Kadang hari i n i penyanyang dengan anjing, tetapi ada juga orang yang jijik dengan anjing! hafal huruf dulu setelah itu mengeja suku-kata!
15. Ongqo mapairaeqaet qampong andaw jewue pangasie ientue metoe axhue aere mahagae axhue! = 13. Maraeq hanjaq’ah akue jadie olih mam’azae ientue rentas, ein weie xindemat in’azaeqan ! =
Tokoh masyarakat desa hari besok penyanyang dengan binatang anjing banyak memelihara anjing! Saking senangnya saya bisa membaca dengan lancar, apa saja kalimat dibacakan!
16. Paiyaehan oloen andaw male ientue axhue te’i bar’faud2 tangqan diyae aqat, buhein cuhaqian? = 14. Nahaep, ganaen ientue qoeyoe’ah ikaw manghuxungqan uxuq aewie jadie rentas andue mam’azae=
Pandangan orang hari kemaren dengan anjing itu ber’beda2 tentu tidak sama, kenapa demikian? Mantap, karena dengan bangganya kamu membusungkan dada oleh sudah lancar untuk membaca.
17. Qauengan axhue inmalem andaw tueh bangat mariyaep dandan tequq amoen itah mahining’ah! = 15. Olihqah oloen baqas i y e mam’azae? aewie mate’ah jadie hawur tutue diyae olih maeite’i huruf =
Lolongan anjing dimalam hari i n i sangat merinding bulu tengkuk kalau kita mendengarnya! Bisakah orang tua d i a membaca? oleh matanya sudah kabur betul tidak bisa melihat huruf.
18. Riyuh xasinde aeueh axhue mangang andaw jewue dalaes panae wayah kawin, ewen baqalahi mana 16. Prangqupan te’i mambiyae qadue mate’ah, dalaes andaw tueh akue diyae olih andue mam’azae! =
qian pehok axhue! = Ramai sekali suara anjing menggonggong hari besok sampai waktu musim ka- Benturan itu merusak kedua matanya, sampai hari ini saya tidak bisa untuk membaca!
win mereka berkelahi merebut betina anjing! 17. Qaprah ikaw andue mam’azae qitab xa’aereah jadie bapire xeyaen’ah? einqah dalaes xaquyan? =
19. Sauraes axhue uxaeh qeya barqajelengikosi helang jeie ijhe ientue axhue jeie beqe andaw male! = Kiprah kamu untuk membaca buku sebanyaknya sudah berapa jumlahnya? apakah sampai seribu?
Semua anjing perlu juga berkomunikasi antara yang satu dengan anjing yang lain hari kemaren! 18. Riyuh-2 uron i y e jeie SD kanpushijiean andue mam’azae qitab-2 jeie jadie ati tarxanian !=
20. Tueieuh, andaw tueh imangkit axhue rawe jadie ati vaqcin andue mantawat parungqit rabies! = Ramai-2 anak d i a yang SD keperpustakaan untuk membaca buku-2 yang sudah ada tersedia!
Sekarang, hari i n i digigit anjing gila sudah ada vaksin untuk mencegah penyakit rabies! 19. Sareah qitab-2 te’i akue jadie helu mam-azae’ah bara ikaw, xajoqar ijhe nyelo jeie jadie qajaw! =
21. Unaes akue maeite’i axhue te’i andaw jewue aewie bu’ah tarang mobil inbentuk qartak aspal! = Memang buku-2 itu saya sudah dulu membacanya dari kamu, sekitar satu tahun yang sudah lewat!
Melas saya melihat anjing itu hari besok oleh kena tabrak mobil ditengah jalan aspal! 20. Tar’azae aewie ikaw ati luiet jeie ranae’ah ielieam, tagael te’i ranae’ah bangat priaiem xasinde! =
22. Vaermaeraef axhue te’i jadi aere imnuqukan aewie oloen bara bihin helu dalaes andaw male!= Terbaca oleh kamu ada surat yang sifatnya rahasia, tetapi itu sifatnya sangat pribadi sekali!
Persilangan anjing itu sudah banyak dilakukan oleh orang dari sejak dulu sampai hari kemaren! 21. Uendang-2 i y e mam’azae ijhe luiet je haruen weie dumah bara qampong inyurat aewie aba’ah! =
23. Waonderdasiqan andue akue andaw tueh axhue ranae einqah jeie halaf andue inpahagaqan? = Santai-2 d i a membaca satu surat yang barusan saja datang dari kampung yg ditulis oleh ayahnya!
Rekomendasikan untuk saya hari ini anjing jenis apakah yang baik untuk dipelihara? 22. Vonyahqan weie kanhung ein je akue azae, eilhae dalaes tiwas ikaw mam’azaeqan, mangqaerti?=
24. Xuewaet mahagaqan axhue humaean te’i andaw jewue preng-pujur xaqilaw itah maharagura oloen! Fokuskan saja kepada apa yang saya baca, jangan sampai salah kamu membacanya, mengerti?
= Masalah memeliharakan anjing rumahan itu hari besok ples-mines seperti kita memelihara orang. 23. Waergi, panae, in’uxaehqan andue ikaw mam’azae ije qitab qapal, xaqilaw tiring’an qitab alqitab!
25. Yoqap ikaw andue andaw male tarharef axhue te’i xaqilaw einqah? akue mipen mang’intawahi= Energi, waktu, diperlukan untuk kamu membaca satu buku tebal, seperti contoh buku alkitab!
Sikap kamu untuk hari kemaren terhadap anjing itu seperti apakah? saya ingin mengetahui. 24. Xequk-zeguk tuntang toqenis andue mam’azae qitab i y e qapal te’i haeis impapajaeri ientu halaf!
26. Zendaqan akue tarharef axhue andaw tueh amoen ipen ye inpahagaqan, amoen diyae ipen, eilhae!= = Seluk-beluk dan tehnis untuk membaca buku tebal d i a harus dipelajari dengan baik!
Tindakan saya terhadap anjing hari ini kalau suka ya dipeliharakan, kalau tidak suka, jangan! 25. Yornaqan ientue xahalaf-2ah amoen akue mam’azae ijhe-juah qitab, ein weie ranae qitab’ah! =
( ite paju 75 ). Cernakan dengan sebaik-2nya kalau saya membaca satu-buah kitab, apa saja jenis kitabnya!
26. Zaput andaw ziati mam’azae, ganaen xatoro xaeleh’ah haeis in’nyuratqan in’ujun raetas, xaqilae
ikaw! =Tiada hari tanpa membaca, karena segala suatunya harus ditulis diatas kertas, seperti kamu!
( ite paju 20 ).
.