Page 333 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 333
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
146.
289). A S R A M A ( kuan galang ) = A S R A M A. 290). A S U Q ( kuan galang ) = P A D U.
1. A s r a m a e w e i h? = A s r a m a s i a p a? 1. A s u q e i n ? = P a d u a p a?
2. Asrama andaw male = Asrama hari kemaren ( Waktu Lampau ). 2. A s u q a k u e = P a d u s a y a ( Orang ke Satu ).
3. Asrama andaw tueh = Asrama hari i n i (Waktu Sekarang ). 3. A s u q i k a w = P a d u k a m u ( Orang ke D u a ).
4. Asrama andaw jewue = Asrama hari besok ( Waktu akan Datang ). 4. A s u q i y e = P a d u d i a ( Orang ke Tiga ).
Kuan galang mandinue xolakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalah dan ahiran :
1. Ati asrama pa’angsiwa oloen Dayak-Ngaju inlewu jogjakarta jadie bihin bara andaw male! = 1. Atiqah ragam jeie haeis in’asuqkan qeton ? ambi ragam ein qatuek ragam einqah quan akue? =
Ada asrama mahasiswa orang Dayak-Ngaju dikota jogjakarta sudah sejak dari hari kemaren! Adakah warna yang harus dipadukan untuk anda? baju warna apa celana warna apakah kata saya?
2. Bujang tue2 jeie aere mang’elai asrama oloen Dayak-Ngaju inlewu jogjakarta andaw tueh!= 2. Bar’ijhe-asuq itah andue manggaxaeq pawut tiringah xaqilaw parungqit dieraf-qorona quan ikaw =
Lajang laki2 yang banyak menghuni asrama orang Dayak-Ngaju dikota jogjakarta hari ini! Bersatu-padu kita untuk melawan musuh contohnya seperti penyakit virus-korona kata kamu.
3. Catetan xajuah caehahan iesaeng asrama andaw jewue atonam ligaei iqei,xaqilaw te’i qa’atian’ah! 3. Cungqing amoen umba andue asuqan-aeueh te’i, aewie ati pawut qeyae umba paompat quan i y e =
= Catatan sebuah ungkapan tentang asrama hari besok adalah istana kami,seperti itu keadaannya! Gengsi kalau ikut untuk paduan-suara itu, oleh ada musuh juga ikut peserta kata d i a.
4. Dalaes tueieuh asrama oloen Dayak-Ngaju inlewu jogjakarta magun ati dalaes andaw male! = 4. Dalaes tueieuh mapairaekaet hindai olih bar’ije-asuq, magun weie tar’pusit-betue quan akue? =
Sampai sekarang asrama orang Dayak-Ngaju dikota jogjakarta masih ada sampai hari kemaren! Sampai sekarang masyarakat belum bisa bersatu-padu, masih saja terpecah-belah kata saya?
5. Eweih mang’elai asrama oloen Dayak-Ngaju inlewu jogjakarta? jeie mang’elai atonam pa’angsiwa 5. Einqah ewhein olih bar’ijhe-asuq andue qamambaetangan bar’aqat cuhaqian pamantar bara ikaw?=
tuntang papajar dalaes andaw tueh! = Siapakah menghuni asrama orang Dayak-Ngaju inlewu Apakah mereka bisa bersatu-padu untuk kepentingan bersama demikian komentar kamu?
jogjakarta? yang menghuni adalah mahasiswa dan pelajar sampai hari ini! 6. Fuetuean i y e iexaeng bar’ijhe-asuq te’i purah andue in’ataeqan, tagael halie andue inlaqanihkan!=
6. Fuetuean iesaeng asrama oloen Dayak-Ngaju inlewu jogjakarta xaqilaw ein dalaes andaw jewue Gambaran d i a tentang bersatu-padu itu mudah untuk diucapkan, tetapi sulit untuk dilaksanakan!
= Gambaran tentang asrama orang Dayak-Ngaju dikota jogjakarta seperti apa sampai hari besok! 7. Gaueqan xelah andue akue ueqhae olih mamumpongqan oloen andue paejue asuqan-aeueh ! =
7. Gere2 akue andaw male tarluwah bulie qan’asrama aewie andaw lewoet papaq bangat labaet! = Carikan cara untuk saya supaya bisa mengumpulkan orang untuk kelompok paduan-suara!
= Gara2 saya hari kemaren terlambat pulang keasrama oleh hari cuaca hujan sangat lebat! 8. Haeis in’asuqan ikaw aeueh ijhe, aeueh due, aeueh telo tuntang aeueh epat andue zarmonie ! =
8. Honaeqah fraeh belum andue melaei inasrama, bapire haeie dapu2 andue ijhe bulae andaw tueh? = Harus dipadukan kamu suara satu, suara dua, suara tiga dan suara empat untuk harmonis!
Mahalkah biaya hidup untuk tinggal diasrama, berapa besar rata2 untuk satu bulan hari i n i? 9. In’asuqan i y e ilmu hadational ientue ilmu pangatawan ilmiah, tangqan bangat barmanfedah !=
9. Iiejoer einqah manjari tehu-jijit pepajar, pa’angsiwa andue melaei inasrama te’i andaw jewue? = Dipadukan d i a ilmu tradisional dengan ilmu pengetahuan ilmiah, tentu sangat bermanfaat!
Faktor apakah yang menjadi daya-tarik pelajar, mahasiswa untuk tinggal diasrama itu hari besok? 10. Jialoeh amoen diyae olih in’asuqan eilhae injuwanqan akue, qareh qolihah tangqan diyae halaf ! =
10. Jerengqah jeie manjari iejoer papipen itong andue melaei inasrama dalaes andaw male? xaqilaw Kecuali kalau tidak bisa dipadukan jangan dipaksakan saya, nanti hasilnya tentu tidak baik!
te’i-qah? = Akseskah yang menjadi faktor pemicu utama untuk tinggal diasrama sampai 11. Ka’ijhe-asuqan ikaw jeie haeis in’itongqan andue mahagaeqan mapairaekat faudqa-nunggal-aqa
hari kemaren? seperti itukah? = Kesatu-paduan kamu yang harus diutamakan untuk memelihara masyarakat bineka-tunggal-ika.
11. Kaxaerene asrama te’i andue manpumpong pangmelaei bapire oloen dalaes andaw tueh? raju 12. Laque in’asuqan nampara bara i y e xolak atawa bara hual jeie quriq2 helu, qamburian andue hual
listrik tuntang anum eweih jeie manahor’ah?= Kapasitas asrama itu untuk menampung penghuni jeie haeie2 ! = Minta dipadukan mulai dari d i a awal atau dari soal yang kecil2 dulu, kemudian
berapa orang sampai hari i n i? lalu listrik dan air siapa yang membayarnya? untuk soal yang besar2!
12. Luqur xasinde maktub tuntang tintuan bara pamarentah provinxi borneo - bentuk andue mama - 13. Ma’asuqan te’i nateiq2 purah andue in’ataeqan, tagael inhuang grawing palaqanihan’ah bangat
ngun asrama buan mapairakaet andaw jewue! = Luhur sekali maksud dan tujuan dari Pemerintah halie andue akue! = Mepadukan itu kadang2 mudah untuk dikatakan, tetapi didalam praktek pelak-
Provinsi Kalimantan Tengah untuk membangun asrama bagi masyarakat hari besok! sanaannya sangat sulit untuk saya!
13. Maraeq xeiqe’ah asrama pa’angsiwa tuntang papajar borneo-bentuk, dalaes mambiyeni kasarena 14. Nateiq2 ikaw purah weie ma’asuqan amoen xelah, muaen tuntang uequngan ati qabarhelaekan! =
andaw male! = Saking sesaknya asrama mahasiswa dan pelajar kal-teng, sampai melebihi kapasitas Kadang-2 kamu mudah saja mepadukan kalau cara, bahan dan dukungan ada keberpihakan!
hari kemaren! 15. Olihqan geteian axelah voqaw tueh in’asuqan ientue axelah hadational? einqah i y e aequer? =
14. Naeteiq2 asrama borneo-bentuk manjari humae xandehaen, amoen jadie mandinue rangan jeie Bisakah susunan acara resmi ini dipadukan dengan acara tradisional? apakah d i a setuju?
biyen halaf raju bendah andaw tueh qeya!= Kadang-2 asrama kalteng menjadi rumah sementara 16. Par’asuqan te’i xareah halaf, tagael tetep haeis injaga tuntang inhagaqan aewie helae akue! =
kalau sudah mendapat tempat yang lebih baik lalu pindah hari ini juga! Perpaduan itu memang baik, tetapi tetap harus dijaga dan dipeliharakan oleh pihak saya!
15. Ombetqah asrama borneo-bentuk andue manpumpong papajar tuntang pa’angsiwa andaw jewue?= 17. Qiexieng par’asuqan’ah diyae xasangga ientue tieroeq jeie jadie inpaqati aewie ikaw bardue ! =
Cukupkah asrama kalteng untuk menampung pelajar dan mahasiswa hari besok? Cacat perpaduannya tidak sesuai dengan rencana yang sudah disepakati oleh kamu berdua!
16. Paiyaehan oloen xaselah priaiem iexaeng asrama borneo-bentuk te’i bangat vreqes, andaw male!= 18. Rahaet huang maqael par’asuqan aewie qadue helae, i y e maentai weie qolih’ah andaw jewue! =
= Pandangan orang secara pribadi tentang asrama kalteng itu sangat kumuh, hari kemaren! Sedang dalam proses perpaduan oleh kedua pihak, d i a menunggu saja hasilnya hari besok!
17. Qanqontif oloen2 je belum inasrama borneo-bentuk te’i? atawa belum jeie primeles andaw tueh? = 19. Sadadiae’ah ati xatiar akue tuntang itah xamandiaei andue mahagaqan par’asuqan tarjuray xatahie
Konsumtif orang2 yang hidup diasrama kalteng itu? atau hidup yang prihatin hari ini? tueh! = Setidaknya ada usaha saya dan kita sekalian untuk memelihara perpaduan terjalin
18. Ragif haeis in’nahor andue melaei inasrama borneo-bentuk, bapira andue ijhe bulae andaw jewue selama ini!
= Tarif harus dibayar untuk tinggal diasrama kalteng itu berapa untuk satu bulan hari besok. 20. Tinai2 qeton maumang iexaeng par’asuqan? ampiah ikaw diyae pujie lepah andue inpanderqan!=
19. Simpunqrama pargazaan inasrama oloen borneo-bentuk tetep haeis injaga, bihin andaw male = Lagi2 anda membahas tentang perpaduan? rupanya kamu tidak pernah habis untuk dibicarakan!
Tatakrama pergaulan diasrama orang kalteng tetap harus dijaga, sejak hari kemaren! 21. Upaew i y e andue mam’asuqan panggaran helang ewein bardue, aewie ati xuwaet je hindai inbra
20. Tinai2 mam’umang iexaeng xuewaet asrama borneo-bentuk, ein magun in’uxaehkan andaw tueh? naiqan ! = Gagal d i a untuk mepadukan antara mereka berdua, oleh ada masalah yang belum di -
= Lagi2 membahas tentang masalah asrama kalteng, apa masih diperlukan hari i n i? selesaikan!
21. Uhxiaxiep andue mamangun asrama Dayak-Ngaju inlu’a borneo-bentuk bangat halaf andaw jewue! 22. Vranahor taparan listrik akue haes in’asuqan ientue pa’apaenan tuntang xeyaen volxa je tarxanian!
= Inisiatif untuk membangun asrama Dayak-Ngaju diluar kalteng sangat baik hari besok! = Prabayar meteran listrik saya harus dipadukan dengan pemakaian dan jumlah vulsa yg tersedia!
22. Vowoet olih melaei inasrama borneo-bentuk atonam oloen Dayak-Ngaju jeie xakulae andaw male! 23. Waqaetoer panderto ientue qareah oloen ma’ataeqan parderto ikaw haeis in’asuqan, indoq tarjarie
= Syarat bisa tinggal diasrama kalteng adalah orang Dayak-Ngaju yang sekolah hari kemaren! qazarmonie’an! = Konseptor pidato dengan nanti orang yg membacakan pidato kamu harus dipadu
23. Waonderdasiqan andue andaw tueh xaolehah inkueh melaei, einqah inasrama borneo-bentuk? = kan, agar terjadi keharmonisan!
Rekomendasikan untuk hari ini sebaiknya dimana tinggal, apakah diasrama kalteng? 24. Xaraeh i y e andue asuqan-2 je halaf, xamulin aerre asuqan lius tarjarie preng-pujur bara namean-
24. Xamandiai je xaqulae mipen melaei inasrama borneo-bentuk, tagael kasarene tarhelat andaw jewue namean te’i! = Mandah d i a untuk paduan-2 yang baik, semakin banyak paduan akan terjadi ples-
= Semua yang sekolah ingin tinggal diasrama kalteng, tetapi kapasitas terbatas hari besok! mines dari masukan-2 itu!
25.Yabah, amoen maqu melaei inasrama borneo-bentuk, ganaen daetaeh zobiqatitas itong andaw male 25. Yuluq-burue bara asuqan je halaf jadie inxaniankan, tue’ieuh akue bayae mamaqaelkan ein je jadie
Tabah, kalau mau tinggal diasrama kalteng, karena tingkat solidaritas utama hari kemaren! inxaniankan ! = Tolok-ukur dari paduan yang baik sudah disediakan, sekarang saya hanya mempro
26. Zarmonie ientue xa’aqat pang’melaei inasrama borneo-bentuk bangat in’uixaehqan andaw tueh! = ses apa yang sudah disediakan!
= Harmonis dengan sesama penghuni diasrama kalteng sangat diperlukan hari i n i! 26. Zaput ati asuqan je halaf, tangqan tieroeq jeie ikaw ampaqan diyae lius olih tarlaqanihkan ientue
( ite paju 91 ). xampuraqa! = Tanpa ada paduan yang baik, tentu rencana yang kamu buatkan tidak akan bisa ter -
laksanakan dengan sempurna!
( ite paju 247 ).