Page 349 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 349
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
162.
320). A W A E T ( kuan galang ) = B A N T U. 321). A E W I A N ( kuan galang ) = T I N D A K AN.
1. A w a e t e w e i h? = B a n t u s i a p a? 1. A e w i a n e i n ? = Tindakan a p a?
2. A w a e t a k u e = B a n t u s a y a ( Orang ke S a t u ). 2. A e w i a n a k u e = Tindakan s a y a ( Orang ke S a t u ).
3. A w a e t i k a w = B a n t u k a m u ( Orang ke D u a ). 3. A e w i a n i k a w = Tindakan k a m u ( Orang ke D u a ).
4. A w a e t i y e = B a n t u d i a ( Orang ke Tiga ). 4. A e w i a n i y e = Tindakan d i a ( Orang ke Ti ga ).
Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue xolakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran.
1. Ati oloen jeie rahaet buah baxabah maentaei awaetan bara akue, qilenkueh lagaian qeton? = 1. Ati aewian akue jeie mamparhawenqan qeton inbentuk oloen aere andaw male, alaie? =
Ada orang yg sedang kena musibah menunggu bantuan dari saya, bagaimana pikiran kamu? Ada tindakan saya yang mempermalukan anda ditengah orang banyak hari kemaren, ingat?
2. Bara queh ikaw dumaeh andaw tueh? xalimbah ma’awaet oloen jeie tarbuah baxabah! = 2. Ba’aewian helu haruen barlagai ikaw bangat tiwas, barlagai helu heta bar’aewian, baqakai!
Dari mana kamu datang hari ini? setelah membantu orang yang terkena musibah! = Bertindak dulu barusan berfikir kamu sangat salah, berfikir dulu baru bertindak, begitu!
3. Capat i y e ma’awaet aewie ati oloen jeie tarjatue qalixaer barhunje inpetaq layat lixen! = 3. Capat barlagai tuntang capat bar’aewian, eweih jeie tindung helu? tangqan i y e, tutue! =
Cepat d i a membantu oleh ada orang yang terjatuh gelincir berpijak ditanah liat licin! Cepat berpikir dan cepat bertindakan, siapa yang sergep dulu? tentu d i a, betul!
4. Dalaes peyae akue manenga awaetan qanhung uron nuele-nunus xa’aere lime oloen te’i?= 4. Dalaes andaw tueh akue magun barlagai halaf tuntang maram’ah, hindai dalaes bar’aewian
Sampai kapan saya memberi bantuan kepada anak yatim-piatu sebanyak lima orang itu? = Sampai hari ini saya masih berfikir baik dan buruknya, belum sampai bertindakan.
5. Eweihqah oloenah jeie maqu barxanian ma’awaet ikaw aewie rahaet qahaliaen duit? = 5. Eweih jeie capat manduaen aewian tangqan ikaw jeie baqal mandinueqan qolihah, tutue? =
Siapakah orangnya yang mau dan bersedia membantu kamu oleh sedang kesulitan uang? Siapa yang cepat mengabil tindakan tentu kamu yang calon mendapatkan hasilnya, betul?
6. Fuetuean iexaeng awaetan i y e haeis inengaqan atonam jalatien muaen tonggol! = 6. Fuetueanah xaqilaw einqah aewian jeie i y e nuqukan tarharef ikaw andaw male? =
Gambaran tentang bantuan d i a harus diberikan adalah sembilan bahan pokok! Gambarannya seperti apakah tindakan yang d i a lakukan terhadap kamu hari kemaren?
7. Growiaen andue ma’awaet oloen atonam ma’ampiqan tongas lieqaetan akue beqe itong! = 7. Ganaen ati aewian’ah jeie manyingguh patumbaan andaw male, akue bangat mahawa! =
Profesi untuk membantu orang adalah merupakan tugas sampingan saya lain utama! Karena ada tindakannya yang menyinggung perasaan hari kemaren, saya sangat kecewa!
8. Hoeroeiqan helu qilenkueh xelahah andue ma’awaet oloen-2 ikaw humae’ah qakehuaen ! = 8. Haeisqah ikaw bar’aewian qanhung oloen te’i? ganaen iye jadie manantang bara male! =
Rundingkan dulu bagaimana caranya untuk membantu orang-2 kamu rumahnya kebakaran! Haruskah kamu bertindakan kepada orang itu? karena dia sudah menantang dari kemaren!
9. Intuxuang bara lagaian i y e jeie manggereqkan andue ma’awaet oloen beqe jeie haban! = 9. Inqrakah andue bar’aewian tangkan bangat frantul xaqilen raongih bara onteq, bitie iye! =
Intuisi dari pikiran d i a yang menggerakan untuk membantu orang lain yang sakit! = Indranya untuk bertindakan tentu sangat reflek sebagai reaksi dari otak, badan dia!
10. Jureyan panggaran ientue rudanggan akue, ewein man’aguelqan awaetan andue qumanan!= 10. Jereng andue manduaen aewian akue uxaeh inampaqan ueqhae diyae tar’aeuer hoal beqe! =
Jalinan hubungan dengan pelanggan saya, mereka menjanjikan bantuan untuk makanan! Akses utk mengambil tindakan saya perlu dibuatkan supaya tidak terganggu soal lain!
11. Kajeng-2 ikaw bananjung bara qampong maetub’ah andue ma’awaet buah petaq nyenyeh! 11. Kewoinasie helang intuxuang frantul bangat bar’rabus andue manduaen aewian ikaw! =
= Gegas-2 kamu berjalan dari desa maksudnya untuk membantu kena tanah longsor! Kombinasi antara intuisi reflek sangat berguna untuk mengambil tindakan kamu!
12. Laeluewa weie oloen aere dumaeh andue ma’awaet iye humae jeie buah petaq nyenyeh! = 12. Luqur xasinda aewian iye duaen andue mang’ujuni xuewaet jeie rahaet tarjari metuh te’i
Langsung saja orang banyak datang untuk membantu dia rumah kena tanah longsor! = Luhur sekali tindakan dia ambil untuk mengatasi masalah yg sedang terjadi saat itu.
13. Meuleis ranggong angat zobiqatitas andue ma’awaet akue jeie huang xuewaet baxabah! = 13. Maraeq laietah akue dalaes bar’aewian inlu’a qakinyahan’ah jeie diyae tar’mreksae te’i! =
Junjung tinggi rasa solidaritas untuk membantu saya yang dalam masalah bencana! Saking marahnya saya sampai bertindakan diluar kesadarannya yang tidak terkontrol itu!
14. Nyiueng inbitie uxaeh in’awaet ientue mamihuep anum puti jeie ombet aere, quan i y e! = 14. Nateq-2 ikaw bar’aewian ientue xlembang weie tarharef xaeleh xuewaet jeie inharefi! =
Dehidrasi dibadan perlu dibantu dengan meminum air putih yang cukup banyak, kata d i a! Kadang-2 kamu bertindakan dengan spontan saja terhadap suatu masalah yang dihadapi!
15. Ondoeqan bara oloen aere bangat in’uxaehqan aewie akue, andue ma’awaet nuele-nunus = 15. Ombet, eilhae tinai iye bar’aewian xaqilaw te’i, bangat diyae badaei in’iete’i aewie oloen
Dukungan dari orang banyak sangat diperlukan oleh saya, untuk membantu yatim-piatu. = Cukup, jangan lagi dia bertindakan seperti itu, sangat tidak pantas dilihat oleh orang.
16. Paiyaehan oloen xaqilaw einqah amoen ikaw ma’awaet oloen jeie rahaet huang qahaliaen = 16. Paeqaet akue andue bar’aewian xaselah bar’aqat-aqat indoq olih xahentaq bargereq, aequer?
Pandangan orang seperti apakah kalau kamu membantu orang yang sedang dalam kesulitan. = Mufakat saya utk bertindakan secara bersama-sama agar bisa serentak bergerak, setuju?
17. Qanhala jatun-ati kartaq andue manenga awaet qanhung i y e qanrangan tarjariah baxabah! 17. Qro-qoqron andue bar’aewian ikaw xaraju ati inhuang mapairaeqat jeie bangat jamomoeq!
= Kendala tidak-ada jalan untuk memberi bantuan kpd d i a ketempat terjadinya musibah! = Pro-kontra utk bertindakan kamu selalu ada didalam masyarakat yang sangat majemuk!
18. Rahaet mang’etuen muaen awaetan qumanan andue akue pangxahan in’eiqae baxabah! = 18. Raju aewian einqah jeie haeis iye duan andue mang’ujuni xuewat jeie rahaet intaharefi? =
Sedang mengangkut bahan bantuan makanan untuk saya pengungsi dilokasi musibah! Lalu tindakan apakah yang harus dia ambil utk mengatasi masalah yang sedang dihadapi?
19. Satayuh manenga xanihae awaetan qumanan ikaw tangqan ati halaf, andue priqalunenan! = 19. Saining xuewaet haeis ati aewian akue induaen andue mang’ujuni tuntang mambranaiqan! =
Sekedar memberi sedikit bantuan makanan kamu tentu ada baik, untuk prikemanusiaan! Setiap masalah harus ada tindakan saya diambil untuk mengatasi dan menyelesaikan!
20. Tueieuh andue qumanan i y e ati ma’awaet, jari andue sandehaen diyae uxaeh qameles! = 20. Tagera aewie ikaw aewian’ah te’i, einqah hanyie atawa mikeh oroesan qareh, qilenkueh? =
Sekarang untuk makanan d i a ada membantu, jadi untuk sementara tidak perlu kuatir! Layani oleh kamu tindakannya itu, apakah berani atau takut urusan nanti, bagaimana?
21. Uhxiaxief eweih andue manengaqan awaetan qumanan qanhung uron-2 nuele-nunus?, akue! 21. Ugue-2 iye andue bar’aewian xaoloen aref, mikeh diyae olih andue mambranaiqan’ah! =
= Inisiatif siapa untuk memberikan bantuan makanan kepada anak-2 yatim-piatu?, saya! Ragu-2 dia untuk bertindakan seorang diri, takut tidak bisa untuk menyelesaikannya!
22. Varqa, bara eweih jeie manengaqan nanar awaetan qanhung panxi qaum-baqas? bara ikaw! 22. Voengah xasinde akue andue bar’aewian quan’ah, einqah tutue? itah iete’i weie qolih’ah! =
= Terka, dari siapa yang memberikan rutin bantuan kepada panti kaum-tua? dari kamu! Pongah sekali saya untuk bertindakan katanya, apakah betul? kita lihat saja hasilnya!
23. Warodae aera-2 wabari inhuang kearef i y e eweih weie jeie qinjap manengaqan awaetan! 23. Warodae inhete nyuratan ikaw lius bar’aewian amoen par’alaian tueh diyae in’oempaeti! =
= Tertera nama-2 donasi didalam daftar d i a siapa saja yang sering memberikan bantuan! Tertera disitu tulisan kamu akan bertindakan kalau peringatan ini tidak dituruti!
24. Xequk-zequk ngaxiexieqie andue manengaqan awaetan akue bangat purah xasinde, tutue?= 24. Xaraeh weie amoen iye bar’aewian, akue diyae ati andue maktub mangaxaeq parquanan’ah
Seluk-beluk administrasi untuk memberikan bantuan saya sangat mudah sekali, betul? = Mandah saja kalau dia bertindakan, saya tidak ada untuk maksud melawan perkataannya.
25. Yuluq-burue andue manengaqan awaetan qanhung panxi ikaw atiqah? xaqilaw einqah? = 25. Yevaq xasinde aewian jeie akue nuqukan andaw male xasanaie oloen diyae olih mangaxaq!
Tolok-ukur untuk memberikan bantuan kepada panti kamu adakah? seperti apakah? = Telak sekali tindakan yg saya lakukan hari kemaren sehingga orang tidak bisa melawan!
26. Zobiqatitas qanhung xa’aqat qalunen i y e manengaqan xanihae awaetan priqalunenan!= 26. Zarmonie xasinda aewian parquanan ientue par’ampaan’ah ikaw xaoloen ongqo kampong!
Solidaritas kepada sesama manusia d i a memberikan sedikit bantuan prikemanusiaan! = Harmonis sekali tindak perkataannya dgn perbuatannya kamu seorang tokoh desa!
( ite paju 59 ). ( ite paju 324 ).