Page 353 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 353
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
166.
328). A Y A E T ( kuan galang ) = A Y A T ; dlm bentuk angka-2 sebagai batas kalimat. 329). A Y A W - A Y A W ( kuan galang ) = COBA - COBA.
1. A y a e t bapire? = A y a t berapa? 1. A y a w – a y a w e i n? = Coba – coba apa?
2. A y a e t andaw male = A y a t hari kemaren ( Waktu Lampau ). 2. A y a w – a y a w a k u e = Coba – coba s a y a ( Orang ke S a t u ).
3. A y a e t andaw tueh = A y a t hari i n i ( Waktu Sekarang ). 3. A y a w – a y a w i k a w = Coba – coba kamu ( Orang ke D u a ).
4. A y a e t andaw jewue = A y a t hari besok ( Waktu akan Datang ). 4. A y a w – a y a w i y e = Coba – coba d i a ( Orang ke Tiga ).
Kuan galang mandinu xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
1. Ayaet tar’aref bara pangun jurit-2 bara andaw-male qarabusan’ah andue mantiqaskan pajue 1. Atiqah oloen jeie ayaw-2 andue maiceiq pagawiean inpaxatiaran? ati akue andaw male! =
xindemat = Ayat terdiri dari bentuk angka-2 dari hari-kemaren kegunaannya untuk memba Adakah orang yang coba-2 untuk melamar pekerjaan diperusahaan? ada saya hari kemaren!
taskan kelompok kalimat. 2. Bara ma’ayaw-2 maieceiq pagawiean ikaw andaw tueh? tangqan eweih tawa olih dinue! =
2. Bara ayaet bapire dindang rohani tueh jeie itah xindinqan andue andaw-tueh? = Dari ayat Dari mencoba-coba melamar pekerjaan kamu hari ini? tentu siapa tau bisa dapat!
berapa lagu rohani ini yang kita nyanyikan untuk hari-i n i? 3. Cuha mandinue pagawiean iye xaraju ma’ayaw-2 andue maiceiq inqueh weie ranganah! =
3. Cacakan aewie ikaw ayaet-2 andue andaw-jewue xaqilen qatae-2 pajue bara xindemat heta Demi mendapat pekerjaan dia selalu mencoba-2 untuk melamar dimana saja tempatnya!
= Bubuhkan oleh kamu ayat-2 untuk hari-besok sebagai tanda-2 kelompok dari kalimat baru 4. Dalaes andaw tueh akue magun weie ma’ayaw-2 andue maiceiq pagawiean inqueh weie! =
4. Dalaes bapire ayaetqah itah maxindinqan dindang rohani andue andaw-male ? dalaes lepah! Sampai hari ini saya masih saja mencoba-2 untuk melamar pekerjaan dimana saja!
= Sampai berapa ayatkah kita menyanyikan lagu rohani untuk hari-kemaren? sampai habis! 5. Eweih weie bara xauraes ikaw tueh jeie jadie pujie ma’ayaw-2 ma’ampaqan paiceiqkan? =
5. Eweih oloenah jeie diyae maqartie inmaqtub ientue ayaet? bara andaw-tueh inyewut bait! = Siapa saja dari semua kamu ini yang sudah pernah mencoba-2 membuatkan pelamaran?
Siapa orangnya yang tidak mengerti dimaksud dengan ayat? dari hari-i n i disebut bait! 6. Friquetak diyae uxaeh hamen-2 jeie mambaetaeng iye ma’ayaw-2 andue maiceik gawie =
6. Freiqlah lagaian ikaw andaw-jewu amoen diyae maqartie ein jeie inmaqtubkan ientue ayaet! Pribahasa tidak perlu malu-malu yang penting dia mencoba-coba untuk melamar kerja.
= Afkirlah pikiran kamu hari-besok kalau tidak mengerti apa yang dimaksudkan dgn ayat! 7. Gaueqan harimansie andue akue inqueh olih andue ma’ayaw-2 maiceiq pagawiean! =
7. Gaueqan dindang bara qitab rohani bara andaw-male andue inxindinqan tuntang intih bapi- Carikan informasi untuk saya dimana bisa untuk mencoba-coba melamar pekerjaan!
re ayaet’ah! = Carikan lagu dari buku rohani dari hari-kemaren untuk dinyanyikan dan pilih 8. Haranan xauras rangan jadie ikaw ma’ayaw-2 andue maiceiq pagawiean tagael xaraju xial!
berapa ayatnya! = Sebab semua tempat sudah kamu mencoba-2 untuk melamar pekerjaan tetapi selalu sial!
8. Haranan aere oloen hindai maqartie jeie inmaqtub ientue ayaet tangkan barfaud bara bait 9. In’ayaw-2lah helu, iyeqan haeis barxatiar andue ma’ayaw-2 bara hung diyae aqat xinde!
dalaes andaw-tueh! = Sebab banyak orang belum mengerti yg dimaksud dgn ayat tentu ber = Di’coba-2lah dulu, diakan harus berusaha utk mencoba-2 dari pada tidak sama sekali!
beda dari bait sampai hari-i n i! 10. Janjiew’ah akue ma’ayaw-2 manameanqan ijhe-duqduk ieceqan pagawiean andaw jewue =
9. Ientue bapire ayaet tueh jadie ombet andue inxindinqan ganaen maxindin bartimbal-timbal Jadwalnya saya mencoba-2 memasukan satu-berkas lamaran pekerjaan hari besok.
dalaes andaw-jewue! = Dengan berapa ayat ini sudah cukup untuk dinyanyikan karena me- 11. Kauq-2 weie manumuen prentah bara aqa’ah, xatutueah ikaw ma’ayaw-2 andue magaxaek
nyanyi berulang-2 sampai hari-besok! = Pura-2 saja menurut perintah kakaknya, sebetulnya kamu mencoba-coba untuk melawan.
10. Juray’an helang ayaet tuntang bait te’i diyae olih tarbiahqan ma’ampiqan ijhe-qaijhean bara 12. Lentu-lakgaer aueih oloen aere inhuang galanggang, iye ayaw-2 qeya umbae ma’alaeng =
andaw-male! = Jalinan antara ayat dan bait itu tidak bisa terpisahkan merupakan satu-ke Gegap-gempita suara orang banyak didalam stadion, dia coba-2 juga ikut menonton.
satuan dari hari-kemaren! 13. Mambuahi ieroeq akue andue manggau lauq mahapae pixie olih itah ma’ayaw-ayawah! =
11. Kajangga te’i manjapaeqan xajuah dindang tar’aref bara epat ayaet jeie huangah epat bait Mengenai rencana saya untuk mencari ikan memakai pancing bisa kita mencoba-2nya!
bihin andaw-tueh! = Pujangga itu menciptakan sebuah lagu terdiri dari empat ayat yang 14. Nyalot mahapae xapeda-motor ikaw qeya olih manggawieqan’ah diyae andue in’ayaw-2=
dalamnya empat bait sejak hari-i n i! Ngebut memakai sepeda-motor kamu juga bisa mengerjakannya tidak untuk dicoba-coba.
12. Lius intimbalqah qaluli andue ayaet dindang tueh dalaes andaw-jewue? = Akan diulangkah 15. Oelang awaeng-2 uxang te’i inlaqanihkan andaw tueh, iye ma’ayaw-2 mangjuhoeri! =
kembali untuk ayat lagu ini sampai hari-besok? Lelang barang-barang antik itu dilaksanakan hari ini, dia mencoba-coba menghadiri!
13. Ma’aueihqan bahing dindang te’i andue telo ayaet tuntang intimbalqan bara andaw-male? = 16. Pancatan andue pagawiean tueh ati weie, tagael akue xaraju ma’ayaw-2 mang’ujuniah! =
Menyuarakan syair lagu itu untuk tiga ayat dan diulangkan dari hari-kemaren? Hambatan untuk pekerjaan ini ada saja, tetapi saya selalu mencoba-coba mengatasinya!
14. Nyalinqan andue akue andaw-tueh qeya baing dindang telo ayaet te’i, einqah ikaw aequer? 17. Qiexu-2 dari putuer-patuer mangguang ikaw, tagael akue xaraju ma’ayaw-2 menyaxaeh! =
= Salinkan untuk saya hari-i n i juga syair lagu tiga ayat itu, apakah kamu setuju? Birit-2 lari tunggang-langgang menghampiri kamu, tetapi saya selalu mencoba-2 mengejar.
15. Onjoq aueih engat andaw-jewue manxindinqan ayaet dindang rahaet puef metuh tueh! = 18. Rahas xasinde iye bara andaw male ientue xuewaetah, tagael akue ma’ayaw-2 mangataue =
Unjuk suara merdu hari-besok menyanyikan ayat lagu sedang pop saat ini! Kesal sekali dia dari hari kemaren dengan masalahnya, tetapi saya mencoba-2 membujuk.
16. Palagaqan andue ikei xamandiaie andaw-male aueih ikaw jeie engat te’i bapire ayaet! = 19. Sacuhaqian jadie xatiar akue ma’ayaw-2 ma’awaet i y e, andaw male dalaes tueieuh! =
Peragakan untuk kami sekalian hari-kemaren suara kamu yang merdu itu berapa ayat! Sedemikian sudah usaha saya mencoba-2 membantu d i a, hari kemaren sampai sekarang!
17. Qatalen ikaw atonam aueih bangat engat andaw-tueh, xindinqan bapire ayaet andue ikei! = 20. Tinai tuntang tinai ikaw xaraju ma’ayaw-2, balang tinai ayaw-ayaw tinai diyae bartendhe!=
Talenta kamu adalah suara sangat merdu hari-i n i, nyanyikan berapa ayat untuk kami! Lagi dan lagi kamu selalu mencoba-coba, batal lagi coba-coba lagi tidak berhenti!
18. Riyaw amoen mahining ayaet-2 dindang te’i andaw-jewu, aewie hindai puejie mahiningah! 21. Upaew tinai andue andaw tueh ma’ayaw-2 tinai andaw jewue, i y e diyae lius mulang! =
= Asing kalau mendengar ayat-2 lagu itu hari-besok, oleh belum pernah mendengarnya! Gagal lagi untuk hari ini mencoba-coba lagi hari besok, d i a tidak akan mundur!
19. Satentutah ayaet dindang einqah jeie andue inxindinqan aewie itah bara andaw-male? = 22. Vonyahqan parbowahan akue andue pagawiean andaw tueh, amoen upaew ma’ayaw2 tinai
Selanjutnya ayat lagu apakah yang untuk dinyanyikan oleh kita dari hari-kemaren? = Fokuskan perhatian saya untuk pekerjaan hari ini, kalau gagal mencoba-coba lagi.
20. Tueieuh ayaet-2 dindang gandang tuntang i’aewah manghenteq-2 in’ipeni andaw-tueh! = 23. Waonderdasiqan andue ikaw ueqae pagawiean eilhae upaew, amoen upaew ma’ayaw tinai!
Sekarang ayat-2 lagu irama dan nadanya menghentak-2 disukai hari-i n i! = Rekomendasikan untuk kamu supaya pekerjaan jangan gagal, kalau gagal mencoba-2 lagi
21. Upaxelah zaqeral te’i in’antuet ayaet-2 dindang hadational jahaei olih ihining andaw-jewu! 24. Xeangah aere jeie tiwas aewie i y e pagawiean upaew, haeis in’ayaw-2 timbal qalulie! =
= Upacara sakral itu diiringi ayat-2 lagu tradisional jarang bisa didengar hari-besok! Angkanya banyak yang salah oleh d i a pekerjaan gagal, harus dicoba-coba ulang kembali!
22. Vilia weie pempahah jadie hadar andue ayaet-2 dindang hadational andaw-male! = 25. Yangqawoe te’i akue nyuhu haeis aere ma’ayaw-2 andue ma’ajaer arefah ueqhae pagawi -
Belia saja umurnya sudah hafal untuk ayat-2 lagu tradisional hari-kemaren! an’ah rentas! = Pengasuh itu saya suruh harus banyak mencoba-2 untuk mengajar dirinya
23. Warodae huang qitab nyuratan-2 iexaeng ayaet-2 qaji oloen-2 baqas, tar’azae andaw-tueh = supaya pekerjaannya lancar!
Tertera dalam kitab tulisan-2 tentang ayat-2 ilmu orang-2 tua, terbaca hari-i n i. 26. Zobaq tampar te’i ikaw ma’ayaw-2 andue manqiaenkan qalulie maqajawi ijhe parhilaengan!
24. Xiut-2 oloen aere mahining ayaet-2 dindang jeie paneqa panae inxindinqan andaw-jewue= = Sabuk tinju itu kamu mencoba-2 untuk merebutkan kembali melewati satu pertandingan!
Suit-2 orang banyak mendengar ayat-2 lagu yang jenaka waktu dinyanyikan hari-besok. ( ite paju 145 ).
25. Yahsaet xasinde ayaet tuntang bait tarnyurat huang qitab manxulie pamarentah andaw-male
= Dahsyat sekali ayat dan bait tertulis dalam buku menyindir pemerintah hari-kemaren.
26. Zobiqatitas intilafqan huang xindemat ayaet-2 dindang tuntang bait inxindinqan andaw-tueh
= Solidaritas diselipkan dalam kalimat ayat-2 lagu dan bait dinyanyikan hari-i n i.
( ite paju 246 ).