Page 353 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 353

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                                                                                                             166.
       328). A Y A E T   ( kuan galang )     =  A Y A T ; dlm bentuk angka-2 sebagai batas kalimat.   329). A Y A W -  A Y A W  ( kuan galang )     =  COBA - COBA.
             1. A y a e t    bapire?     =  A y a t  berapa?           1. A y a w – a y a w   e i n?                 =  Coba – coba  apa?
             2. A y a e t  andaw male   =  A y a t  hari kemaren                     ( Waktu Lampau ).         2. A y a w – a y a w   a k u e                 =  Coba – coba  s a y a   ( Orang ke S a t u ).
             3. A y a e t  andaw tueh   =  A y a t  hari i n i                   ( Waktu Sekarang ).         3. A y a w – a y a w   i k a w                 =  Coba – coba  kamu     ( Orang ke D u a  ).
             4. A y a e t  andaw jewue   =  A y a t  hari besok              ( Waktu akan Datang ).         4. A y a w – a y a w   i  y  e                 =  Coba – coba   d  i  a       ( Orang ke Tiga ).
       Kuan galang mandinu xolaqan tuntang ahian  = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :   Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian   =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
       1.   Ayaet tar’aref bara pangun jurit-2 bara andaw-male qarabusan’ah andue mantiqaskan pajue    1.   Atiqah oloen jeie ayaw-2 andue maiceiq pagawiean inpaxatiaran? ati akue andaw male! =
             xindemat =  Ayat terdiri dari bentuk angka-2 dari hari-kemaren kegunaannya untuk memba         Adakah orang yang coba-2 untuk melamar pekerjaan diperusahaan? ada saya hari kemaren!
             taskan kelompok kalimat.                            2.   Bara ma’ayaw-2 maieceiq pagawiean ikaw andaw tueh? tangqan eweih tawa olih dinue! =
       2.  Bara ayaet bapire dindang rohani tueh jeie itah xindinqan andue andaw-tueh? =  Dari ayat         Dari mencoba-coba melamar pekerjaan kamu hari ini? tentu siapa tau bisa dapat!
             berapa lagu rohani ini yang kita nyanyikan untuk hari-i n i?   3.   Cuha mandinue pagawiean iye xaraju ma’ayaw-2 andue maiceiq inqueh weie ranganah! =
       3.  Cacakan aewie ikaw ayaet-2 andue andaw-jewue  xaqilen qatae-2 pajue bara xindemat heta          Demi mendapat pekerjaan dia selalu mencoba-2 untuk melamar dimana saja tempatnya!
             = Bubuhkan oleh kamu ayat-2 untuk hari-besok sebagai tanda-2 kelompok dari kalimat baru   4.   Dalaes andaw tueh akue magun weie ma’ayaw-2 andue maiceiq pagawiean inqueh weie! =
       4.  Dalaes bapire ayaetqah itah maxindinqan dindang rohani andue andaw-male ? dalaes lepah!         Sampai hari ini saya masih saja mencoba-2 untuk melamar pekerjaan dimana saja!
             = Sampai berapa ayatkah kita menyanyikan lagu rohani untuk hari-kemaren? sampai habis!   5.   Eweih weie bara xauraes ikaw tueh jeie jadie pujie ma’ayaw-2 ma’ampaqan paiceiqkan? =
       5.   Eweih oloenah jeie diyae maqartie inmaqtub ientue ayaet? bara andaw-tueh inyewut bait! =         Siapa saja dari semua kamu ini yang sudah pernah mencoba-2 membuatkan pelamaran?
             Siapa orangnya yang tidak mengerti dimaksud dengan ayat? dari hari-i n i disebut bait!   6.   Friquetak diyae uxaeh hamen-2 jeie mambaetaeng iye ma’ayaw-2 andue maiceik gawie =
       6.   Freiqlah lagaian ikaw andaw-jewu amoen diyae maqartie ein jeie inmaqtubkan ientue ayaet!         Pribahasa tidak perlu malu-malu yang penting dia mencoba-coba untuk melamar kerja.
             = Afkirlah pikiran kamu hari-besok kalau tidak mengerti apa yang dimaksudkan dgn ayat!   7.   Gaueqan harimansie andue akue inqueh olih andue ma’ayaw-2 maiceiq pagawiean! =
       7.   Gaueqan dindang bara qitab rohani bara andaw-male andue inxindinqan tuntang intih bapi-         Carikan informasi untuk saya dimana bisa untuk mencoba-coba melamar pekerjaan!
             re ayaet’ah! = Carikan lagu dari buku rohani dari hari-kemaren untuk dinyanyikan dan pilih    8.  Haranan xauras rangan jadie ikaw ma’ayaw-2 andue maiceiq pagawiean tagael xaraju xial!
             berapa ayatnya!                                           = Sebab semua tempat sudah kamu mencoba-2 untuk melamar pekerjaan tetapi selalu sial!
       8.   Haranan aere oloen hindai maqartie jeie inmaqtub ientue ayaet tangkan barfaud bara bait   9.   In’ayaw-2lah helu, iyeqan haeis barxatiar andue ma’ayaw-2 bara hung diyae aqat xinde!
              dalaes andaw-tueh! =  Sebab banyak orang belum mengerti yg dimaksud dgn ayat tentu ber         = Di’coba-2lah dulu, diakan harus berusaha utk mencoba-2 dari pada tidak sama sekali!
              beda dari bait sampai hari-i n i!                  10. Janjiew’ah akue ma’ayaw-2 manameanqan ijhe-duqduk ieceqan pagawiean andaw jewue =
       9.   Ientue bapire ayaet tueh jadie ombet andue inxindinqan ganaen maxindin bartimbal-timbal         Jadwalnya saya mencoba-2 memasukan satu-berkas lamaran pekerjaan hari besok.
              dalaes andaw-jewue! = Dengan berapa ayat ini sudah cukup untuk dinyanyikan karena me-   11. Kauq-2 weie manumuen prentah bara aqa’ah, xatutueah ikaw ma’ayaw-2 andue magaxaek
              nyanyi berulang-2 sampai hari-besok!                      = Pura-2 saja menurut perintah kakaknya, sebetulnya kamu mencoba-coba untuk melawan.
       10. Juray’an helang ayaet tuntang bait te’i diyae olih tarbiahqan ma’ampiqan ijhe-qaijhean bara   12. Lentu-lakgaer aueih oloen aere inhuang galanggang, iye ayaw-2 qeya umbae ma’alaeng =
              andaw-male! =  Jalinan antara ayat dan bait itu tidak bisa terpisahkan merupakan satu-ke          Gegap-gempita suara orang banyak didalam stadion, dia coba-2 juga ikut menonton.
              satuan dari hari-kemaren!                          13. Mambuahi ieroeq akue andue manggau lauq mahapae pixie olih itah ma’ayaw-ayawah! =
       11. Kajangga te’i manjapaeqan xajuah dindang tar’aref  bara epat ayaet jeie huangah epat bait         Mengenai rencana saya untuk mencari ikan memakai pancing bisa kita mencoba-2nya!
              bihin andaw-tueh! =  Pujangga itu menciptakan sebuah lagu terdiri dari empat ayat yang   14. Nyalot mahapae xapeda-motor ikaw qeya olih manggawieqan’ah diyae andue in’ayaw-2=
              dalamnya empat bait sejak hari-i n i!                    Ngebut memakai sepeda-motor kamu juga bisa mengerjakannya tidak untuk dicoba-coba.
       12. Lius intimbalqah qaluli andue ayaet dindang tueh dalaes andaw-jewue? =  Akan diulangkah   15. Oelang awaeng-2 uxang te’i inlaqanihkan andaw tueh, iye ma’ayaw-2 mangjuhoeri! =
              kembali untuk ayat lagu ini sampai hari-besok?            Lelang barang-barang antik itu dilaksanakan hari ini, dia mencoba-coba menghadiri!
       13. Ma’aueihqan bahing dindang te’i andue telo ayaet tuntang intimbalqan bara andaw-male? =   16. Pancatan andue pagawiean tueh ati weie, tagael akue xaraju ma’ayaw-2 mang’ujuniah! =
             Menyuarakan syair lagu itu untuk tiga ayat dan diulangkan dari hari-kemaren?          Hambatan untuk pekerjaan ini ada saja, tetapi saya selalu mencoba-coba mengatasinya!
       14. Nyalinqan andue akue andaw-tueh qeya baing dindang telo ayaet te’i, einqah ikaw aequer?   17. Qiexu-2 dari putuer-patuer mangguang ikaw, tagael akue xaraju ma’ayaw-2 menyaxaeh! =
             = Salinkan untuk saya hari-i n i juga syair lagu tiga ayat itu, apakah kamu setuju?          Birit-2 lari tunggang-langgang menghampiri kamu, tetapi saya selalu mencoba-2 mengejar.
       15. Onjoq aueih engat andaw-jewue manxindinqan ayaet dindang  rahaet puef metuh tueh! =   18. Rahas xasinde iye bara andaw male ientue xuewaetah, tagael akue ma’ayaw-2 mangataue =
              Unjuk suara merdu hari-besok menyanyikan ayat lagu sedang pop saat ini!          Kesal sekali dia dari hari kemaren dengan masalahnya, tetapi saya mencoba-2 membujuk.
       16. Palagaqan andue ikei xamandiaie andaw-male aueih ikaw jeie engat te’i bapire ayaet! =   19. Sacuhaqian jadie xatiar akue ma’ayaw-2 ma’awaet  i y e,  andaw male dalaes tueieuh! =
             Peragakan untuk kami sekalian hari-kemaren suara kamu yang merdu itu berapa ayat!          Sedemikian sudah usaha saya mencoba-2 membantu d i a, hari kemaren sampai sekarang!
       17. Qatalen ikaw atonam aueih bangat engat andaw-tueh, xindinqan bapire ayaet andue ikei! =   20. Tinai tuntang tinai ikaw xaraju ma’ayaw-2, balang tinai ayaw-ayaw tinai diyae bartendhe!=
             Talenta kamu adalah suara sangat merdu hari-i n i, nyanyikan berapa ayat untuk kami!          Lagi dan lagi kamu selalu mencoba-coba, batal lagi coba-coba lagi tidak berhenti!
       18. Riyaw amoen mahining ayaet-2 dindang te’i andaw-jewu, aewie hindai puejie mahiningah!   21. Upaew tinai andue andaw tueh ma’ayaw-2 tinai andaw jewue, i y e diyae lius mulang! =
             = Asing kalau mendengar ayat-2 lagu itu hari-besok, oleh belum pernah mendengarnya!          Gagal lagi untuk hari ini mencoba-coba lagi hari besok, d i a tidak akan mundur!
       19. Satentutah ayaet dindang einqah jeie andue inxindinqan aewie itah bara andaw-male? =   22. Vonyahqan parbowahan akue andue pagawiean andaw tueh, amoen upaew ma’ayaw2 tinai
             Selanjutnya ayat lagu apakah yang untuk dinyanyikan oleh kita dari hari-kemaren?          = Fokuskan perhatian saya untuk pekerjaan hari ini, kalau gagal mencoba-coba lagi.
       20. Tueieuh ayaet-2 dindang gandang tuntang i’aewah manghenteq-2 in’ipeni andaw-tueh! =   23. Waonderdasiqan andue ikaw ueqae pagawiean eilhae upaew, amoen upaew ma’ayaw tinai!
             Sekarang ayat-2 lagu irama dan nadanya menghentak-2 disukai hari-i n i!         = Rekomendasikan untuk kamu supaya pekerjaan jangan gagal, kalau gagal mencoba-2 lagi
       21. Upaxelah zaqeral te’i in’antuet ayaet-2 dindang hadational jahaei olih ihining andaw-jewu!    24. Xeangah aere jeie tiwas aewie i y e pagawiean upaew, haeis in’ayaw-2 timbal qalulie! =
              = Upacara sakral itu diiringi ayat-2 lagu tradisional jarang bisa didengar hari-besok!         Angkanya banyak yang salah oleh d i a pekerjaan gagal, harus dicoba-coba ulang kembali!
       22. Vilia weie pempahah jadie hadar andue ayaet-2 dindang hadational andaw-male! =   25. Yangqawoe te’i akue nyuhu haeis aere ma’ayaw-2 andue ma’ajaer arefah ueqhae pagawi -
             Belia saja umurnya sudah hafal untuk ayat-2 lagu tradisional hari-kemaren!          an’ah rentas! =  Pengasuh itu saya suruh harus banyak mencoba-2 untuk mengajar dirinya
       23. Warodae huang qitab nyuratan-2 iexaeng ayaet-2 qaji oloen-2 baqas, tar’azae andaw-tueh =          supaya pekerjaannya lancar!
             Tertera dalam kitab tulisan-2 tentang ayat-2 ilmu orang-2 tua, terbaca hari-i n i.   26. Zobaq tampar te’i ikaw ma’ayaw-2 andue manqiaenkan qalulie maqajawi ijhe parhilaengan!
       24. Xiut-2 oloen aere mahining ayaet-2  dindang jeie paneqa panae inxindinqan andaw-jewue=         = Sabuk tinju itu kamu mencoba-2 untuk merebutkan kembali melewati satu pertandingan!
             Suit-2 orang banyak mendengar ayat-2  lagu yang jenaka waktu dinyanyikan hari-besok.                                                                                                                                  ( ite paju 145 ).
       25. Yahsaet xasinde ayaet tuntang bait tarnyurat huang qitab manxulie pamarentah andaw-male
             = Dahsyat sekali ayat dan bait tertulis dalam buku menyindir pemerintah hari-kemaren.
       26. Zobiqatitas intilafqan huang xindemat ayaet-2 dindang tuntang bait inxindinqan andaw-tueh
             = Solidaritas diselipkan dalam kalimat ayat-2 lagu dan bait dinyanyikan hari-i n i.
                                                                                                                                      ( ite paju 246 ).
   348   349   350   351   352   353   354   355   356   357   358