Page 352 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 352

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU



                                                                                                                                                                         165.
       326). A E Y A E Q   ( kuan galang )                =  B A R E N G.    327). A  Y  A  E  R   ( kuan galang )        =  L  A  T  A ;  untuk ular.
             1. A e y a e q    e w e i h?                =  Bareng  siapa?         1. A  y  a  r     e i n?              =  L a t a    a p a?
             2. Aeyaeq   a k u e                   =   Bareng  s a y a                ( Orang ke S a t u ).         2. A y a r  andaw male              =  Lata hari kemaren    ( Waktu Lampau ).
             3. Aeyaeq   i k a w                   =   Bareng  k a m u                ( Orang ke D u a ).         3. A y a r  andaw tueh              =  Lata hari i n i          ( Waktu Sekarang ).
             4. Aeyaeq   i  y  e                   =   Bareng  d  i  a                     ( Orang ke Tiga ).         4. A y a r  andaw jewue              =  Lata hari  besok ( Waktu akan Datang ).
       Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
                                                                 Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
       1.   Atiqah pa’anggaep jeie bar’aeyaeq ientue akue metuh batulaeq daie geteq shei? =
                                                                 1.    Ati akue maeite’i metoe ma’ayar andaw male inbaliqaet humae itah, haiei miqeh angatah!=
             Adakah penumpang yg berbareng dengan saya saat berangkat naik getek sungai?
                                                                        Ada saya melihat binatang melata hari kemaren disamping rumah kita, heie takut rasanya!
       2.   Barah, bhewan apui-aepuean ikaw te’i  bar’aeyaeqan mandaie qanrawoet aewie riwut! =
                                                                 2.    Bajuqu einqah ma’ayar? o... diyae, bara helu dalaes andaw-tueh barpaeie, barnanjung! =
             Bara, lelatu api-bakaran kamu itu berbarengan menaik keudara oleh angin!
                                                                        Labi-2 apakah melata? o... tidak, dari dulu sampai hari-i n i berkaki, berjalan!
       3.   Capatlah i y e mambuqut  awaeng ueqhae olih batulaeq bar’aeyaeqan ientue oetoe oloen! =
                                                                 3.    Catetan iexaeng metoe-2 jeie in’atae ati inhuang qitab andaw-jewue  xauraes’ah ma’ayar!
              Cepatlah d i a mengkemas barang supaya bisa berangkat berbareng dengan mobil orang.
                                                                        = Catatan tentang binatang-2 yang dibaca ada didalam buku hari-besok semuanya melata!
       4.   Dhuqus andaw tueh akue bar’aeyaeqan ientue qawal andue batulaeq qanlewu Palangkaraya
                                                                 4.    Dalaes andaw-male akue jahaei-2 maiete’i ati metoe jeie miar ma’ayar, buheinqah? =
             = Khusus hari ini saya berbarengan dengan teman untuk berangkat kekota Palangkaraya.
                                                                        Sampai hari-kemaren saya jarang-2 melihat ada binatang yang maju melata, kenapakah?
       5.   Enggol ikaw bardue bar’aeyaeqan manqearefkan aref andue qaliwah in’nyelo-tueh, aequer?
                                                                 5.    Enggol metoe ma’ayar olih barnanjung andaw-tueh? ein jariah banu’i ini? qayamatkah? =
             = Umpama kamu berdua berbarengan mendaftarkan diri untuk kuliah ditahun-ini, setuju?
                                                                        Umpama binatang melata bisa berjalan hari-i n i? apa jadinya dunia ini? kiamatkah?
       6.   Franutur datun te’i bar’aeyaeqan ientue i y e temaet qaliwah mandinue garar xarjana’ah!=
                                                                 6.    Friquetak mangquankan halieah ikaw belum andaw jewue, xaqilaw dipe  jeie ma’ayar! =
             Asisten dosen itu berbarengan dengan d i a lulus kuliah mendapat gelar sarjananya!
                                                                        Pribahasa mengatakan sulitnya kamu hidup hari besok, seperti ular yang melata!
       7.   Gere-2 balang batuelaeq bar’aeyaqan ientue, dalaes andaw tueh akue diyae intingaq! =
                                                                 7.   Guris-2 grejet te’i xaqilaw dipe andaw-male  ma’ayar daie tuntang muhun lir-lar ampiah! =
             Gara-2 batal berangkat berbarengan dengan, sampai hari ini saya tidak ditegur!
                                                                       Garis-2 grafik itu seperti ular hari-kemaren melata naik dan turun lir-lar rupanya!
       8.   Hias-qutaek ikaw haeis in’aeyaeqan ientue langqas-oxan jeie halaf, te’i manjari naqarae! =
                                                                 8.   Hijai huruq xaqilaw bitie dipe rahat ma’ayar andaw-tueh guwi-guwe qanxambil-gantau! =
             = Budi-bahasa kamu harus dibarengkan dengan tingkah-laku yg baik, itu menjadi teladan!
                                                                       = Helai tali seperti badan ular sedang melata hari-i n i zig-zag kekiri-kanan geraknya!
       9.   Itah xauraes bananjung bar’aeyaeqan iye weie ba’riyueh2 qareh hung andaw ahad, aequer?
                                                                 9.  Ilaq xasinde akue andaw-jewu aewie jadie maiete’i dipe jeie rahaet ma’ayar inqonah metoe
             Kita semua berjalan berbarengan dia saja be’ramai2 nanti pada hari minggu, setuju?
       10. Jailen habarah qawal akue inhuma-haban, qilenkueh amoen bar’aeyaqan manxengok? =         = Puas sekali saya hari-besok oleh sudah melihat ular yang sedang melata dikebun binatang.
             Kritis kabarnya teman saya dirumah-sakit, bagaimana kalau berbarengan melayat?   10. Jaelsi dipe jeie ranggong te’i xareah andaw-male ientue ma’ayar andue xahapus bitieah!=
                                                                       Fungsi ular yang panjang itu memang hari-kemaren dengan melata untuk seluruh badannya!
       11. Kaetaf-kaiyap ma’ampiqan cuqu-quan barpenaenan quan ikaw inrabusqan bar’aeyaqan!=
             Rambah-blusuk merupakan suku-kata berpasangan kata kamu digunakan berbarengan!          11. Kajeng-2 akue andaw-tueh maingqang, bardari qurik aewie mipen maiete’i dipe ma’ayar!=
       12. Laetpang te’i mamangunah bar’aeyaeqan ientue humae i y e, ujue-nyelo jeie qajaw! =         Gegas-2 saya hari-i n i melangkah, berlari kecil oleh ingin melihat ular melata!
                                                                 12. Lengarie bhaue’ah bangat miqeh andaw-jewue amoen maiete’i ati dipe jeie rahat ma’ayar!
             Taman itu membangunnya berbarengan dengan rumah d i a, tujuh-tahun yang lewat!
       13. Manamuni akue andaw male batulaeq daie pesawat bar’aeyaeqan ientue Gubehnor! =         = Ekspresi wajahnya sangat takut hari-besok kalau melihat ada ular yang sedang melata!
             Mengalami saya hari kemaren berangkat naik pesawat berbarengan dengan Gubernur!   13. Mahien i y e andaw male ati maeite’i xaongan dipe jeie rahaet mang’ayar darah upun te’i! =
                                                                       Justru d i a hari kemaren ada melihat seekor ular yang sedang melata dekat pohon itu!
       14. Nyuhu aewie aba andue bar’aeyaeqan ientue ikaw batulaeq qanlewu Palangkaraya, jewue =
             Suruh oleh ayah untuk berbarengan dengan kamu berangkat kekota Palangkaraya, besok.   14. Naquwaekan weie jeie rahaet ma’ayar, ganaen mipen andaw-tueh qeyae miar bar’nanjung-2
       15. Ohotan jurit2 i y e haeis in’aeyaeqan ientue manyewutqan aera2 oloen’ah ueqhae tariete’i!=         = Abaikan saja binatang yang sedang melata, karena ingin hari-ini juga maju berjalan-jalan.
                                                                 15. Ongohah hindai tangqan huang ijhe-nyelo dalaes andaw jewue olih maiete’i dipe ma’ayar!
             Urutan nomor2 d i a harus dibarengkan dgn menyebutkan nama2 orangnya supaya terlihat!
       16. Pecet-qroit akue haeis ati bar’aeyaeqan ubag-qroitah ueqhae diyae tarqirie ientue jeie beqe         = Buktinya belum tentu dalam satu-tahun sampai hari besok bisa melihat ular melata!
                                                                 16. Putuer-patuer ikaw andaw male dari aewie miqeh ientue dipe darung jeie rahat ma’ayar!
             = Piting-kunci saya harus ada berbarengan anak-kuncinya supaya tidak tertukar dgn yg lain.
                                                                       = Tunggang-langgang kamu hari kemaren lari oleh takut dgn ular kobra yg sedang melata!
       17. Qabisi te’i haeis in’aeyaeqan ientue gawie jeie vroqowiaen, qilenkueh pandinue ikaw? =
             Ambisi itu harus dibarengkan dengan kerja yang profesional, bagaimana pendapat kamu?   17. Qiruet metoe ma’ayar dipe jeie mampaluaqan danuem wisa bangat bar’iepue andaw-tueh!=
                                                                       = Taring binatang melata ular yang mengeluarkan cairan bisa sangat beracun hari-i n i!
       18. Rung tueh haeis in’aeyaeqan ientue ma’ampaqan gutuqan inbaliqat xambil gantau, quan iye
              = Gang ini harus dibarengkan dgn membuatkan selokan disamping kiri kanan, kata d i a.      18. Raongih ikaw andaw jewu aewie jadie maiete’i dipe ma’ayar bangat mangqejetqan xasinde
       19. Satayuh andue ma’aeyaeqan, akue  manxiepqan qaxiempan parvowaetan jeie sauxaeh’ah =         = Reaksi kamu hari besok oleh sudah melihat ular melata sangat mengejutkan sekali!
                                                                 19. Saelae xasinde ikaw andaw-male manaueqan uron kuriq manuqep dipe rahat ma’ayar? =
             Sekedar untuk membarengkan, saya menyiapkan kelengkapan persyaratan yg seperlunya.
       20. Tuetueq antang te’i nyihi, in’aeyaeqan ientue qrukut jeie qeya bangat nyihi, quan ikaw! =         Teledor sekali kamu hari-kemaren membiarkan anak kecil mendekat ular sedang melata?
             Paruh elang itu runcing, dibarengkan dengan cakar yang juga sangat tajam, kata kamu!    20. Teuieuh jahaey2 xasinde dalaes andaw tueh itah olih maiete’i metoe ranae ma’ayar! =
                                                                        Sekarang jarang2 sekali sampai hari i n i kita bisa melihat binatang jenis melata!
       21. Ueqestyah in’aeyaeqan buhein? ueqhae maintif panae, himaet tuntang duit, quan i y e! =
             Sugestinya dibarengkan kenapa? supaya menghemat waktu, tenaga dan uang, kata d i a!   21. Upaxelah mantehaw dipe ma’ayar  andaw-jewue aewie jadie mamangqit andue pangamba
       22. Vaermaeraef tomboan haeis in’aeyaeqan ientue parxiepan qoyaet, binyi, rangan,quan akue           Upacara memanggil ular melata hari besok oleh sudah menggigit untuk pengobat.
                                                                 22. Vowaet amba xaselaeh hadational andue oloen andaw-male imangqit aewie metoe ma’ayar
              = Persilangan tumbuhan harus dibarengkan dgn persiapan pupuk, bibit,tempat, kata saya.
       23. Waergi ihapaen haeis in’aeyaeqan ientue parxiepan ja’aengan waergi jeie beqe, quan ikaw          = Syarat obat secara tradisional untuk orang hari kemaren digigit oleh binatang melata.
             = Energi dipakai harus dibarengkan dengan persiapan cadangan energi yg lain, kata kamu.   23. Waonderdasiqan andue akue andaw tueh eweih olih mantawarqan pangqit metoe ma’ayar?
                                                                       = Rekomendasikan untuk saya hari i n i siapa bisa menawarkan gigitan binatang melata?
       24. Xamonyong bawui in’aeyaeqan xapenaen qierut xambil tuntang gantau nyame, quan iye! =
             = Moncong babi dibarengkan sepasang taring kiri dan kanan mulut, kata dia!   24. Xasanaei andaw jewu magun atiqah oloen jeie olih ma’ambaqan pangqit metoe ma’ayar? =
                                                                       Sehingga hari besok masih adakah orang yg bisa mengobatkan gigitan binatang melata?
       25. Yoqiet qambang te’i in’aeyaeqan qeya ientue atae’an xaliwut tuntang temaet, quan akue! =
                                                                 25. Yaqluek qalunen ma’aeyue’i ka’angqunan andaw-male tartiqas andue ma’amba’i pangqitan
              Buket kembang itu dibarengkan juga dengan ucapan selamat dan sukses, kata saya!
       26. Zobiyeq, obiyeq te’i cuqu kuan in’aeyaeqan, eilhae imbiahqan xaereh baqaqai, quan ikaw!         metoe ma’ayar!= Mahluk manusia mempunyai kekuasaan hari kemaren terbatas untuk
                                                                       mengobati gigitan binatang melata!
            = Subjek, objek itu suku kata dibarengkan, jangan dipisahkan memang begitu, kata kamu!
                                                                                                                                          ( ite paju 9 ).   26. Zitdiq andue mangamba’i oloen jeie bu’ah pangqit metoe ma’ayar andaw-male magun ati!=
                                                                       Pakar untuk mengobati orang yang kena gigit binatang melata hari kemaren  masih ada!
                                                                                                                                                                                               ( ite paju 194 ).
   347   348   349   350   351   352   353   354   355   356   357