Page 362 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 362
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
8.
15). BABULANAN ( kuan galang ) = ABNORMAL. 16). B A B U N ( kuan galang ) = B A B U N ; alat musik yg dipukul dgn jari-2 tangan.
1. Babulanan buhein? = Abnormal kenapa? 1. B a b u n e i n? = B a b u n a p a?
2. Babulanan andaw - male = Abnormal hari-kemaren ( Waktu Lampau ). 2. B a b u n andaw - m a l e = Babun hari – kemaren ( Waktu Lampau ).
3. Babulanan andaw – tueh = Abnormal hari- i n i ( Waktu Sekarang ). 3. B a b u n andaw – t u e h = Babun hari – i n i ( Waktu Sekarang ).
4. Babulanan andaw – jewue = Abnormal hari – besok ( Waktuakan Datang ). 4. B a b u n andaw – jewue = Babun hari – besok ( Waktu akan Datang ).
Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran: Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran.
1. Ati xaoloen tue-tue bara qaturoen ikei andaw-male lagaei’ah natheq-2 dumaeh babulanan 1. Ati xajoah ramu qramen hadational aera’ah babun jeie tar’ampa bara muaen kayu tuntang
karena parungkit fulung-onteq! = Ada seorang laki-2 dari keluarga kami hari-kemaren piki- upaq metoe jeie jadie qeang, andaw-male haruen akue tawa tuntang maiete’i! =
rannya kadang-2 datang abnormal karena panyakit syaraf-otak! Ada sebuah alat musik tradisional namanya babun yang terbuat dari bahan kayu dan kulit
2. Bara andaw-tueh akue harun tawa amoen oloen tue-2 te’i dumaeh parungkit babulanan’ah binatang yang sudah kering, hari-kemaren barusan saya tau dan melihat!
aewie ganaen parungkit fulung-onteq! = Dari hari-ini saya barusan tau kalau orang laki-2 2. Bara ramu qramen babun te’i balu’a aeueh gandang pak ..pak.. bang...bang, andaw-tueh
itu datang panyakit abnormalnya oleh karena penyakit syaraf-otak! haruen keya akue puejie mahiningah! = Dari alat musik babun itu keluar irama pak...pak...
3. Caehahan calatiwae te’i tarnateqah maampaqan lagaeian babulanan’ah manjari dumaeh! = bang...bang, hari-ini barusan juga saya pernah mendengarnya!
Ungkapan peristiwa itu terkadang membuatkan pikiran abnormalnya menjadi datang! 3. Cuha andue mandinueqan xajoah ramu qramen babun akue andaw-jewue haeis maiengqes
4. Dalaes andaw-tueh hindai inqatawahi ienthu nutor buhein lagaian babulanan’ah dumaeh! = duit ueqhae olih mamilie! = Demi untuk mendapatkan sebuah alat musik babun saya hari –
Sampai hari-ini belum diketahui dengan jelas kenapa pikiran abnormalnya datang! besok harus menabung uang supaya bisa membeli!
5. Eweihqah andue andaw-jewue bara qaturoen itah jeie olih buah parungkit babulanan? = 4. Dalaes tue’ieuh ramu qramen babun masih inhapae, ein tinai inhuang qramen dangdut! =
Siapakah untuk hari-besok dari keluarga kita yang bisa kena penyakit abnormal? Sampai sekarang alat musik babun masih dipakai, apa lagi didalam musik dangdut!
6. Freiqlah amoen ati andaw-male ranae babulanan aewie olih mambahiyaqan pagawiean ata- 5. Einqah ati qanhala huang marusiqan ramu qramen babun? Memang diyae uraes oloen jeie
wa oloen beqe! = Afkirlah kalau ada hari-kemaren sifat abnormal oleh bisa membahayakan olih marisiqan’ah! = Apakah ada kendala dalam memainkan alat musik babun? Memang ti-
pekerjaan atau orang lain! dak semua orang yang bisa memainkannya!
7. Ganaen ati parungkit babulanan andue andaw-jewue, aewie te’i ieceqanah injuwan oloen! = 6. Freiy andue andaw-jewue akue manduaen leis bajaer gandang-babun inhumae betang! =
Karena ada penyakit abnormal untuk hari-besok, oleh karena itu lamarannya ditolak orang! Libur untuk hari-besok saya mengambil les latih irama-babun dirumah betang!
8. Haragapansi huang pargaxaan qanhung oloen jeie babulanan haeis inengaqan inpenteng 7. Gaueqan andue akue andaw-jewue harimansi xapatabueh-babun ganaen ati tirhoeq mipen
maqairaekat! = Partisipasi dalam pergaulan kepada orang yang abnormal harusdiberikan di- ma’aiengi ramu qramen te’i! = Carikan untuk saya hari-besok informasi seperangkat-babun
tengah masyarakat! karena ada rencana ingin memiliki alat musik itu!
9. Intih inthue buwah-2 baqal balim atawa kabali ikaw andue andaw-jewue, eilhae buah jeie 8. Hanhaqah regha xapatabueh ramu qramen babun te’i? manumun harimansi reghaah magun
ati parungkit babulanan’ah! = Pilih dengan hati-2 calon suami atau isteri kamu untuk hari- tarjapaeng! = Mahalkah harga seperangkat alat musik babun itu? menurut informasi harga-
besok, jangan kena yang ada penyakit abnormalnya! nya masih terjangkau!
10. Jaxueltasiqan kanhung xidiah andue mangatawaen einqah iye andaw-jewue ati xuewaet pa- 9. Inquehqah ikaw andaw-jewue andue mamilie xapatabueh ramu qramen-babun? Intoroq ra-
rungkit babulanan! = Konsultasikan kepada ahlinya untuk mengetahui apakah dia hari-be- ngan ramu-2 qramen! = Dimanakah kamu hari-besok untuk membeli seperangkat alat mu-
sok ada masalah penyakit abnormal! sik babun? Ditoko tempat alat-2 musik!
11. Kamele andue andaw-tueh ienthu qaatian balim-akue, eilhae-2 parungkit babulanan’ah olih 10. Jalhen weie andue tinjuq-leinge mamantho ramu qramen-babun amoen jadie tar’ajaer! =
jomat! = Kuatir antuk hari-ini dengankeadaansuami-saya, jangan-2 penyakit abnormalnya Reflek saja untuk jari-tangan membirama alat musik-babun kalau sudah terlatih!
bisa kumat! 11. Kewoinasi helang mate-maite’i, onteq manenga prentah, tinjuq-leinge mamantho babun jeie
12. Loyaew ienthu paharae-ikaw jeie ati parungkit babulanan’ah, xaoleh’ah capat ingulo’i! = mangqolihkan aeueh, iauw tuntang andiqan! = Kombinasi antara mata-melihat, otak mem-
Lengah dengan saudara-kamu yang ada penyakit abnormalnya, sebaiknya cepat diawasi! beri perintah, jari-tangan membirama babun yang menghasilkan suara, nada dan gerakan!
13. Manuere xolaqkah xalimbah te’i laeluewa dumaeh parungkit babulalan’ah dan maampaqan 12. Lizitan awhae tinjuq-leinge mamantho babun manjari lizen tuntang malinieng aewie inha –
yangqawoe’ah manjari deruh! = Melamun awalnya setelah itu langsung datang penyakit pa jadie barnyelo-nyelo! = Gerusan bekas jari-tangan membirama babun menjadi licin dan
abnormalnya dan membuatkan pengasuhnya menjadi repot! mengkilap oleh dipakai sudah bertahun-tahun!
14. Ngecean bara quan-2 oloen jeie buah barparungkit babulanan diyae olih baqaqa’i inteitheq! 13. Mamendong tuntang mamantho ramu qramen babun andaw-male tar’rinah mam’bing lan-
= Recokan dari kata-kata orang yang berpenyakit abnormal tidak bisa begitu dipercaya! toehie andue bartandiq! = Mengebuk dan membirama alat musik babun hari-kemaren ter -
15. Oloen te’i amoen itah maiete’i xaqilaw’ah ieghas weie andaw-tueh, tagael amoen dumaeh ta memicu adrenalin untuk berjoget!
parungkit babulanan’ah olih lenga-lenga! = Orang itu kalau kita melihat sepertinya normal 14. Nateq-2 mamendong tuntang mamantho ramu qramen babun olih keya tiwas, te’i akue laqa-
saja hari-ini, tetapi kalau datang penyakit abnormalnya bisa tiba-tiba! nihkan andue andaw-tueh metuh bajaer! = Kadang-2 mengebuk dan membirama alat mu-
16. Paiyaehan maqairaekat tarharef parungkit babulanan te’i bangat senes, dalaes andaw-jewue sik babun bisa juga salah, itu saya lakukan untuk hari-ini saat berlatih!
buan paoxan bangat manbaqang manaq-pitaq! = Pandangan masyarakat terhadap penyakit 15. Oloen te’i mambajaer mamendong tuntang mamantho ramu-qramen babun xasangga janjiw
abnormal itu sangat sinis, sampai hari-besok bagi pelaku sangat menderita lahir-batin! jeie jadie in’ampaqan aewie pangajar! = Orang itu melatih menggebuk dan membirama
17. Qaxaeq parungkit babulanan jeie inbaqangah iye dalaes andaw-jewue tarlihie bara pargaxa- alat-musik babun sesuai jadwal yang sudah dibuatkan oleh pelatih!
an xaandaw-2 bara maqairaekat! = Akibat penyakit abnormal yang dideritanya dia sampai 16. Pangajar ramu-qramen babun atonam oloen jeie jadie xidi tuntang mangqarti nud - iaew
hari-besok tersisih dari pergaulan sehari-2 dari masyarakat! xeang! = Pelatih alat-musik babun adalah orang yang sudah ahli dan mengerti not - nada
18. Raju, einqah jeie haeis iye oxanqan andaw-jewue ganaen xaining maieceq pagawiean injo- angka!
wan aewie barparungkit babulanan! = Lalu, apakah yang harus dia lakukan hari-besok ka- 17. Qanhala andue barbajaer mamendong tuntang mamantho ramu-qramen babun, ati bapire
rena setiap melamar pekerjaan ditolak oleh berpenyakit abnormal! iejoer parxuewaetan! = Kendala untuk berlatih menggebuk dan membirama alat-musik ba-
19. Satentutah pagawiean einqah jeie olih akue oxanqan xaqilaw panbaqang parungkit babula- bun, ada berapa faktor permasalahan!
nan? = Selanjutnya pekerjaan apakah yang bisa saya lakukan sebagai penderita penyakit 18. Ratai-2 akue andaw-male andue mamendong tuntang mamantho ramu-qramen babun, tar’-
abnormal? rinah halie keya! = Coba-2saya hari-kemaren untuk menggebukdan membirama alat-mu –
20. Tangqan ati pagawiean jeie xasangga andue xaoloen panbaqang parungkit babulanan manu- sik babun, ternyata sulit juga!
mun qamipenan iye, tagael haeis inkawali inthue xaoloen pandengan! = Tentu ada pekerja- 19. Sinjeqan pangqahuman, qaxidian tuntang pangatawaen andue mamendong tuntang maman-
an yang sesuai untuk seorang penderita penyakit abnormal menurut keinginan dia, tetapi tho ramu-qramen babun cuha-uhie! = Gabukan pengalaman,keahlian dan pengetahuan un-
harus ditemani dengan seorang pendamping! tuk menggebuk dan membirama alat-musik babun demi-seni!
21. Unaes amoen itah maeite’i qaatian xaoloen panbaqang parungkit babulanan, itah bangat 20. Tinai-2 ikaw andue andaw-tueh maumang iexaeng mamendong tuntang mamantho ramu –
simbuqis! = Melas kalau kita melihat keadaan seorang penderita penyakit abnormal, kita qramen babun, ati einqah? = Lagi-2 kamu untuk hari-ini membahas tentang menggebuk
sangat simpati! dan membirama alat-musik babun, ada apakah?
22. Vrangkoeh pagawiean xaoloen panbaqang parungkit babulanan andaw-male, dalaes 21. Uhie andue mamendong tuntang mamantho ramu-qramen babun, te’i uxaeh qaordibari ba-
tue’ieuh manjari taryoeraek! = Bengkalai pakerjaan seorang penderita penyakit abnormal pire ramu-qramen xaselah bar’ayaqan! = Seni untuk menggebuk dan membirama alat-mu
hari-kemaren, sampai sekarang menjadi tertunggak! sik babun, itu perlu koordinasi berapa alat-musik secara berbarengan!
23. Wayaqkah manumun ikaw amoen xaoloen panbaqang parungkit babulanan inpagawiekan? 22. Varigaes qeya in’uxaehkan andue mamendong tuntang mamantho ramu-qramen babun, ga-
= Layakah menurut kamu kalau seorang penderita penyakit abnormal dipekerjakan? naen qagacaan ixien! = Stamina juga diperlukan untuk menggebuk dan membirama alat-
24. Xaolehah manumun akue andaw-jewue xaoloen panbaqang parungkit babulanan eilhae in- musik babun, karena kekuatan otot!
pagawieqan aewie bangat mambarhiyae! = Sebaiknya menurut saya hari-besok seorang 23. Wetah xasinde ikaw baruxiqan ramu-qramen babun bara bihin-huran dalaes andaw-tueh! =
penderita penyakit abnormal jangan dipekerjakan oleh sangat berbahaya! Betah sekali kamu bermain alat-musik babun dari sejak-dulu sampai hari-ini!
25. Yaqaskan tarbiyen helu parungkit babulanan te’i inthue bar’amba qanhung tabiet xidiah, 24. Xuewaetah xapanae maruxiqan ramu-qramen babun, metuh te’i ati uhie, lantoehie, iauw –
xalimbah te’i harueun inlagaikan ein xatentutah! = Pulihkan terlebih dulu penyakit abnor- gandang, dindang tuntang andiqan, angat daha bargaboroef! = Masalahnya sewaktu mema
mal itu dgn berobat kepada dokter ahlinya, setelah itu barusan dipikirkan apa selanjutnya! inkan alat-musik babun, saat itu ada seni, adrenalin, nada-irama, lagu dan tarian, rasa darah
26. Ziati andaw zaput oloen jeie babulanan, aewie ganaen te’i xaqilaw luntau-2 huang kabelu- bergejolak!
man itah barmaqairaekat! = Tiada hari tanpa orang yang abnormal, oleh karena itu sebagai 25. Yafexiasi akue andaw-tueh qanhung parempet ramu-qramen babun, ganaen vroqowiael’ah
bumbu-bumbu dalam kehidupan kita bermasyarakat! tuntang xinta’ah hungqan uhie-rempet! = Apresiasi saya hari-ini kepada penabuh alat-mu
( ite paju 114 ). sik babun, karena profesionalnya dan cintanya kepada seni-tabuh!
26. Zowaet tuntang ampoq-ampiq bara pa’alaeng qanhung xaoloen parempet ramu-qramen ba-
bun andaw-male xapanae ledaeng in’ujun loedang! = Aplus dan sorak-sorai dari penonton
kepada seorang penabuh alat-musik babun hari-kemaren sewaktu pentas diatas panggung!
( ite paju 96 ).