Page 371 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 371

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   17.
       33).  B  A  E  N  G!   ( kuan galang  )  =   S  Y  A  H!   34).  B A E M P I E Q   ( kuan galang )  =   B E R T E P U K.
           1.  B  a  e  n  g     e i n?    =   S  y  a  h     a p a?       1.  B a e m p i e q    e w e i h?       =   B e r t e p u k   s i a p a?
           2.  B  a  e  n  g     a k u e   =   S  y  a  h     s a y a                    ( Orang ke S a t u ).       2.  B a e m p i e q    a k u e       =   Bertepuk  s a y a                       ( Orang ke S a t u ).
           3.  B  a  e  n  g     i k a w   =   S  y  a  h     k a m u                       ( Orang ke D u a ).       3.  B a e m p i e q    i k a w       =   Bertepuk  k a m u                     ( Orang ke D u a ).
           4.  B  a  e  n  g     i  y  e   =   S  y  a  h     d  i  a                         ( Orang ke T i g a ).       4.  B a e m p i e q    i  y  e       =   Bertepuk  d  i  a                        ( Orang ke T i g a ).

       Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :  Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran  :

        1.  Anggo helu dalaes maentaei qadarixan bara panghaniean heta xatrat te’i manjari baeng    1.  Aerre oloen rahaet barqariak tuntang barempieq aewie bangat hanjaq xaqilawah mariuq tu-
             aieng akue, xaqilaw te’i! =  Tunda dulu sampai menunggu keputusan dari pengadilan ba ru         tue akue mahiningah! =  Banyak orang sedang bertriak dan bertepuk oleh sangat senang
             lahan itu menjadi syah milik saya, seperti itu!           sepertinya meriah betul saya mendengarnya!
        2.  Bara queh tawa amoen ikaw lius mopoer tuntang mandinue qadarisaen jeie baeng? Ganaen    2.  Bara quehqah bohaq aueh  oloen barqariak tuntang barempieq te’i? longqangah bara huang
             dete jeie in’uxaehqan xauraesah ximpuen! =  Dari mana tau kalau kamu akan menang dan          galanggang amoen ikaw mahining? =  Dari manakah sumber suara orang berteriak dan ber-
             mendapat keputusan  yang syah? Karena data yang diperlukan semuanya lengkap!           tepuk itu? arahnya dari dalam stadion kalau kamu mengdengar!
        3.  Caehahan bara qahanjaqan lagaianah iye barquan baeng, andue pagawiean jeie jadie  inlaqa    3.  Cantunan aeueh oloen manyindin tuntang aeueh oloen baempieq aqat qeya bara huang ga -
             nihqan inthue tamaet! =  Ungkapan dari kesenangan pikirannya dia berkata syah, untuk pe-         langgang te’i iye mahiningah! =  Lantunan suara orang menyanyi dan suara orang bertepuk
             kerjaan yang sudah dilaksanakan dengan sukses!            sama juga dari dalam stadion itu dia mendengarnya!
        4.  Dalaes tuei’ieuh jahaey-2 oloen mangrabusqan cuqu-quan baeng, tuntang akue parabuskan    4.  Dalaes peyae oloen aerre te’i bartende baempieq leinge? Tangqan amoen axelah jeie inla-
             hung pagawiean tartangqan weie! =  Sampai sekarang jarang-2 orang menggunakan suku –          qanihkan jadie branai, xaqilaw te’i manumun akue! =  Sampai kapan orang banyak itu ber-
             kata syah, dan saya pergunakan pada pakaerjaan tertentu saja!          henti bertepuk tangan? Tentu kalau acara yang dilaksanakan sudah selesai, seperti itu me –
        5. Eeinqah pagawiean jeie ikaw nuqukan te’i jadie baeng manumuen par’atuhan? Tangqan pa-          nurut saya!
             lusqan ponten xabuat! =  Apakah pekerjaan yang kamu lakukan itu sudah syah menurut    5.  Ehaw aeueh bara barempieq tarhining dalaes qeju, einqah pinding ikaw olih mahining qeya
             peraturan? Tentu silahkan nilai sendiri!                  bara enah? =  Gema suara dari bertepuk terdengar sampai jauh, apakah telinga kamu bisa
        6.  Fuetuean andue iye xaqilaw einqah xaeleh jeie inyewutkan baeng, indoq dinue inmaqarti         mendengar juga dari tadi?
             inthue xanutor-ah! =  Gambarkan untuk dia seperti apakah xuatu yang disebut syah, agar     6.  Fating-fana aqat xasinde aeueh oloen barempieq tuntang barqariak bara huang galanggang
             dapat dimengerti dengan sejelas-2nya!                     aewie iye mahining bara lu’a! =  Simpang-siur sama sekali suara orang bertepuk dan berte-
        7.  Guliet tuntang mopoer ganaen akue  xaoloen vatlit  vroqowiael te’i atonam baeng aewie in-         riak dari dalam stadion oleh dia mendengar dari luar!
             penteng oloen jeie aerre ati ilang! =  Tarung dan menang karena saya  seorang atlit profesi-    7.  Geore bara oloen jeie barempieq leinge bentuq alem bangat mang’auer qatenengan tartame
             onal itu adalah syah oleh ditengah orang yang banyak ada wasit!         qeya akue! =  Teror dari orang yang bertepuk tangan tengah malam sangat mengganggu ke-
        8.  Haeis ati xaoloen ilang andue maawaet indoq parlanjaan te’i manjari baeng, einqah ikaw         tenangan termasuk juga saya!
             aequer inthue pandinue te’i? =  Harus ada seorang wasit untuk membantu agar perlombaan    8.  Hias halaf lius inganang tuntang lius inbaleh handef qeya, mahining ahuei te’i oloen aerre
             itu menjadi syah, apakah kamu setuju dengan pendapat itu?         manega zowaet ixaeng barempieq leinge, tartame qeya ikaw! =  Budi baik akan dikenang
        9.  Iriean andue olih imnuqukan manjari baeng ingalangqan qanhung ein? Tangqan qanhung         dan akan dibalas jasa juga, mendengar pantun itu orang banyak memberi aplus dengan ber-
             paratuhan jeie inxafaqati aewie iye! =  Acuan untuk bisa dikatakan menjadi syah didasarkan          tepuk tangan, termasuk juga kamu!
             qanhung apa? tentu kepada peraturan yang disepakati oleh dia!    9.  Iehaeitah andue barempieq leinge indok qawalah olih malinga qanhung iye, baqaqa’i xatiar-
       10. Jaelxi bara paratuhan atonam iriean andue akue olih mangquankan pagawiean atonam man-         ah andue mantehaw! =  Sengaja untuk bertepuk tangan agar temannya bisa menoleh kepada
              jari baeng, tutueqan? =  Fungsi dari peraturan adalah acuan untuk saya bisa mengatakan         dia, begitu usahanya untuk memanggil!
              pekerjaan adalah menjadi syah, betulkan?           10. Jahaey-2 ati oloen huang ijhe andaw ati barempieq leinge, baqaqa’i qeya ixaeng akue hindai
       11. Kalawohan jeie ikaw nuqukan manumuen paratuhan atonam baeng, aewie ganaen te’i di -          tangqan qeya ati! =  Jarang-2 ada orang dalam satu hari ada bertepuk tangan, begitu juga
              yae uxaeh ugue gawieqan weie! = Aktivitas yang kamu lakukan menurut peraturan adalah           dengan saya belum tentu juga ada!
              syah, oleh karena itu tidak usah ragu kerjakan saja!   11. Kabitatah ati inlaqaw tuntang qahiu te’i inbabasqan qalulie qanelem-laqaw, oloen aerre bar
       12. Langqai xasinde pagawiean iye tuntang xaselah weet atonam baeng, baqaqa’i xahaeis’ah          empieq leinge xaqilen parqatae parliwusan tartame qeya ikaw! =  Habitatnya ada dihutan
              andue injadian tiring! =  Istimewa sekali pekerjaan dia dan secara hukum adalah syah, be-          tan itu dibebaskan kembali kealam-hutan, orang banyak bertepuk tangan sebagai pertanda
              gitu seharusnya untuk dijadikan contoh!                   pelepasan termasuk juga kamu!
       13. Munduh aewie akue te’i atonam baeng ganaen imilie inthue regae paqan, einqah ati oloen   12. Lantoehie umba qeya tar’bing aewie iye barempieq leinge bangat qancang tuntang tahie,
              jeie diyae hanjaq? =  Borong oleh saya itu adalah syah karena dibeli dengan harga pasar,           ompaet qeya mam’bing laehaeif ! =  Adrenalin ikut juga terpacu oleh bertepuk tangan sa-
              apakah ada orang yang tidak senang?                       ngat kencang dan lama,  serta juga memacu semangat!
       14. Nampalaq inhelang ikaw inthue oloen jeie barqajamae te’i atonam baeng andue mandinue    13. Maraeq mahingah akue barempieq leinge maampiqan oloen aerre manjari malinga qeya an-
              harimansi jeie nutor xuewaetah! =  Konfrontir diantara kamu dengan orang yang berteng-            due maeithe ati ein? =  Saking kerasnya saya bertepuk tangan membuatkan orang banyak
              kar itu adalah syah untuk mendapat informasi yang jelas masalahnya!          menjadi menoleh juga untuk melihat ada apa?
       15. Oroeieng jeie akue dinueqan atonam baeng bara qolih xaqulae, einqah ati oloen maugueqan   14. Nafhiwara te’i mandinue zowat empieq leinge jeie mariuh bara paalhang tuntang ikaw  qe-
              qatulenan’ah? =  Rengking yang saya dapatkan adalah syah dari hasil sekolah, apakah ada          ya tartame inhuangah! =  Sandiwara itu mendapat aplus tepuk tangan yang meriah dari pe-
              orang meragukan keasliannya?                              nonton dan kamu juga termasuk didalamnya!
       16. Parguliet te’i mandinue qamopoeran inthue baeng huang cabur lanja jeie voqaw diyae in-   15. Oziqan andue itah haeis barempieq leinge te’i maampiqan xaeleh pangun pangregaan qan-
              ugueqan tinai andue ikaw! = Petarung itu mendapat kemenangan dengan syah dalam arena           hung iye huang barpanderto! =  Camkan untuk kita harus bertepuk tangan itu merupakan
              lomba yang resmi tidak diragukan lagi untuk kamu!          suatu bentuk penghargaan kepada dia dalam berpidato!
       17. Qurum jeie rahaet inlaqanihkan atonam voqaw tuntang baeng, ein jeie uxaeh inugueqan ti-   16. Palagaqan qilenkueh xelahah ikaw barempieq leinge prabaun einqah olih? Ayo inampara
              nai aewie iye? =  Forum yang sedang dilaksanakan adalah resmi dan syah, apa yang perlu          xaqilaw ein ampiah? =  Peragakan bagaimana caranya kamu bertepuk tangan pramuka apa
              diragukan lagi oleh dia?                                  kah bisa? Ayo dimulai seperti apa rupanya?
       18. Reqoemi jeie inqolihqan aewie akue atonam voqaw tuntang baeng, diyae uxaeh inugueqan   17. Qaratief xasinde xelah akue barempieq leinge baqaqa’i manumun parpontenan oloen,einqah
              tinai, mipen ongoh? =  Ekonomi yang dihasilkan oleh saya adalah resmi dan syah, tidak          tutue xaqilaw te’i? =  Kreatif sekali cara saya bertepuk tangan begitu menurut penilaian
              usah diragukan lagi, ingin bukti?                         orang, apakah betul seperti itu?
       19. Saqal tutueqah ikaw aewie qamopoeran huang lanja te’i inquankan diyae baeng, einqah    18. Raoengih amoen ati aeueh barempieq leinge panae penteng alem bangat mangaeuerqan qa-
              panharanan’ah? =  Kesal betulkah kamu oleh kemenangan dalam lomba itu dikatakan tidak          tenengan oloen aerre tartaeme ikaw! =  Reaksi kalau ada suara bertepuk tangan waktu te –
              syah, apakah penyebabnya?                                 ngah malam sangat mengganggu ketenangan orang banyak termasuk kamu!
       20. Todohan jeie inazaeqan andue iye manjari qolih pagawiean’ah diyae baeng, eniqah tutue xa   19. Saelhae aqat xasinde amoen iye barempieq andue panae penteng alem, panae tuntang mak-
              qilaw te’i? =  Tuduhan yang diucapkan untuk dia menjadi hasil pekerjaannya tidak syah,          tubah jeie diyae tanggar! = Teledor sama sekali kalau dia bertepuk untuk waktu tengah ma
              apakah betul seperti itu?                                 lam, waktu dan maksud nya yang tidak tepat!
       21. Uhaetuer jeie inampaqan zaput akue tawa manjariqan qolih pagawiean te’idiyae baeng, tu –   20. Torot titier barlinjaman akue andue barempieq leinge inthue oloen beqe ganaen qahanjakan
              tue-2 bangat mamprimelesqan! =  Rekayasa yang dibuatkan tanpa sayatau menjadikan ha-          maalhaeng taqir bael paeie! =  Turut silih bergantian saya untuk bertepuk tangan dengan
              sil pekerjaan itu tidak syah, betul-2 sangat memprihatinkan!          orang lain karena kesenangan menonton sepak bola kaki!
       22. Vanangih jeie inlaqanihkan aewie ikaw hung andaw-male atonam baeng manumuen pandi-   21. Uxaehah oloen manengaqan empieq leinge xaqilen pangwowaetan tartaeme qeya ikaw in-
              nue uwar, eniqah tutue? =  Mediasi yang dilaksanakan oleh kamu pada hari-kemaren ada –          angah jeie umba! =  Perlunya orang memberikan tepuk tangan sebagai penghormatan ter –
              lah syah menurut pendapat umum, apakah betul?             masuk juga kamu didalamnya yang ikut!
       23. Wayaqah einpeya xaeleh xuewaet jeie diyae baeng tagael aewie uhaetuer inquankan manja-   22. Vatlit te’i inengaqan empieq leinge aewie paalhaeng ganaen iye jadie mandinue qamoporan
              ri bangat baeng andue iye ,qilen queh? =  Layakah apabila suatu masalah yang tidak syah           huang cinal parlanjaan! =  Atlit itu diberikan tepuk tangan oleh peonton karena dia sudah
              tetapi oleh rekayasa dikatakan menjadi sangat syah untuk dia, bagai mana?            mendapat kemenangan dalam final perlombaan!
       24. Xaqanareo jeie iampaqan manjari qamoporaen andue akue huang lanja bardari, diyae inqa-   23. Wayaklah andue oloen jeie jadie mandinue qamoporen huang ngaqalraga inengaqan empieq
             tawani aewie oloen beqe tuntang te’i baeng! =  Skenario yang dibuatkan manjadi kemena-          leing xaqilen pangwawoetan! =  Layaklah untuk orang yang sudah mendapat kemenangan
             ngan untuk saya dalam lomba berlari, tidak diketahui oleh orang lain dan itu syah!          dalam olahraga diberikan tepuk tangan sebagai penghormatan!
       25. Yeyontan ikaw te’i bagawie xaselah baeng andue pagawiean qaduitan paxatiaran, eniqah   24. Xaqian aerreah oloen manengaqan empieq-leinge andue akue ganaen jadie mandinue qamo-
              ati xuewaet jeie jadie inxundawqan? =  Akuntan kamu itu bekerja secara syah untuk peker-          poeran jurit ijhe bardari qejue! =  Sekian banyak orang memberikan tepuk-tangan untuk sa-
              jaan keuangan perusahaan,apakah ada masalah yangsudah ditemukan?          ya karena sudah mendapat kemenangan nomor satu berlari jauh!
       26. Zaxuz  iye te’i jadie xaselah baeng ingetueqan aewie panghaniean nagari bara andaw-male   25. Yorna tuntang oziqan inthue aqal rigas empieq leinge andue ikaw indinueqan maqajawi xae
              jari diyae in’ugueqan tinai! =  Kasus dia itu sudah secara syah diputuskan oleh pengadilan          leh parlanjaan jeie voqaw! =  Cerna dan camkan dengan logika sehat tepuk tangan untuk
              negeri dari hari-kemaren jadi tidak diragukan lagi!          kamu didapatkan melewati suatu perlombaan yang resmi!
                                                                       ( ite paju 185 ).   26. Zabotah inhuang qaepenan ngaqalraga mandinue empieq-leinge bara paalhaeng, xaqilen
                                                                        pangwowaetan, andal tutue! =  Debutnya didalam kegiatan olahraga mendapat tepuk – ta
                                                                        ngan daripenonton, sebagai penghormatan, hebat sebetul!
                                                                                                                                                                                               ( ite paju 210 ).
   366   367   368   369   370   371   372   373   374   375   376