Page 374 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 374

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                         19.                                                                                                                                                                                                                                                                 20.
       39).  B  A  E  S   ( kuan galang )     =   S  E  F ;  ahli memasak.   40).  B A E S H I R  ( kuan galang )   =   P E N D E T A.
           1.  B  a  e  s    e w e i h?   =   S  e  f    s i a p a?       1.  B a e s h i r    e w e i h?   =   P e n d e t a    s i a p a?
           2.  B  a  e  s    a k u e     =   S  e  f    s a y a                    ( Orang ke S a t u ).       2.  B a e s h i r    a k u e   =   P e n d e t a    s a y a                    ( Orang ke S a t u ).
           3.  B  a  e  s    i k a w     =   S  e  f    k a m u                     ( Orang ke D u a ).       3.  B a e s h i r    i ka w    =   P e n d e t a    k a m u                    ( Orang ke D u a ).
           4.  B  a  e  s    i  y  e      =   S  e  f    d  i  a                   ( Orang ke  T i g a ).       4.  B a e s h i r    i  y  e    =   P e n d e t a    d  i  a                    ( Orang ke T i g a ).

       Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :   Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :

       1.   Ati inmagairaekat oloen Dayak-Ngaju aera’ah baes, iye inraewey andue makaxaq kiena –   1.   Ati pagawiean vroqowieael inhuang agama kristen, oloen Dayak-Ngaju manyewut aera’ah
             ngan upaxelah parqawinan! =  Ada dimasyarakat orang Dayak-Ngaju namanya sef, dia         baeshir! =  Ada pekerjaan profesional didalam agama kristen, orang Dayak-Ngaju menye –
             diundang untuk memasak hidangan upacara pernikahan!         but namanya pendeta!
       2.   Bara jeie jadie tahie tarjari akue mandinue garar pangngoqaan bara maqairaekat xaqilaw xa-   2.   Bara priaieng pagawie agama te’i baeshir ewein manenga hotbah intiebengan ungqupah xa-
             oloen baes (xidi makaxaq) bara maqairaekat! = Dari yang sudah lama terjadi saya mendapat          ining ati qasampetan! =  Dari pribadi pekerja agama itu pendeta mereka memberi kotbah
             gelar pengakuan dari masyarakat sebagai seorang sef (ahli memasak) dari masyarakat!         dilingkungan jemaatnya setiap ada kesempatan!
       3.   Catetan mantinjuqkan ikaw xaqilen baes jeie mandinue pangngoqaan bara maqairaekat ja –   3.   Cuha manjaga qatamam tuntang qaharaet, akue xaqilen xaoloen baeshir haeis barlangqas-
             tun-ati xartinampin jeie tarnyurat! =  Catatan menunjukan kamu sebagai sef yang menda –         oxan jeie halaf, barpamanderan jeie jenta-jowah tuntang johae-jorah qanxauraes oloen! =
             pat pengakuan dari masyarakat tidak-ada sertifikat yang tertulis!         Demi menjaga harkat dan martabat, saya sebagai seorang pendeta harus bertingkah-laku
       4.   Dalaes tue’ieuh growiean xaqilen xaoloen baes inmaqairaekat Dayak-Ngaju maguen ati, ga-          yang baik, berbicara yang ramah-tamah dan sopan-santun kepada semua orang!
             naen te’i atonam pangngoqaan tuntang qatetheiqan bara maqairaekat! =  Sampai sekarang   4.   Dalaes tue’ieuh aerre uron-bela xaqilaw ikaw maxasael ganaen jadie maintih growian xao –
             profesi sebagai seorang sef dimasyarakat Dayak-Ngaju masih ada, karena itu adalah penga-         loen baeshir, aewie ganaen qababasan’ah  bangat intiqasi! =  Sampai sekarang banyak anak-
             kuan dan kepercayaan dari masyarakat!                     muda seperti kamu menyesal karena sudah memilih profesi seorang pendeta, oleh karena
       5.   Eaxes bara garar baes inmaqairaekat cungul ganaen in’uxaehqan qabaatian tuntang adefah         kebebasanya sangat dibatasi!
              andue makaxaq huang lowan jeie aerre! =  Basis dari gelar sef dimasyarakat muncul kare-   5.   Entaes rayo belumah, xaoloen baeshir haeis iaemhael huang satoro pagawiean, rayo barqa-
              na diperlukan keberadaan dan jasanya untuk memasak dalam porsi yang banyak!          lambie haies iegaes, andue rayo belum xaqilaw te’i akue diyae wangguf! =  Tertib pola hi-
       6.   Fuetuean pagawiean akue xaqilen xaoloen baes yethe xaqilaw manenga prentah qanhung         dupnya, seorang pendeta harus disiplin dalam segala pekerjaan, pola berpakaian harus nor-
             pagawie-2 jeie beqe, ati maampaqan luntaw, ati manguan xambulan tuntang aerre tinai          mal, untuk pola hidup seperti itu saya tidak sanggup!
             oloen beqe jeie inprentah! =  Gambaran pekerjaan saya sebagai seorang sef yaitu seperti   6.   Fuetuean qabeluman xaoloen baeshir te’i haies primeles, wangguf belum inthue qatapasaen,
             memberi perintah kepada pekerja-2 yang lain, ada membuatkan bumbu, ada menyiang sa-         yoqaf diyae olih nyalangqing, haies huang ximpunqrama jeie halaf! =  Gambaran kehidu-
             yuran dan banyak lagi orang lain yang diperintah!         pan xaorang pendeta itu harus prihatin, sanggup hidup dengan kekurangan, sikap tidak bisa
       7.   Growiean xaqilen xaoloen baes inthue beiyang liequet hadational matuh te’i hindai ati xa -         nyeleneh, harus dalam tatakrama yang baik!
              qulae makaxaq xaqilaw bahula tue’ieuh! =  Profesi sebagai seorang sef dengan berlatar be -   7.   Ganaen intiqasi inthue xacuhaqian aerre atuhan jahaey-2 ati andue oloen bela-beli jeie wang
              lakang tradisional saat itu belum ada sekolah memasak seperti zaman sekarang!         guf manjari xaoloen baqal baeshir! =  Karena dibatasi dengan demikian banyak aturan  ja –
       8.   Hadational aqat xasinde xelah gawie tuntang maqubmaen’ah xaoloen baes inlewu oloen-2         rang-2 ada untuk orang muda-mudi yang sanggup menjadi seorang calon pendeta!
              Dayak-Ngaju panae te’i! =  Tradisional sama sekali cara kerja dan managemennya seorang   8.   Haies qilenqueh tinai par’acuaenan te’i wahas inquntefi aewie xaoloen baqal baeshir tun-
              sef dikota orang-2 Dayak-Ngaju waktu itu!                tang haies inlaqanihkan xapempah belumah! =  Harus bagaimana lagi perstandaran itu wa-
       9.   Iehaeit akue maintih xaoloen baes jeie jadie qinjaf malaqanihkan pagawiean makaxaq andue         jib dipenuhi oleh seorang calon pendeta dan harus dilaksanakan seumur hidupnya!
              parqawien uron ikei! =  Sengaja saya memilih seorang sef yang sudah sering melaksanakan   9.   Induqtribari andue xaoloen baqal baeshir manqejukan qamipenan jeie barnulie qabanu’iwi-
              pekerjaan memasak untuk pernikahan anak kami!            an, rahaetqan nulie-2 galang qalonen mangmipenkan exe qabanu’iwan ! =  Indoktrinasi un-
       10. Jahaey-2 ati xaoloen baes hadational Dayak-Ngaju jeie barxaqulae duqhus makaxaq tuntang         tuk seorang calon pendeta menjauhkan keinginan yang bersifat keduniawian, sedangkan
             barxartinampin! =  Jarang-2 adaseorang sef tradisional Dayak-Ngaju yang bersekolah khu –         sifat-2 dasar manusia menginginkan isi keduniawian!
             sus memasak dan bersertifikat!                      10. Jaxueltasiqan inthue oloen baqas jeie jadie barpangqahuman iexaeng qamipenan ikaw an –
       11. Kewoinasi tongas bara xaoloen baes amoen jadie branaei makoxaq atonam mang’atuh kie-         due manjari xaoloen baqal baeshir! =  Konsultasikan dengan orang tua yang sudah berpe –
              nangan andue ajhae,  manjaga kienangan ueqhae eilhae ilaque aewie oloen jeie diyae bar-         ngalaman tentang keinginan kamu untuk menjadi seorang calon pendeta!
              anggong-tumbah, manjaga ueqhae kienangan eilhae inenga oloen qamandrah, dalaes axe-   11. Kajeng-2 iye mipen manjari xaoloen baqal baeshir, helon helu! Vowaet-2ah einqah jadie
              lah branaei! =  Kombinasi tugas dari seorang sef kalau sudah selesai memasak adalah me –          inqatawahi? =  Gegas-2 dia ingin menjadi seorang calon pendeta, sabar dulu! Syarat-2nya
              ngatur hidangan untuk tamu, menjaga hidangan supaya jangan diminta oleh orang yang ti-          apakah sudah diketahui?
              dak bertanggung-jawab, menjaga supaya hidangan jangan diberi orang kamandrah, sampai   12. Luqur xareah bica-bica iye mipen manjari xaoloen baeshir, tagael einqah qadarisan te’i ja-
              acara selesai!                                            di cinal? Diyae olih inxalohqan tinai? =  Luhur memang cita-cita dia ingin menjadi seo -
       12. Lengarie bauem tempu-humae bangat ilak ujun kagrowiean xaoloen baes ganaen adef  tun-          rang pendeta, tetapi apakah keputusan itu sudah final? Tidak bisa dirubahkan lagi?
              tang pagawiean tamaet inbranaieqan! =  Ekspresi wajah tuan-rumah sangat puas atas ke-   13. Maiqowie akue amoen parvowaetan andue manjari xaoloen baqal baeshir te’i tutue-2 behat,
              profesian seorang sef karena jasa dan pekerjaan sukses diselesaikan!          aeloehpun baqaqai tetep qanhung ijhe qadarisan! =  Mengakui saya kalau persyaratan un –
       13. Manuqukan pagawiean xaqilan xaoloen baes atonam quntef anggong-tumbah andue arefah          tuk menjadi seorang calon pendeta itu betul-2 berat, walaupun begitu tetap kepada satu
              xabuat tuntang andue yangqeren’ah! =  Melakukan pekerjaan sebagai seorang sef adalah          keputusan!
              penuh tanggung-jawab untuk dirinya sendiri dan untuk pelanggannya!   14. Nahaefqah qadarisan ikaw lius manjari xaoloen baqal baeshir? Bara pangqahuman aerre
       14. Ngapat maqoxan baes jeie mangat xasangga belaei oloen aerre bangat ugael tuntang akue          jeie maxaxael, olih in’ongohqan jadie manjari baeshir maieceq tinai manjari xalin, paga –
              tempu humae manenga yafexiasi! =  Berkat masakan sef yang enak sehingga selera orang          wai, jari mandue pagawiean! =  Mantapkah keputusan kamu akan menjadi seorang calon
              banyak sangat cocok dan saya tuan rumah memberi apresiasi!          pendeta? Dari pengalaman banyak menyesal, bisa dibuktikan sudah menjadi pendeta mela-
       15. Ombet, tendheqan quman xahindai besueh, xaqilaw te’i tajoq qarigasan, aewie ganaen ma-          mar lagi menjadi guru, pegawai, jadi mendua pekerjaan!
              qoxan baes mangat akue manjari pean-aref! =  Cukup, hentikan makan sebelum kenyang,   15. Ongohqan xabuaet einqah baeshir bahula tue’ieuh ati jeie bargrowiean galaf? Ungqup olih
              seperti itu moto kesehatan, oleh karena masakan sef enak saya menjadi lupa-diri!          manengaqan papontenan! =  Buktikan sendiri apakah pendeta zaman sekarang ada yang
       16. Pamantar ikaw mambuahi maqoxan baes te’i xaqilaw ein? Brasihqah, mangatqah, einqah          berprofesi ganda? Jemaat bisa memberikan penilaian!
              diyae qahing? = Komentar kamu mengenai masakan sef itu seperti apa? bersihkah, enakah,   16. Parbaendoengan helang pagawiean agama tuntang pagawiean jeie beqe inlaqanihkan aewie
              apakah tidak asin?                                        xaoloen baeshir! =  Perselingkuhan antara pekerjaan agama dan pekerjaan yang lain silaku-
       17. Qaperah bara baes hadational te’i jadie bangat barpangqahuman andue maqoxan atawa juhu          kan oleh seorang pendeta!
              oloen Dayak-Ngaju! =  Kiprah dari sef tradisional itu sudah sangat berpengalaman untuk    17. Qaperah bara xaoloen baeshir jeie mandue pagawiean tueh einqah olih inquankan saqilen
              masakan atau gulai orang Dayak-Ngaju!                     pagawie jeie vroqoewiael? =  Kiprah dari seorang pendeta yang mendua pekerjaan ini apa-
       18. Ruengan parqawinan te’i andue maqoxan’ah aewie baes hadational jeie jadie tarsewut in-          kah bisa dikatakan sebagai pekerja yang profesional?
              tiebengan qabupaten! =  Pesta pernikahan itu untuk masakannya oleh sef tradisional yang   18. Reqoemi jeie manjari galang palagaian amoen xaoloen te’i manjari baeshir tuntang qeya
              sudah terkenal dilingkungan kabupaten!                    manyondang pagawai jeie beqe! = Ekonomi yang menjadi dasar pemikiran kalau seorang
       19. Srafsimpan aewie tempu-humae andue maqoxan ruengan parqawinan uron’ah, baes jeie ja-          itu menjadi pendeta dan juga menyandang pegawai yang lain!
              Dir tar’arae jeie makaxaq! =  Prasmanan oleh tuan-rumah untuk masakan pesta pernikahan   19. Satentutah qadarisan tangqan lius inqalulikan qanhung priaieng xibaqal baeshir andue man-
              anaknya, sef yang sudah ternama yangmemasak!              nantuqan intihanah! =  Selanjutnya keputusan tentu akan dikembalikan kepada pribadi si-
       20. Titier-barlinjam ajue dumah qanparqawinan uron-akue tuntang mangqeme’i bire-angat ma-          calon pendeta untuk menentukan pilihannya!
              qoxan baes hadational Dayak-Ngaju! = Silih-berganti tamu datang keperkawinan anak –   20. Tinai-2 iye mipen mam’umang xuewaet baeshir jeie mandue pagawiean, amoen bara ain
              saya dan mencicipi cita-rasa masakan sef-tradisional Dayak-Ngaju!          azazi qalonen ati qeya ain’ah! =  Lagi-2dia ingin membahas masalah pendeta yang mendua
       21. Upaeh buan xaoloen baes hadational xasangga inthue behatah pagawiean jeie inlaqanihkan          pekerjaan, kalau dari hak azasi manusia ada juga haknya!
              xatahie due andaw! =  Honor bagi seorang sef tradisional sesuai dengan beratnya pekerja –   21. Uxaqan inhuang xindemat-2 tueh diyae andue mahepeqan aera baeshir, tagael andue pan –
              an yang dilaksanakan selama dua hari!                     elefaen pangeteian cuqu-quan inhuang xindemat! =  Usikan didalam kalimat-2 ini tidak
       22. Vorskoet jadie inenga aewie tempu-humae andue baes jeie lius malaqanihkan pagawiean          untuk melecahkan nama pendeta, tetapi untuk pencapaian penyusunan suku-kata didalam
              maqoxak! =  Uang-muka sudah diberi oleh tuan-rumah untuk sef yangakan melaksanakan          kalimat!
              pekerjaan memasak!                                 22. Vraim oloen bela-beli bara vaeroek aerre mipen manjari baqal baeshir, tagael inhuang par-
       23. Wawatansi qeya jadie inengaqan qanhung baes xaqilen ongoh qatae narima vorskot andue          tanjunganah eweih jeie tawa? =  Klaim orang muda-mudi dari pelosok banyak ingin men –
              due andaw! = Kwitansi juga sudah diberikan kepada sef sebagai bukti tanda terima uang -          jadi calon pendeta, tetapi didalam perjalanannya siapa yang tau?
              muk untuk dua hari!                                23. Woyaqkah amoen akue andue hari besok manjari xaoloen baeshir? Xauraes oloen olih! =
       24. Xerea xasinde bauem baes andue andaw tueh aewie jadie malaqanihkan  pagawiean maka –          Layakah kalau saya untuk hari besok menjadi seorang pendeta? semua orang bisa!
              xaq tuntang panahoran upaeh! =  Ceria sekali wajah sef untuk hari ini oleh sudah melaksa-   24. Xiep fiecieq tuntang dayhae amoen ikaw mipen manjari xaoloen baeshir, ganaen diyae xa-
              nakan pekerjaan memasak dan pembayaran honor!             uraes oloen olih tamaet! =  Siap fisik dan mental kalau kamu ingin menjadi seorang pen –
       25. Yoeqrakan pagawiean jatun-ati tinai ganaen xauraesah jadie inlaqanihkan inthue halaf tun-          deta, karena tidak semua orang bisa sukses!
              tang rentas aewie baes hadational! = Tunggakan pekerjaan tidak-ada lagi karena semua -   25. Yafexiasie bara akue xaselah priaieng andue oloen jeie maintih growiean manjari baeshir,
              nya sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar oleh sef tradisional!           te’i atonam qadarisan jeie behat! =  Apresiasi dari saya secara pribadi untuk orang yang
       26. Zaxus jatun-ati xatahie malaqanihkan pagawiean makaxaq xatahie due andaw, tempu-hu –          memilih profesi menjadi pendeta, itu adalah keputusan yang berat!
              mae hanjaq, baes-hanjaq tuntang xauraes raeweian hanjaq! =  Kasus tidak-ada selama me –   26. Zeqmat pagawiean manjari baeshir manumun qapartetheiq tunih atonam dumahah bara
              laksanakan pekerjaan memasak selama dua hari, tuan-rumah senang, sef-senang dn semua         axien ngapat-ngawang Hatala! = Hikmat pekerjaan menjadi pendeta menurut kepercayaan
              undangan senang!                                         iman adalah datangnya dari kasih berkat-karunia Allah! =
                                                                                                                                     ( ite paju 187 ).                                                                                                                                      ( ite paju 5 ).
   369   370   371   372   373   374   375   376   377   378   379