Page 383 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 383

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   29.
       57).  B  A  H  E   ( kuan galang )    =   B  A  H  U.     58).  B A H I N G   ( kuan galang )   =    S Y A I R.
           1.  B  a  h  e     e we i h?   =   B  a  h  u      s i a p a?       1.  B a h i n g     e i n ?    =    S y a i r   a p a?
           2.  B  a  h  e     a k u e     =   B  a  h  u      s a y a                       ( Orang ke Sa t u ).       2.  B a h i n g  andaw – m a l e    =    Syair  hari- kemaren                    ( Waktu Lampau ).
           3.  B  a  h  e     i k a w     =   B  a  h  u      k a m u                     ( Orang ke D u a ).       3.  B a h i n g  andaw - t u e h   =    Syair  hari- i  n  i                   ( Waktu Sekarang ).
           4.  B  a  h  e     i  y  e     =   B  a  h  u      d  i  a                   ( Orang ke T i g a ).       4.  B a h i n g  andaw- j e w u e   =    Syair  hari- b e s o k             ( Waktu akan Datang ).

       Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran  :   Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran  :

        1.  Ati bapire ranae oloen ma’aiengi bahe xaqilaw : bahe-dampu, bahe tiling-muhun, bahe-lom    1.  Ampa einqah xindemat-2 tuntang einqah jaelxi bahing xajoah dindang atawa aehuei?
             bah, bahe-jeyuef, baqaqa’i pan’ieroeqat akue! = Ada berapa jenis orang memiliki bahu se -         ueqhae olih infuatqan inthue nutor bahing dindang atawa baing aehuei bara andaw-male! =
             perti : bahu-datar, bahu-miring turun, bahu-lebar, bahu-sempit, begitu pendapat saya!         Buat apakah kalimat-2 dan apakah fungsi syair sebuah lagu atau pantun? supaya bisa dibe-
        2.  Bara queh ikaw tawa bapire ranae bahe te’i? bara pangkahuman xatahie belum inbanu’i         dakan dengan jelas syair lagu atau syair pantun dari hari kemaren!
             dalaes tue’ieuh! =  Dari mana kamu tau berapa jenis bahu itu? dari pengalaman selama hi -    2.  Bara cuqu-kuan jeie in’intihqan te’i tangqan bahing andue xajoah dindang bara andaw-tueh
             dup didunia sampai sekarang!                              yang akue hiningqan! =  Dari suku-kata yang dipilihkan itu tentu syair untuk sebuah lagu
        3.  Ceieq mate iye amoen bahe oloen ati epat ranae pangun tuntang buhuetah, tarrinaeh iexaeng         dari hari-ini yang saya dengarkan!
              bahe oloenpun haeis inpapajari! =  Celik mata diakalau bahu orang ada empat jenis bentuk     3.  Colah-waqal bara xajoah xindemat-2 bahing te’i ingetei bara cuqu-kuan dalaes qanhung
              dan posisinya, ternyata tentang bahu orangpun harus dipelajari!           andaw-jewue! =  Cikal-bakal dari sebuah kalimat-2 syair itu disusun dari suku-kata sampai
        4.  Dalaes andaw-tueh ikaw haruen tawa amoen bahe ati epat ranae pangun tuntang buhuetah,         kepada hari-besok!
             hindai pujhie mamparateiqanah! =  Sampai hari-ini kamu barusan tau kalau bahu ada em-    4.  Dalaes andaw-male oloen-2 jeie bar’baru uhie weie andue manjhapaqan xindemat-2 bahing
             pat jenis bentuk dan posisinya, belum pernah memperhatikannya!         andue dindang tuntang aehuei! =  Sampai hari-kemaren orang-2 yang berjiwa seni saja un-
        5.  Eweih inhelang itah jeie barbahe tiling? Ati oloenah jeie barbahe tiling yete’i akue, einqah         tuk menciptakan kalimat-2 syair untuk lagu dan pantun!
             olih maiethe? =  Siapa diantara kita yang berbahu miring? Ada orangnya yang berbahu mi-    5.  Einqah qatalen uhie andue manjhapaqan xindemat-2 bahing te’i in’aiengi aewie xaining
             ring yaitu saya, apakah bisa melihat?                     oloen dalaes andaw-tueh? Tangqan diyae! =  Apakah talenta seni untuk menciptakan kali-
        6.  Fuetueanah amoen mipen maeithe pangun tuntang buhuet bahe iye metuh mendeng tagaq,         mat-2 syair itu dimiliki oleh setiap orang sampai hari-ini? Tentu tidak!
             einqah jadie maqartie! =  Gambarannya kalau ingin melihat bentuk dan posisi bahu dia sa-    6.  Friquetaq tuntang cuqu-kuan andue bahing dindang qinjaf  in’nataiqan aewie xaoloen uhie-
             at berdiri tegak, apakah sudah mengerti?                  wan dalaes andaw-jewue! =  Pribahasa dan suku-kata untuk syair lagu sering disandingkan
        7.  Gere-2 pangun tuntang buhuet bahe jeie aku eaiengi tiling qanpenda, injowan tame manjari         oleh seorang seniman sampai hari-besok!
             xaoloen baqal yarana qolisi! =  Gara-2 bentuk dan posisi bahu yang saya miliki miring ke -    7.  Gere-2 ati xaoloen uhiewan maampaqan bahing xajoah dindang jeie manyuelie pamarentah
             wah , ditolak masuk menjadi seorang calon taruna polisi!         iye dalaes andaw-male intameqan qanhuang kearef-bilem! =  Gara-2 ada seorang seniwan
        8.  Haeisqah andue baqal xaoloen yarana qolisi mang’aiengi bahe jeie dampu? Xaqilaw te’i          membuatkan syair sebuah lagu yang menyindir pemerintah dia sampai hari-besok dimasu-
             manumuen pangieroeq’at ikaw? =  Haruskah untuk calon seorang taruna polisi memiliki          kan kedalam daftar-hitam!
             bahu yang datar? Seperti itu menurut pendapat kamu?    8.  Henteq-2 paie tuntang leinge oloen amoen mahining bahing dindang te’i aewie bangat bar-
        9.  Ieyhueh xaqilaw te’i manumuen pang’ieroeqat iye haeis barbahe dampu andue baqal xao -          laehaeif bihin andaw-male! =  Hentak-2 kaki dan tangan orang kalau mendengar syair lagu
             loen yarana qolisi! =  Sungguh seperti itu menurut pendapat dia harus berbahu datar untuk         itu oleh sangat bersemangat sejak hari-kemaren!
             seorang calon taruna polisi!                         9.  Ilaq akue xalimbah mahining bahing xajoah dindang andue andaw-tueh, ganaen peteh tun-
       10. Jereander bara helae qolisi manutuorqan axing-2 jaelsi, pangun tungtang buhuet bahe oloen         tang laehaeif inhuang xindematah! =  Puas saya setelah mendengar syair lagu untuk hari –
             ueqhae xauraes paompat tuntang akue mangqartie! =  Jurubicara dari pihak polisi menje –         ini, karena pesan dan semangat didalam kalimat-2nya!
             laskan masing-2 fungsi, bentuk dan posisi bahu orang supaya semua peserta dan saya    10. Jurayan panggaran helang cuqu-kuan tuntang laehaeif jeie ati inhuang xindemat bahing din-
             mengerti!                                                  dang te’i bangat mampangraietqan pan’ieroeq uwar dalaes andaw-jewue! =  Jalinan hubu-
       11. Kameles tutue ikaw andaw-tueh aewie umba lanieng andue bahe, tutueqah xaqilaw te’i?           ngan suku-kata dan semangat yang ada didalam kalimat syair lagu itu sangat mempenga –
              andue yarana qolisi cuhaqian! =  Kuatir betul kamu hari-ini oleh ikut seleksi untuk bahu,           ruhkan pendapat umum sampai hari-besok!
              betulkah seperti itu? untuk taruna polisi demikian!   11. Kawietan bapire cuqu-kuan andue bahing xajoah dindang haeis qaratief tuntang bar’riman
       12. Laluewae weie andue janjiw andaw-tueh iye xaqilen  paompat umba yarana qolisi inlanieng           indoq wayak inhiningqan dalaes andaw-tueh! =  Sangkutan berapa suku-kata untuk syair
              bahe’ah! =  Langsung saja untuk jadwal hari-ini dia sebagai peserta ikut taruna polisi dise–          sebuah lagu harus kreatif dan bermakna agar layak didengarkan sampai hari-ini!
              leksi bahunya!                                     12. Lingkui andue maampaqan xindemat-2 xajoah bahing dindang bahula tue’ieuh haeis mansa
       13. Mambuahi janjiw andue paompat lanieng yarana qolisi jeie inmrekxae atonam bahe akue           xanggaqan dalaes andaw-jewue! =  Dimensi untuk membuatkan kalimat-2 sebuah syair la-
              andue andaw-tueh! =  Mengenai jadwal untuk peserta taruna polisi yang diperiksa adalah           gu zaman sekarang harus menyesuaikan sampai hari-besok!
              bahu saya untuk hari-ini!                          13. Maiqowie akue amoen diyae xaining oloen olih manjhapaqan xajoah bahing dindang, tardi-
       14. Ngoqa weie amoen lagaian ikaw andue andaw-tueh bangat unguh-ungeh inharanaenqan          yaeli ati qatalen bara andaw-male! =  Mengakui saya kalau tidak setiap orang bisa mencip-
              umba lanieng bahe yarana qolisi? =  Ngaku saja kalau pikiran kamu untuk hari-ini sangat          takan sebuah syair lagu, terkecuali ada talenta dari hari-kemaren!
              resah-gelisah disebabkan ikut seleksi bahu taruna polisi?   14. Nahaef xasinde andue xajoah bahing dindang jeie bartajueq qamopoeran bara andaw-male,
       15. Oziqkan inthue halaf-2 andue lanieng hung andaw-tueh atonam pamrekxaan bahe paompat          xamboga manjari tamaet! =  Mantaf sekali untuk sebuah syair lagu yang bertajuk kemena-
              yarana qolisi, tartame iye qeya! =  Camkan dengan baik-2 untuk seleksi pada hari-ini ada –          ngan dari hari-kemaren’ semoga menjadi sukses!
              lah pemeriksaan bahu peserta taruna polisi, termasuk dia juga!   15. Onxor ein weie jeie bangat itong andue manjaphaqan xajoah bahing dindang? Tangqan on-
       16. Prietuengqan andue pamrekxaan bitie paompat yarana qolisi andaw-tueh hung bahe, andue          xor pangqahuman, not tuntang cuqu-kuan! =  Unsur apa saja yang sangat utama untuk men
             akue jadie andaw-male! =  Prioritaskan untuk pemeriksaan badan peserta taruna polisi hari-          ciptakan sebuah syair lagu? Tentu unsur pengalaman, not dan suku-kata!
             ini pada bahu, untuk saya sudah hari-kemaren!       16. Paumbaeq andue oloen jeie ma’aiengi qatalen andue manjaphaqan bahing dindang tuntang
       17. Qluengkaer jatun-ati xauraesah haeis buah inpamrekxaan tartame qeya bahe ikaw, jatun-          dalaes andaw-tueh, aewie olih man’ieroeqan duit! =  Peluang untuk orang yang memiliki
              ati jeie inlangqaikan! =  Dispensasi tidak-ada semuanya harus kena diperiksakan termasuk          talenta untuk menciptakan syair lagu dan sampai hari-ini, oleh bisa mendapat uang!
              juga bahu kamu, tidak-ada yang diistimewakan!      17. Qanhala einqah andue manjhapaqan xajoah bahing dindang? Xareah ati bapire qanhala da –
       18. Rietaeqan xauraesah paompat yarana qolisi tartame qeya iye, jeie umba inlaniengqan hung          laes andaw-jewue! =  Kendala apakah untuk menciptakan sebuah syair lagu? Memang ada
              bahe inandaw qaijhe tueh! =  Bujangan semuanya peserta taruna polisi termasuk juga dia,           berapa kendala sampai hari-besok!
              yang ikut diseleksikan pada bahu dihari kesatu ini!   18. Riyaw amoen itah mahining ati pagawiean xaoloen panjhapa bahing dindang dalaes andaw-
       19. Sugukan diyae belaen huang laniengan andue yarana qolisi tartame qeya akue, bayae mang-          male, olihqah andue xandaan belum? =  Asing kalau kita mendengar ada pekerjaan seorang
              tembehqan qarigaxan bara bitie tuntang bahe weie! =  Sogokan tidak mempan pada selek-          pencipta syair lagu sampai hari-kemaren, bisakah untuk jaminan hidup?
              si untuk taruna polisi termasuk juga saya, hanya mengharapkan kesehatan dari badan dan    19. Satoro xatiar andue manjhapaqan xajoah bahing dindang in’uxaehqan palagaian, panae, pa-
              bahu saja!                                                himat, dalaes andaw-tueh! =  Segala usaha untuk menciptakan sebuah syair lagu diperlu –
       20. Titier-barlinjam xauraes paompat yarana qolisi man’ieroeqat xanaean andue inmrekxaqan           kan pikiran,  waktu, tenaga, sampai hari-ini!
              qarigaxan tuntang bahe ikaw! =  Silih-berganti semua peserta taruna polisi mendapatkan   20. Titier barlinjam oloen jeie manjhapaqan bahing dindang tuntang titier barlinjam qeya oloen
              giliran untuk diperiksakan kesehatan dan bahu kamu!           mamilieah dalaes andaw-jewue! =  Silih berganti orang yang menciptakan syair lagu dan
       21. Upaxelah inlaqanihkan andue  xolaqah yarana qolisi jeie jadie man’ieroeqat qabarkolihan          silih berganti juga orang membelinya sampai hari-besok!
              xatahie pangajaran tartame hung bahe iye qeya! =  Upacara dilaksanakan untuk awalnya    21. Uhsiaxief tuntang ain-vreragaxaf akue andue manjhapaqan bahing xajoah dindang, einqah
              taruna polisi yang sudah mendapatkan keberhasilan selama pangajaran termasuk pada          ati jeie barqabehatan? =  Inisiatif dan hak-prerogatif saya untuk menciptakan syair sebuah
              bahu dia juga!                                            lagu, apakah ada yang berkeberatan?
       22. Voden inqoyhoe’an xauraes yarana qolisi te’i barbahe dampu tartame qeya akue huang ba-   22. Vecantun xajoah dindang padang te’i atonam qeya panjhapa bara bahing’ah, jahaey-2 ati
              baries andaw-tueh! =  Patut dibanggakan semua taruna polisi itu berbahu datar termasuk          dalaes andaw-male! =  Pelantun sebuah lagu daerah itu adalah juga pencipta dari syairnya,
              juga saya dalam barisan hari-ini!                         jarang-2 ada sampai hari-kemaren!
       23. Waeuet tariethe hung xaining oloen yarana qolisi jeie barbahe dampu tartame qeya ikaw,   23. Wanatif tuntang vohetef bara pangraiet cuqu-kuan bahing dindang tangqan ati inhuang ma-
              qolih bara lanieng! =  Wibawa terlihat pada setiap orang tarunapolisi yang berbahu datar          qairakaet dalaes andaw-tueh! =  Negatif dan positif dari pengaruh suku-kata syair lagu ten-
              termasuk juga kamu, hasil dari seleksi!                   tu ada didalam masyarakat sampai hari-ini!
       24. Xarogam ampiah xauraes yarana qolisi jeie barbahe dampu xapanae aroeh inhuang babaries   24. Xeang xaselah baqha andue qolih jhapaan terharef bahing dindang hindai ati grejetah da-
              ewein, tartame qeya iye! =  Seragam rupanya semua taruna polisi yang berbahu datar se –           laes andaw-jewue, buhein? =  Angka secara pasti untuk hasil ciptaan tarhadap syair lagu
              waktu apel didalam barisan mereka, termasuk juga dia!          belum ada grafiknya sampai hari-besok, kenapa?
       25. Yafexiasie qanhung qolih gawie panitiya jeie jadie maintih yarana qolisi barbahe dampu,   25. Yayam-yayim tuntang ranae bara bahing jeie jadie ati dalaes andaw-male, bara nyelo-qan
              inhuangah tartame akue qeya! =  Apresiasi kepada hasil kerja panitia yang sudah memilih          nyelotetep weie tapaes! =  Ragam-ragim dan jenis dari syair yang sudah ada sampai hari-
              taruna polisi berbahu datar, didalamnya termasuk saya juga!          kemaren, dari tahun-ketahun tetap saja kurang!
       26. Zarmonie xasinde amoen maiethe yarana qolisi jeie barbahe dampu tuntang bangat barwae-   26. Zeqmat jeie jadie inengaqan qanhung oloen panjhapa bahing dindang dalaes andaw-jewue
              Uet tartame qeya ikaw! =  Harmonis sekali kalau melihat taruna polisi yang barbahu datar          diyae ati tikasah! =  Hikmat yang sudah diberikan kepada orang pencipta syair lagu sampai
              dan sangat berwibawa termasuk juga kamu!                  hari-besok tidak ada batasnya!
                                                      ( ite paju 29 ).                                                                                                                                   ( ite paju 96 ).
   378   379   380   381   382   383   384   385   386   387   388