Page 383 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 383
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
29.
57). B A H E ( kuan galang ) = B A H U. 58). B A H I N G ( kuan galang ) = S Y A I R.
1. B a h e e we i h? = B a h u s i a p a? 1. B a h i n g e i n ? = S y a i r a p a?
2. B a h e a k u e = B a h u s a y a ( Orang ke Sa t u ). 2. B a h i n g andaw – m a l e = Syair hari- kemaren ( Waktu Lampau ).
3. B a h e i k a w = B a h u k a m u ( Orang ke D u a ). 3. B a h i n g andaw - t u e h = Syair hari- i n i ( Waktu Sekarang ).
4. B a h e i y e = B a h u d i a ( Orang ke T i g a ). 4. B a h i n g andaw- j e w u e = Syair hari- b e s o k ( Waktu akan Datang ).
Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
1. Ati bapire ranae oloen ma’aiengi bahe xaqilaw : bahe-dampu, bahe tiling-muhun, bahe-lom 1. Ampa einqah xindemat-2 tuntang einqah jaelxi bahing xajoah dindang atawa aehuei?
bah, bahe-jeyuef, baqaqa’i pan’ieroeqat akue! = Ada berapa jenis orang memiliki bahu se - ueqhae olih infuatqan inthue nutor bahing dindang atawa baing aehuei bara andaw-male! =
perti : bahu-datar, bahu-miring turun, bahu-lebar, bahu-sempit, begitu pendapat saya! Buat apakah kalimat-2 dan apakah fungsi syair sebuah lagu atau pantun? supaya bisa dibe-
2. Bara queh ikaw tawa bapire ranae bahe te’i? bara pangkahuman xatahie belum inbanu’i dakan dengan jelas syair lagu atau syair pantun dari hari kemaren!
dalaes tue’ieuh! = Dari mana kamu tau berapa jenis bahu itu? dari pengalaman selama hi - 2. Bara cuqu-kuan jeie in’intihqan te’i tangqan bahing andue xajoah dindang bara andaw-tueh
dup didunia sampai sekarang! yang akue hiningqan! = Dari suku-kata yang dipilihkan itu tentu syair untuk sebuah lagu
3. Ceieq mate iye amoen bahe oloen ati epat ranae pangun tuntang buhuetah, tarrinaeh iexaeng dari hari-ini yang saya dengarkan!
bahe oloenpun haeis inpapajari! = Celik mata diakalau bahu orang ada empat jenis bentuk 3. Colah-waqal bara xajoah xindemat-2 bahing te’i ingetei bara cuqu-kuan dalaes qanhung
dan posisinya, ternyata tentang bahu orangpun harus dipelajari! andaw-jewue! = Cikal-bakal dari sebuah kalimat-2 syair itu disusun dari suku-kata sampai
4. Dalaes andaw-tueh ikaw haruen tawa amoen bahe ati epat ranae pangun tuntang buhuetah, kepada hari-besok!
hindai pujhie mamparateiqanah! = Sampai hari-ini kamu barusan tau kalau bahu ada em- 4. Dalaes andaw-male oloen-2 jeie bar’baru uhie weie andue manjhapaqan xindemat-2 bahing
pat jenis bentuk dan posisinya, belum pernah memperhatikannya! andue dindang tuntang aehuei! = Sampai hari-kemaren orang-2 yang berjiwa seni saja un-
5. Eweih inhelang itah jeie barbahe tiling? Ati oloenah jeie barbahe tiling yete’i akue, einqah tuk menciptakan kalimat-2 syair untuk lagu dan pantun!
olih maiethe? = Siapa diantara kita yang berbahu miring? Ada orangnya yang berbahu mi- 5. Einqah qatalen uhie andue manjhapaqan xindemat-2 bahing te’i in’aiengi aewie xaining
ring yaitu saya, apakah bisa melihat? oloen dalaes andaw-tueh? Tangqan diyae! = Apakah talenta seni untuk menciptakan kali-
6. Fuetueanah amoen mipen maeithe pangun tuntang buhuet bahe iye metuh mendeng tagaq, mat-2 syair itu dimiliki oleh setiap orang sampai hari-ini? Tentu tidak!
einqah jadie maqartie! = Gambarannya kalau ingin melihat bentuk dan posisi bahu dia sa- 6. Friquetaq tuntang cuqu-kuan andue bahing dindang qinjaf in’nataiqan aewie xaoloen uhie-
at berdiri tegak, apakah sudah mengerti? wan dalaes andaw-jewue! = Pribahasa dan suku-kata untuk syair lagu sering disandingkan
7. Gere-2 pangun tuntang buhuet bahe jeie aku eaiengi tiling qanpenda, injowan tame manjari oleh seorang seniman sampai hari-besok!
xaoloen baqal yarana qolisi! = Gara-2 bentuk dan posisi bahu yang saya miliki miring ke - 7. Gere-2 ati xaoloen uhiewan maampaqan bahing xajoah dindang jeie manyuelie pamarentah
wah , ditolak masuk menjadi seorang calon taruna polisi! iye dalaes andaw-male intameqan qanhuang kearef-bilem! = Gara-2 ada seorang seniwan
8. Haeisqah andue baqal xaoloen yarana qolisi mang’aiengi bahe jeie dampu? Xaqilaw te’i membuatkan syair sebuah lagu yang menyindir pemerintah dia sampai hari-besok dimasu-
manumuen pangieroeq’at ikaw? = Haruskah untuk calon seorang taruna polisi memiliki kan kedalam daftar-hitam!
bahu yang datar? Seperti itu menurut pendapat kamu? 8. Henteq-2 paie tuntang leinge oloen amoen mahining bahing dindang te’i aewie bangat bar-
9. Ieyhueh xaqilaw te’i manumuen pang’ieroeqat iye haeis barbahe dampu andue baqal xao - laehaeif bihin andaw-male! = Hentak-2 kaki dan tangan orang kalau mendengar syair lagu
loen yarana qolisi! = Sungguh seperti itu menurut pendapat dia harus berbahu datar untuk itu oleh sangat bersemangat sejak hari-kemaren!
seorang calon taruna polisi! 9. Ilaq akue xalimbah mahining bahing xajoah dindang andue andaw-tueh, ganaen peteh tun-
10. Jereander bara helae qolisi manutuorqan axing-2 jaelsi, pangun tungtang buhuet bahe oloen tang laehaeif inhuang xindematah! = Puas saya setelah mendengar syair lagu untuk hari –
ueqhae xauraes paompat tuntang akue mangqartie! = Jurubicara dari pihak polisi menje – ini, karena pesan dan semangat didalam kalimat-2nya!
laskan masing-2 fungsi, bentuk dan posisi bahu orang supaya semua peserta dan saya 10. Jurayan panggaran helang cuqu-kuan tuntang laehaeif jeie ati inhuang xindemat bahing din-
mengerti! dang te’i bangat mampangraietqan pan’ieroeq uwar dalaes andaw-jewue! = Jalinan hubu-
11. Kameles tutue ikaw andaw-tueh aewie umba lanieng andue bahe, tutueqah xaqilaw te’i? ngan suku-kata dan semangat yang ada didalam kalimat syair lagu itu sangat mempenga –
andue yarana qolisi cuhaqian! = Kuatir betul kamu hari-ini oleh ikut seleksi untuk bahu, ruhkan pendapat umum sampai hari-besok!
betulkah seperti itu? untuk taruna polisi demikian! 11. Kawietan bapire cuqu-kuan andue bahing xajoah dindang haeis qaratief tuntang bar’riman
12. Laluewae weie andue janjiw andaw-tueh iye xaqilen paompat umba yarana qolisi inlanieng indoq wayak inhiningqan dalaes andaw-tueh! = Sangkutan berapa suku-kata untuk syair
bahe’ah! = Langsung saja untuk jadwal hari-ini dia sebagai peserta ikut taruna polisi dise– sebuah lagu harus kreatif dan bermakna agar layak didengarkan sampai hari-ini!
leksi bahunya! 12. Lingkui andue maampaqan xindemat-2 xajoah bahing dindang bahula tue’ieuh haeis mansa
13. Mambuahi janjiw andue paompat lanieng yarana qolisi jeie inmrekxae atonam bahe akue xanggaqan dalaes andaw-jewue! = Dimensi untuk membuatkan kalimat-2 sebuah syair la-
andue andaw-tueh! = Mengenai jadwal untuk peserta taruna polisi yang diperiksa adalah gu zaman sekarang harus menyesuaikan sampai hari-besok!
bahu saya untuk hari-ini! 13. Maiqowie akue amoen diyae xaining oloen olih manjhapaqan xajoah bahing dindang, tardi-
14. Ngoqa weie amoen lagaian ikaw andue andaw-tueh bangat unguh-ungeh inharanaenqan yaeli ati qatalen bara andaw-male! = Mengakui saya kalau tidak setiap orang bisa mencip-
umba lanieng bahe yarana qolisi? = Ngaku saja kalau pikiran kamu untuk hari-ini sangat takan sebuah syair lagu, terkecuali ada talenta dari hari-kemaren!
resah-gelisah disebabkan ikut seleksi bahu taruna polisi? 14. Nahaef xasinde andue xajoah bahing dindang jeie bartajueq qamopoeran bara andaw-male,
15. Oziqkan inthue halaf-2 andue lanieng hung andaw-tueh atonam pamrekxaan bahe paompat xamboga manjari tamaet! = Mantaf sekali untuk sebuah syair lagu yang bertajuk kemena-
yarana qolisi, tartame iye qeya! = Camkan dengan baik-2 untuk seleksi pada hari-ini ada – ngan dari hari-kemaren’ semoga menjadi sukses!
lah pemeriksaan bahu peserta taruna polisi, termasuk dia juga! 15. Onxor ein weie jeie bangat itong andue manjaphaqan xajoah bahing dindang? Tangqan on-
16. Prietuengqan andue pamrekxaan bitie paompat yarana qolisi andaw-tueh hung bahe, andue xor pangqahuman, not tuntang cuqu-kuan! = Unsur apa saja yang sangat utama untuk men
akue jadie andaw-male! = Prioritaskan untuk pemeriksaan badan peserta taruna polisi hari- ciptakan sebuah syair lagu? Tentu unsur pengalaman, not dan suku-kata!
ini pada bahu, untuk saya sudah hari-kemaren! 16. Paumbaeq andue oloen jeie ma’aiengi qatalen andue manjaphaqan bahing dindang tuntang
17. Qluengkaer jatun-ati xauraesah haeis buah inpamrekxaan tartame qeya bahe ikaw, jatun- dalaes andaw-tueh, aewie olih man’ieroeqan duit! = Peluang untuk orang yang memiliki
ati jeie inlangqaikan! = Dispensasi tidak-ada semuanya harus kena diperiksakan termasuk talenta untuk menciptakan syair lagu dan sampai hari-ini, oleh bisa mendapat uang!
juga bahu kamu, tidak-ada yang diistimewakan! 17. Qanhala einqah andue manjhapaqan xajoah bahing dindang? Xareah ati bapire qanhala da –
18. Rietaeqan xauraesah paompat yarana qolisi tartame qeya iye, jeie umba inlaniengqan hung laes andaw-jewue! = Kendala apakah untuk menciptakan sebuah syair lagu? Memang ada
bahe inandaw qaijhe tueh! = Bujangan semuanya peserta taruna polisi termasuk juga dia, berapa kendala sampai hari-besok!
yang ikut diseleksikan pada bahu dihari kesatu ini! 18. Riyaw amoen itah mahining ati pagawiean xaoloen panjhapa bahing dindang dalaes andaw-
19. Sugukan diyae belaen huang laniengan andue yarana qolisi tartame qeya akue, bayae mang- male, olihqah andue xandaan belum? = Asing kalau kita mendengar ada pekerjaan seorang
tembehqan qarigaxan bara bitie tuntang bahe weie! = Sogokan tidak mempan pada selek- pencipta syair lagu sampai hari-kemaren, bisakah untuk jaminan hidup?
si untuk taruna polisi termasuk juga saya, hanya mengharapkan kesehatan dari badan dan 19. Satoro xatiar andue manjhapaqan xajoah bahing dindang in’uxaehqan palagaian, panae, pa-
bahu saja! himat, dalaes andaw-tueh! = Segala usaha untuk menciptakan sebuah syair lagu diperlu –
20. Titier-barlinjam xauraes paompat yarana qolisi man’ieroeqat xanaean andue inmrekxaqan kan pikiran, waktu, tenaga, sampai hari-ini!
qarigaxan tuntang bahe ikaw! = Silih-berganti semua peserta taruna polisi mendapatkan 20. Titier barlinjam oloen jeie manjhapaqan bahing dindang tuntang titier barlinjam qeya oloen
giliran untuk diperiksakan kesehatan dan bahu kamu! mamilieah dalaes andaw-jewue! = Silih berganti orang yang menciptakan syair lagu dan
21. Upaxelah inlaqanihkan andue xolaqah yarana qolisi jeie jadie man’ieroeqat qabarkolihan silih berganti juga orang membelinya sampai hari-besok!
xatahie pangajaran tartame hung bahe iye qeya! = Upacara dilaksanakan untuk awalnya 21. Uhsiaxief tuntang ain-vreragaxaf akue andue manjhapaqan bahing xajoah dindang, einqah
taruna polisi yang sudah mendapatkan keberhasilan selama pangajaran termasuk pada ati jeie barqabehatan? = Inisiatif dan hak-prerogatif saya untuk menciptakan syair sebuah
bahu dia juga! lagu, apakah ada yang berkeberatan?
22. Voden inqoyhoe’an xauraes yarana qolisi te’i barbahe dampu tartame qeya akue huang ba- 22. Vecantun xajoah dindang padang te’i atonam qeya panjhapa bara bahing’ah, jahaey-2 ati
baries andaw-tueh! = Patut dibanggakan semua taruna polisi itu berbahu datar termasuk dalaes andaw-male! = Pelantun sebuah lagu daerah itu adalah juga pencipta dari syairnya,
juga saya dalam barisan hari-ini! jarang-2 ada sampai hari-kemaren!
23. Waeuet tariethe hung xaining oloen yarana qolisi jeie barbahe dampu tartame qeya ikaw, 23. Wanatif tuntang vohetef bara pangraiet cuqu-kuan bahing dindang tangqan ati inhuang ma-
qolih bara lanieng! = Wibawa terlihat pada setiap orang tarunapolisi yang berbahu datar qairakaet dalaes andaw-tueh! = Negatif dan positif dari pengaruh suku-kata syair lagu ten-
termasuk juga kamu, hasil dari seleksi! tu ada didalam masyarakat sampai hari-ini!
24. Xarogam ampiah xauraes yarana qolisi jeie barbahe dampu xapanae aroeh inhuang babaries 24. Xeang xaselah baqha andue qolih jhapaan terharef bahing dindang hindai ati grejetah da-
ewein, tartame qeya iye! = Seragam rupanya semua taruna polisi yang berbahu datar se – laes andaw-jewue, buhein? = Angka secara pasti untuk hasil ciptaan tarhadap syair lagu
waktu apel didalam barisan mereka, termasuk juga dia! belum ada grafiknya sampai hari-besok, kenapa?
25. Yafexiasie qanhung qolih gawie panitiya jeie jadie maintih yarana qolisi barbahe dampu, 25. Yayam-yayim tuntang ranae bara bahing jeie jadie ati dalaes andaw-male, bara nyelo-qan
inhuangah tartame akue qeya! = Apresiasi kepada hasil kerja panitia yang sudah memilih nyelotetep weie tapaes! = Ragam-ragim dan jenis dari syair yang sudah ada sampai hari-
taruna polisi berbahu datar, didalamnya termasuk saya juga! kemaren, dari tahun-ketahun tetap saja kurang!
26. Zarmonie xasinde amoen maiethe yarana qolisi jeie barbahe dampu tuntang bangat barwae- 26. Zeqmat jeie jadie inengaqan qanhung oloen panjhapa bahing dindang dalaes andaw-jewue
Uet tartame qeya ikaw! = Harmonis sekali kalau melihat taruna polisi yang barbahu datar diyae ati tikasah! = Hikmat yang sudah diberikan kepada orang pencipta syair lagu sampai
dan sangat berwibawa termasuk juga kamu! hari-besok tidak ada batasnya!
( ite paju 29 ). ( ite paju 96 ).