Page 384 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 384

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                                                                                                                  30.
       59). B A H I R E N   ( kuan galang )   =   G A N G R E N ; koreng penyakit gula.   60).  B A H I R O E D ( kuan galang ) =   B A R I K A D E.
           1. B a h i r e n    e i n ?    =   G a n g r e n    a p a?       1.  B a h i r o e d    e i n ?   =    B a r i k a d e    a p a?
           2. B a h i r e n    a k u e   =   G a n g r e n    s a y a                    ( Orang ke S a tu ).       2.  B a h i r o e d  andaw -  m a l e  =    Barikade hari – kemaren             ( Waktu Lampau ).
           3. B a h i r e n    i k a w   =   G a n g r e n    k a m u                  ( Orang ke D u a ).       3.  B a h i r o e d  andaw – t u e h  =    Barikade  hari – i n i                  ( Waktu Sekarang ).
           4. B a h i r e n    i  y  e    =   G a n g r e n    d  i  a                  ( Orang ke T i g a ).       4.  B a h i r o e d  andaw -  j ew u e =    Barikade  hari -  b e s o k      ( Waktu akan Datang ).

       Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian  = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :   Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran  :

        1.  Ati inpaeie oloen buah bahiran, einqah parungkit te’i? amoen adoer gula inhuang bitie man    1.  Ati oloen aerre barnyaing inparantaran qantur Gubehnur Borneo Bentuk, tagael aewie qo –
             ephei xeang epat ratus! =  Ada dikaki orang kena gangren, apakah penyakit itu? kalau ka –         lisi jadie impenanqan bahiroed qewet barduhi bara andaw-male! =  Ada orang banyak ber-
             dar gula dibadan mencapai angka empat ratus!              demo dihalaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, tetapi oleh polisi sudah dipasang –
        2.  Buhein dalaes tarjari parungkit bahiren inhuang bitie akue? Ganaen adoer gula jeie bangat         kan barikade kawat berduri dari hari-kemaren!
              gantung xeangah epat-ratus! =  Kenapa sampai terjadi penyakit gangren didalam tubuh sa-    2.  Bara pajuepok quehkah oloen jeie rahaet barnyaing te’i? bara baganixasie oqimin maqairae
              ya? Karena kadar gula yang sangat tinggi angkanya empat-ratus!         kat, tagael jadie ruhui aewie inpenanqan qolisi bahiroed qewet duhi andaw-tueh! =  Dari ke
        3.  Capat weie ikaw bariqsa daha qanlaburaturium rabus mangatawi adoer gula ueqhae eilhae         lompok manakah orang yang sedang berdemo itu? dari organisasi elemen masyarakat, teta-
              buah parungkit bahiren! =  Cepat saja kamu terapi darah kelaboraturium guna mengetahui         pi sudah aman oleh dipasangkan polisi barikade qawat duri hari-kemaren!
              kadar gulasupaya jangan kena penyakit gangren!      3.  Cuqu-2 dayak barxinjhe andue barnyaing qanhung pamarentah andaw-jewue, tagael andue
        4.  Dalaes andaw-tueh iye hindai tawa amoen parungkit bahiren atonam ijhe-qaijhean inthue         qaruhuian aewie qolisi impenanqan bahiroed qewet duhi! =  Suku-2 dayak bergabung un -
              adoer gula inhuang bitie! =  Sampai hari-ini dia belum tau kalau penyakit gangren adalah         berdemo kepada pemerintah hari-besok, tetapi untuk keamanan oleh polisi dipasangkan
              satu-kesatuan dengan kadar gula didalam badan!           barikade kawat duri!
        5.  Ewehqah inhelang oloen jeie pujhie buah parungkit bahiren? Akue, pujhie buah parungkit    4.  Depun tuntang qareat barnyaing qanpamarentah padang andaw-male tagael helu bara te’i
              te’i man’ephei xeang due-ratus biyen! =  Siapakah diantara orang yang pernah kena penya-          aewie qolisi jadie impenanqan  bahiroed qewet duhi andue qaruhuian! =  Dewan dan rak-
              kit gangren? Saya, pernah kena penyakit itu mencapai angka dua-ratus lebih!          yat berdemo kepada pemerintah daerah hari-kemaren tetapi dulu dari itu oleh polisi sudah
        6.  Fetdaeh andue mambareqxa daha qanlaburaturium ueqhae tawa adoer gula, indoq qarehah          dipasangkan barikade kawat duri untuk keamanan!
              ikaw eilhae buah parungkit bahiren! =  Manfaat untuk menterapi darah kelaboratorium su-    5.  Eweih jeie bara qeton hindai pujhie maeiethe bahiroed? Andaw-male jadie ati impenankan
              paya tau kadar gula, agar nantinya kamu jangan kena penyakit gangren!         aewie qolisi! =  Siapa yang dari anda belum pernah melihat barikade? Hari-kemaren sudah
        7.  Ganaen adoer gula inbitie iye mandalaes xeang due-ratus, inpaeie’ah ati cungul bahiren in-         ada dipasangkan oleh polisi!
              thue himang jeie halie qeleh! =  Karena kadar gula dibadan dia mencapai angka dua-ratus,    6.  Faeyaehan xajoah ajhue jeie mangyelongi oloen barnyaing insewutqan aeraah bahiroed,
              dikakinya ada muncul gangren dengan luka yang sulit sembuh!         inpenan bara andaw-male! =  Bentangan sebuah benda yang menghalangi orang berdemo
        8.  Hodeng xasinde ikaw barqalambi tagael oloen diyae tawa amoen ati parungkit bahiren in-         disebutkan namanya barikade, dipasang dari hari-kemaren!
              paeie! =  Necis sekali kamu berpakaian tetapi orang tidak tau kalau ada penyakit gangren     7.  Geore-2 xaselah ficieq bara oloen-2 jeie rahaet barnyaing inyelongi aewie bahiroed jeie ja-
              dikaki!                                                  die inpenani aewie qolisi bara andaw-tueh! =  Teror-2 secara fisik dari orang-2 yang se –
        9.  Ijhoer qumanan qeya bangat mampangraieti qacungulan parungkit bahiren jeie ati inbitie         dang berdemo dihalangi oleh barikade yang sudah dipasangi oleh polisi!
             akue xatahie tueh! =  Faktor makanan juga sangat mempengaruhi kemunculan penyakit    8.  Haeis xareah xaqilaw te’i jeie imnuquqan aewie qolisi andue mampenanqan bahiroed, zen-
             gangren yang ada dibadan saya selama ini!                 daqkan qroxodor tetef bara andaw-jewue! =  Harus memang seperti itu yang dilakukan
       10. Juqa-juqa iye barnanjung aewie inpaeie’ah ati parungkit bahiren, ganaen adoer gula inhuang         oleh polisi memasangkan barikade, tindakan prosedur tetap dari hari-besok!
              daha xeangah due-ratus! =  Seok-seok dia berjalan oleh dikakinya ada penyakit gangren,    9.  Ijhoer qaruhuian ijhe inhelangah atonam mampenanqan bahiroed aewie qolisi, imnuquqan
              karena kadar gula didalam darah angkanya dua-ratus!         jadie bihin tahie bara andaw-male! =  Faktor keamanan satu diantaranya adalah memasang-
       11. Kameles tutue akue inthue adoer gula inhuang daha, aewie ganaen te’i haeis capat batulaeq         barikade oleh polisi, dilakukan sudah sejaklama dari hari-kemaren!
              qanlaburaturium ueqhae eilhae cungul parungkit bahiren! =  Kuatir betul saya dengan ka -   10. Jurayan panggaran helang ujunan inthue pendaan maampaqan pangun bahiroed andue ka-
              dar gula didalamdarah, oleh karena itu harus cepat berangkat kelaboratorium supaya jangan          qolisian bara andaw-jewue! =  Jalinan hubungan antara atasan dengan bawahan merupakan
              muncul penyakit gangren!                                  bentuk barikade untuk kepolisian dari hari-besok!
       12. Loyaew ikaw qareh andue mambariqxa daha qanlaburaturium indoq tawa bapire adoer gula   11. Kaqolisian mam’ayhue’i aerre pangun pangruhuian, ijhe inhelangah atonam bahiroed jeie
              ueqhae eilhae cungul parungkit bahiren! =  Lengah kamu nanti untuk menterapi darah ke-          jadie inlaqanihkan bara andaw-male! =  Kepolisian mempunyai banyak bentuk pengama –
              laboratorium agar tau berapa kadar gula supaya jangan muncul penyakit gangren!           nan, satu diantaranya adalah barikade yang sudah dilaksanakan dari hari-kemaren!
       13. Mahien ganaen iye tukey mambriqxa daha’ah qanlaburaturium tangqan diyae lius cungul   12. Lengari oloen-2 jeie malaqanihkan nyaing bangat laiet maeiethe pangyelong bahiroed jadie
              parungkit bahiren inbitie’ah! =  Justru karena dia rajin menterapi darahnya kelaboratorium          impenanqan aewie qolisi bara andaw-tueh! =  Ekspresi orang-2 yang melaksanakan demo
              tentu tidak akan muncul penyakit gangren!                 sangat marah melihat penghalang barikade sudah dipasangkan oleh polisi dari hari-ini!
       14. Nateiq-2 ati oloen jeie diyae tawa qarabusan andue mambareqxa daha qanlaboratorium,   13. Maeie qeya maampiqan ijhe inhelangah jeie injadian bahiroed aewie helae qolisi bara an-
              ueqhae tawa adoer gula tuntang diyae cungul parungkit bahiren! =  Kadang-2 ada orang          daw-jewue xaqilen ramu qlajadirebes! =  Media juga merupakan satu diantaranya yang
              yang tidak taukegunaanuntuk menterapi darah kelaboratorium, supaya taukadar gula dan          dijadikan barikade oleh pihak polisi dari hari–besok sebagai alat klarivikasi!
              tidak muncul penyakit gangren!                     14. Nahaef tutue andue bahula tue’ieuh helae qolisi maampaqan bahiroed bara xatoro yafaq ba-
       15. Oqimin qumanan jeie manjari ijhoer itong parungkit bahiren akue, ganaen adoer gula inhu-          ra andaw-male! =  Mantap betul untuk zaman sekarang pihak polisi membuatkan barikade
              ang daha mandalaes xeang due-ratus! =  Elemen makanan yang menjadi faktor utama pe-          dari segala aspek dari hari-kemaren!
              nyakit gangren saya, karena kadar gula didalam darah mencapai angka dua-ratus!   15. Omotirpun xelah barlagai olih mambahiroed arefah xabuat bara andaw-tueh andue qamam-
       16. Paiyaehan oloen tarharef ikaw rigas-2 weie, tarinaeh oloen diyae tawa ati perungkit bahiren          baetanganah xabuat! =  Amatirpun cara berpikir bisa membarikade dirinya sendiri dari
              in’neaie jeie hindai qeang! =  Pandangan orang terhadap kamu sehat-2saja, ternyata orang          hari-ini untuk kepentingannya sendiri!
              tidak tau penyakit gangren diperut yang belum kering!   16. Prietuengqan aewie axing-2 oloen andue maampaqan bahiroed qanhung arefah xabuat bara
       17. Qanhala’ah aewie iye hindai olih mangqamburiqan belaei qumanah, aewie te’i cungul’lah          andaw-jewue andue qaxaliwutan xabuat! =  Prioritaskan oleh masing-2 orang untuk mem-
              parungkit bahiren te’i! = Kendalanya oleh dia belum bisa mengendalikan selera makannya,          buatkan barikade kepada dirinya sendiri dari hari-besok untuk keselamatan sendiri!
              oleh itu munculah penyakit gangren itu!            17. Qlajadirebes andue xaining anhaen rabus mambahiroedqan aref priaieng axing-2 bangat in-
       18. Riziqu amoen adoer gula gantung lius cungul parungkit bahiren xaqilaw jeie ati inpaeie,          wojorqan bara andaw-male! =  Klarifikasi untuk setiap berita guna membarikadekan diri
              xaqilae te’i qeya inpaeie akue! =  Resiko kalau kadar gula tinggi akan muncul penyakit          pribadi masing-2 sangat dianjurkan dari hari-kemaren!
              gangren seperti yang ada dikaki, seperti itu juga dikaki saya!    18. Riyaw tuntang diyae inqinyah amoen xaining oloen te’i maampaqan bahiroed qanhung aref
       19. Saqarehaxa ikaw te’i mantiqasi qumanan jeie aerre anis-2 ueqhae eilhae buah buhiet pa –          xabuat bara andaw-tueh! =  Asing dan tidak disadari kalau setiap orang itu membuatkan
              rungkit bahiren! =  Senantiasa kamu itu membatasi makanan yang manis-2 supaya jangan          barikade kepada diri sendiri dari hari-ini!
              kena koreng penyakit gangren!                      19. Satoro xatiar in’ampaqan aewie oloen andue mambahiroedqan qanhung calatiwae jeie di –
       20. Torot primeles terharef parungkit bahiren iye, xareah amoen gantung adoer gula inhuang          yae tarnaha lius dumaeh andue andaw-jewue! =  Segala usaha dibuatkan oleh setiap orang
              daha baqha baqaqa’i! =  Turut prihatin terhadap penyakit gangren dia, memang kalau ting-          untuk membarikade kepada peristiwa yang tidak terkira akan datang untuk hari-besok!
              gi kadar gula didalam darah pasti begitu!          20. Tadharan satoro calatiwae inhuang maqairakaet maampaqan axing-2oloen mambahiroed
       21. Unaes amoen akue maeiethe parungkit bahiren jeie inbaqang aewie oloen te’i jadie xatahie          aref tuntang qaturoen bara andaw-male! =  Gesekan-2 segala peristiwa didlm masyarakat
              jahawen bula’e tueh! =  Melas kalau saya melihat penyakit gangren yang diderita oleh           membuatkan masing-2orang membarikade diri dan keluarga dari hari-kemaren!
              orang itu sudah selama enam bulan ini!             21. Uhxiaxief bara eweihqah andue manuqukan xatiar bahiroed? Te’i dumaeh bara intuxuang
       22. Vileh-2 andue qumanan bahula tue’ieuh amoen diyae maqu buah parungkit bahiren, jari          amuni bihin andaw-tueh! =  Inisiatif dari siapakah untuk melakukan usaha barikade? Itu
              eilhae bungu inthue qumanan! =  Pilih-2 untuk makanan zaman sekarang kalau tidak mau          datang dari intuisi alami sejak hari-ini!
              kena penyakit gangren, jadi jangan rakus dengan makanan!   22. Vohetef xasinde satoro xatiar jeie jadie imnuqukan andue malaqanihkan bahiroed qanhung
       23. Wanguepkah ikaw manahaen belai andue diyae maquman xauraes ranae kienangan? Indoq          Aref xabuat tuntang qaturoen dalaes andaw-jewue! =  Positif sekali segala usaha yang su –
              eilhae buah parungkit bahiren! =  Sanggupkah kamu menahan selera untuk tidak memakan          dah dilakukan untuk melaksanakan barikade kepada diri sendiri dan keluarga sampai
              semua jenis hidangan? Agar jangan kena penyakit gangren!          hari-besok!
       24. Ximpaen jadie xatiar iye andue manjaga ueqhae eilhae buah parungkit bahiren, panginan   23. Wombang xasinde satoro xatiar andue mambahiroed aref xabuat tuntang qaturoen bara
             intapasie, gula inhielae’i, jeie menyaeq inhielae’i! =  Lengkap sudah usaha dia untuk menja          andaw-male, akue bangat aequer! =  Nambung sekali segala usaha untuk membarikade
             ga supaya jangan kena penyakit gangren, makanan dikurangi, gula dihindari, yang lemak          diri sendiri dan keluarga dari hari-kemaren, saya sangat setuju!
             dihindari!                                          24. Xaqian aerre xatiar bara quluek-qaturoen andue mambahiroed aref tuntang uron-2ah bara
       25. Yeor inthue panginan jeie mangat, tadha, tagael maimbietqan parungkit bahiren, xaqilaw          pangraiet pargaxaan maqairakaet! =  Sekian banyak usaha dari kepala-keluarga untuk mem
              te’i jeie akue eleami! =  Giur dengan makanan yang enak, lezat, tetapi membawakan pe –          barikade diri dan anak-2nya dari pengaruh pergaulan masyarakat!
              nyakit gangren, seperti itu yang saya alami!       25. Yanteram angat lagaian aewie aba olih mambahiroedqan qaturoenah bara pangraietan jeie
       26. Zaput andaw ziati quman xaqilaw te’i manumuen ikaw, tagael ye ..... inqamburikanlah           wanatif bara andaw-male! =  Tentram rasa pikiran oleh ayah bisa membarikadekan kelu –
             iexaeng belaei quman, ueqhae eilhae buah parungkit bahiren! =  Tiada hari tanpa makan se-          arganya dari pengaruh yang negatif dari hari-kemaren!
             perti itu menurut kamu, tetapi ya ..... dikendalikanlah tentang selera makan, supaya jangan   26. Zowaet akue qanhung oloen-2 jeie olih manenga bahiroed bara pangraiet riyaw qanhung
             kena penyakit gangren!                                     baugotae qaturoenah bara andaw-tueh! =  Aplus saya kepada orang-2 yang bisa memberi
                                                                                                                                   ( ite pajue 142 ).          barikade dari pengaruh asing kepada anggota keluarganya dari hari-ini!
                                                                                                                 ( ite paju 17).
   379   380   381   382   383   384   385   386   387   388   389