Page 36 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 36

b. Menetapkan  Konteks  Belajar.  Konteks  belajar  hendaknya
               memenuhi indikator-indikator berikut:
                  Pertanyaan-pertanyaan  proyek  mempersoalkan  masalah
                   dunia nyata;
                  Mengutamakan otonomi siswa
                  Melakukan inquiry dalam konteks masyarakat
                  Siswa mampu mengelola waktu secara efektif dan efisien
                  Siswa belajar penuh dengan kontrol diri;
                  Mensimulasikan kerja secara profesional.

             c.  Merencanakan  aktivitas-aktivitas.  Pengalaman  belajar  terkait
                 dengan merencanakan proyek adalah sebagai berikut:
                  Membaca
                  Meneliti
                  Observasi
                  Interview
                  Merekam
                  Mengunjungi objek yang berkaitan dengan proyek;
                  Akses internet.

             d.  Memproses  aktivitas-aktivitas.  Indikator-indikator  memproses
                 aktivitas meliputi antara lain:
                  Membuat sketsa
                  Melukiskan analisa
                  Menghitung
                  Mengenerate
                  Mengembangkan prototipe.

             e.  Penerapan  aktivitas-aktivitas  untuk  menyelesaikan  proyek.
                 Langkah-langkah yang dilakukan adalah:
                  Mencoba mengerjakan proyek berdasarkan sketsa
                  Menguji  langkah-langkah  yang  telah  dikerjakan  dan  hasil
                   yang diperoleh



                                                                            27
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41