Page 36 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 36
b. Menetapkan Konteks Belajar. Konteks belajar hendaknya
memenuhi indikator-indikator berikut:
Pertanyaan-pertanyaan proyek mempersoalkan masalah
dunia nyata;
Mengutamakan otonomi siswa
Melakukan inquiry dalam konteks masyarakat
Siswa mampu mengelola waktu secara efektif dan efisien
Siswa belajar penuh dengan kontrol diri;
Mensimulasikan kerja secara profesional.
c. Merencanakan aktivitas-aktivitas. Pengalaman belajar terkait
dengan merencanakan proyek adalah sebagai berikut:
Membaca
Meneliti
Observasi
Interview
Merekam
Mengunjungi objek yang berkaitan dengan proyek;
Akses internet.
d. Memproses aktivitas-aktivitas. Indikator-indikator memproses
aktivitas meliputi antara lain:
Membuat sketsa
Melukiskan analisa
Menghitung
Mengenerate
Mengembangkan prototipe.
e. Penerapan aktivitas-aktivitas untuk menyelesaikan proyek.
Langkah-langkah yang dilakukan adalah:
Mencoba mengerjakan proyek berdasarkan sketsa
Menguji langkah-langkah yang telah dikerjakan dan hasil
yang diperoleh
27