Page 37 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 37

  Mengevaluasi hasil yang telah diperoleh sebelumnya
                                Merevisi hasil yang telah diperoleh sebelumnya
                                Melakukan perbaikan dan daur ulang proyek yang lain
                                Mengklarifikasi hasil terbaik.

                           2.  Pembelajaran         Magang         Kognitif       (Cognitive
                               Apprenticeship Learning)
                                Menurut  Bransford,  Brown,  &  Coking,  (2000)  dalam
                           Journal  of  Education  Computing,  Design  &  Online  Learning
                           Volume 4, Fall, 2003:
                                Cognitive  apprenticeship  is  an  instructional  design  model
                                which  is  based  on  current  understandings  of  how individuals
                                learn. The goal of cognitive apprenticeship is to address the
                                problem  of  inert  knowledge  and  to  make  the  thinking
                                processes of a learning activity visible to both the students
                                and  the  teacher.  The  teacher  is  then  able  to  employ  the
                                methods     of    traditional   apprenticeship    (modeling,
                                coaching, scaffolding, and fading) to effectively guide student
                                learning

                                Cognitive  apprenticeship  learning  adalah  sebuah  model
                           desain  bahan    pembelajaran  yang  dijadikan  dasar  arus
                           pemahaman      dari   bagaimana    siswa   belajar.  Tujuan  dari
                           pembelajaran  ini  adalah  untuk  menempatkan  masalah  dari
                           pengetahuan  dan  membuat  proses  pemikiran  dari  sebuah
                           aktivitas pembelajaran yang nampak untuk guru dan siswa.
                                Menurut Dantes (2008) Cognitive apprenticeship adalah suatu
                           metode  melatih  peserta  didik  dalam  menyelesaikan  suatu tugas.
                           Ada  tiga  hal  utama  yang  harus  dilakukan  guru  sebelum
                           pembelajaran dilakukan, yaitu
                           a.  Terlebih  dahulu  menetapkan  kompetensi  yang  harus  dicapai
                               peserta didik
                           b.  Menunjukkan manfaat dari tugas yang diberikan; dan
                           c.  Memberi peluang untuk keberagaman cara belajar peserta didik.




                           28
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42