Page 14 - Belajar & Pembelajaran
P. 14
3) Ketiga, memilih dan menentukan urutan tingkah laku yang dipelajari serta
jenis penguatnya.
4) Keempat, membuat program pembelajaran. Program pembelajaran ini
berisi urutan perilaku yang dikehendaki, penguatan, waktu mempelajari
perilaku, dan evaluasi. Dalam melaksanakan program pembelajaran, guru
mencatat perilaku dan penguat yang berhasil dan tidak berhasil.
Ketidakberhasilan tersebut menjadi catatan penting bagi modifikasi
perilaku selanjurnya (Davidoff, 1988: 199-211; Gredler, 1991: 154-166;
Sumadi Suryabrata, 1991; Hilgard dan Bower, 1966: 114-131; Woolfolk &
McCune-Nicolish, 1984: 170-179).
b. Belajar Menurut Gagne
Menurut Gagne belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Hasil belajar
berupa kapabilitas. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan,
sikap, dan nilai. Timbulnya kapabilitas tersebut adalah dari 'i) stimulasi yang
berasal dari lingkungan, dan (ii) proses kognitif yang dilakukan oleh pembelajar.
Dengan demikian, belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah
sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapabilitas
baru. Sebagai ilustrasi, siswa kelas tiga SMP mempelajari nilai luhur Pancasila.
Mereka membaca berita di surat kabar tentang bencana alam gempa bumi di
Flores dan banjir di beberapa provinsi di Jawa. Mereka bersama-sama
mengumpulkan bantuan bencana alam dari orang tua siswa SMP. Mereka
mampu mengumpulkan 4 kuintal beras, 100 potong pakaian, dan uang sebesar
Rp 5.000.000,00. Hasil bantuan tersebut kemudian mereka serahkan ke Palang
Merah Indonesia yang mengkoordinasi bantuan di kota setempat. Perilaku
siswa mengumpulkan sumbangan tersebut merupakan hasil belajar nilai luhur
Pancasila. Hal ini merupakan dampak pengiring.
Menurut Gagne belajar terdiri dari tiga komponen penting, yaitu kondisi
eksternal, kondisi internal, dan hasil belajar. Hal-hal berikut berkaitan dengan
belajar:
1) Belajar merupakan interaksi antara "keadaan internal dan proses kognitif
siswa" dengan "stimulus dari lingkungan".
2) Proses kognitif tersebut menghasilkan suatu hasil belajar. Hasil belajar
tersebut terdiri dari informasi verbal, keterampilan intelek, keterampilan
motorik, sikap, dan siasat kognitif.
Ada lima kapabilitas siswa, yang berupa:
1) Informasi verbal adalah kapabilitas untuk mengungkapkan pengetahuan
dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis. Pemilikan informasi
verbal memungkinkan individu berperan dalam kehidupan.
Hakikat Belajar dan Pembelajaran | 7