Page 14 - Belajar & Pembelajaran
P. 14

3)  Ketiga, memilih dan menentukan urutan tingkah laku yang dipelajari serta
              jenis penguatnya.
          4)  Keempat,  membuat  program  pembelajaran.  Program  pembelajaran  ini
              berisi  urutan  perilaku yang  dikehendaki,  penguatan,  waktu mempelajari
              perilaku, dan evaluasi. Dalam melaksanakan program pembelajaran, guru
              mencatat  perilaku  dan  penguat  yang  berhasil  dan  tidak  berhasil.
              Ketidakberhasilan  tersebut  menjadi  catatan  penting  bagi  modifikasi
              perilaku  selanjurnya  (Davidoff,  1988:  199-211;  Gredler,  1991:  154-166;
              Sumadi Suryabrata, 1991; Hilgard dan Bower, 1966: 114-131; Woolfolk &
              McCune-Nicolish, 1984: 170-179).

          b.  Belajar Menurut Gagne
              Menurut Gagne belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Hasil belajar
          berupa kapabilitas. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan,
          sikap,  dan  nilai.  Timbulnya  kapabilitas  tersebut  adalah  dari  'i)  stimulasi yang
          berasal dari lingkungan, dan (ii) proses kognitif yang dilakukan oleh pembelajar.
          Dengan demikian, belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah
          sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapabilitas
          baru. Sebagai ilustrasi, siswa kelas tiga SMP mempelajari nilai luhur Pancasila.
          Mereka membaca berita di surat kabar tentang bencana alam gempa bumi di
          Flores  dan  banjir  di  beberapa  provinsi  di  Jawa.  Mereka  bersama-sama
          mengumpulkan  bantuan  bencana  alam  dari  orang  tua  siswa  SMP.  Mereka
          mampu mengumpulkan 4 kuintal beras, 100 potong pakaian, dan uang sebesar
          Rp 5.000.000,00. Hasil bantuan tersebut kemudian mereka serahkan ke Palang
          Merah  Indonesia  yang  mengkoordinasi  bantuan  di  kota  setempat.  Perilaku
          siswa mengumpulkan sumbangan tersebut merupakan hasil belajar nilai luhur
          Pancasila. Hal ini merupakan dampak pengiring.
              Menurut Gagne belajar terdiri dari tiga komponen penting, yaitu kondisi
          eksternal, kondisi internal, dan hasil belajar. Hal-hal berikut berkaitan dengan
          belajar:
          1)  Belajar merupakan interaksi antara "keadaan internal dan proses kognitif
              siswa" dengan "stimulus dari lingkungan".
          2)  Proses  kognitif  tersebut  menghasilkan  suatu  hasil  belajar.  Hasil  belajar
              tersebut terdiri dari informasi verbal, keterampilan intelek, keterampilan
              motorik, sikap, dan siasat kognitif.

              Ada lima kapabilitas siswa, yang berupa:
          1)  Informasi  verbal  adalah  kapabilitas  untuk  mengungkapkan  pengetahuan
              dalam  bentuk  bahasa,  baik  lisan  maupun  tertulis.  Pemilikan  informasi
              verbal memungkinkan individu berperan dalam kehidupan.

                                                   Hakikat Belajar dan Pembelajaran | 7
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19