Page 15 - Belajar & Pembelajaran
P. 15

2)  Keterampilan  intelektual  adalah  kecakapan  yang  berfungsi  untuk
              berhubungan  dengan  lingkungan  hidup  serta mempresentasikan  konsep
              dan  lambang.  Keterampilan  intelek  ini  terdiri  dari  diskriminasi  jamak,
              konsep konkret dan terdefinisi, dan prinsip.
          3)  Strategi  kognitif  adalah  kemampuan  menyalurkan  dan  mengarahkan
              aktivitas kognitifnya sendiri. Kemampuan ini meliputi penggunaan konsep
              dan kaidah dalam memecahkan masalah.
          4)  Keterampilan motorik adalah kemampuan melakukan serangkaian gerak
              jasmani  dalam  urusan  dan  koordinasi,  sehingga  terwujud  otomatisme
              gerak jasmani.
          5)  Sikap  adalah  kemampuan  menerima  atau  menolak  obyek  berdasarkan
              penilaian terhadap obyek tersebut.

              Gagne  berpendapat  bahwa  dalam  belajar  terdiri  dari  tiga  tahap  yang
          meliputi sembilan fase. Tahapan itu sebagai berikut: (i) persiapan untuk belajar,
          (ii) pemerolehan dan unjuk perbuatan (performansi), dan (iii) alih belajar. Pada
          tahap persiapan dilakukan tindakan mengarahkan perhatian, pengharapan dan
          mendapatkan  kembali  informasi.  Pada  tahap  pemerolehan  dan  performansi
          digunakan untuk persepsi selektif, sandi semantik, pembangkitan kembali dan
          respons,  serta  penguatan.  Tahap  alih  belajar  meliputi  pengisyaratan  untuk
          membangkitkan,  dan  pemberlakuan  secara  umum.  Adanya  tahap  dan  fase
          belajar tersebut mempermudah guru untuk melakukan pembelajaran.
              Dalam  rangka  pembelajaran  maka  guru  dapat  menyusun  acara
          pembelajaran  yang  cocok  dengan  tahap  dan  fase-fase  belajar.  Pola
          pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk pedoman pelaksanaan kegiatan
          belajar di kelas. Sudah barang tentu guru masih harus menyesuaikan dengan
          bidang  studi  dan  kondisi  kelas  yang  sebenarnya.  Guru  dapat  memodifikasi
          seperlunya.

          c.  Belajar Menurut Pandangan Piaget
              Piaget  berpendapat  bahwa  pengetahuan  dibentuk  oleh  individu.  Sebab
          individu  melakukan  interaksi  terus-menerus  dengan  lingkungan.  Lingkungan
          tersebut mengalami perubahan. Dengan adanya interaksi dengan lingkungan
          maka fungsi intelek semakin berkembang.
              Perkembangan intelektual melalui tahap-tahap berikut, (i) sensori motor
          (0;0-2;0  tahun),  (ii)  pra-operasional  (2;0-7;0  tahun),  (iii)  operasional  konkret
          (7;0-ll;0 tahun), dan (iv) operasi formal (11;0-ke atas).
              Pada tahap sensori motor anak mengenal lingkungan dengan kemampuan
          sensorik  dan  motorik.  Anak  mengenal  lingkungan  dengan  penglihatan,
          penciuman, pendengaran, perabaan dan menggerak-gerakkannya. Pada tahap

          8 | Belajar dan Pembelajaran
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20