Page 154 - K.H. Ahmad Dahlan (1868-1923)
P. 154

Dari Bintang Islam, yang berada di bawah kepemimpinan sejumlah
                       anggota pengurus pusat Muhammadiyah, terlihat sisi mana yang dianut
                       oleh Muhammadiyah. Apa yang jelas ditunjukkan adalah: pergerakan
                       politik di semua tempat di mana Muhammadiyah berada mengalami
                       perlawanan sengit.


                       D2.  Sekolah Muhammadiyah
                       Dalam kaitannya dengan sekolah Muhammadiyah, gedung dan
                       perabotan Muhammadiyah untuk keperluan sekolah mereka  diperoleh
                       dari subsidi pemerintah. Gurunya, yang diberi ¾ X f 40 sebagai subsidi,
                       harus membuat kesepakatan di atas materai bahwa para guru wajib
                       menyetorkan f 15 per bulan kepada organisasi. Selain itu guru ini harus
                       berpegang pada kesepakatan itu, tidak akan ikut dalam politik. Apakah
                       kini masih belum jelas bahwa Muhammadiyah adalah anti-politik? Akan
                       tetapi segera setelah guru ini membawa kehidupan mandiri di sekolah-
                       sekolah Muhammadiyah, mereka tidak bisa bekerja dengan bebas.
                       Inspeksi dari pemerintah membuktikan tidak ada perbedaan dengan
                       sekolah pemerintah. Hal serupa juga berlaku bagi pengurus sekolah,
                       yang wajib dipatuhi, jauh lebih keras dibandingkan dengan instruksi bagi
                       para guru pemerintah.
                           Muncul suatu peristiwa  bagaimana seorang guru kepala dipecat
                       dan dipindahkan oleh Muhammadiyah karena komisi sekolah mengeluh
                       tentang cara dia memakai ikat kepala. Kini mengenai hasil dari sekolah
                       Muhammadiyah,  setiap tahun sekolah-sekolah ini meluluskan sejumlah
                       siswa, tetapi dari para siswa ini tidak seorangpun yang berani bergerak
                       di bidang politik. Sebaliknya mereka malas dan penurut, terutama dalam
                       kaitannya dengan organisasi yang berjuang demi kemerdekaan nasional.
                       Nasionalisme tidak tampak di kalangan mereka.
                           Apa arti sebuah sekolah yang didirikan, jika tidak menunjukkan
                       tanda atau bukti bermanfaat bagi bangsa dan Negara? Para pemuda
                       lulusan dari sekolah pemerintah, kebanyakan juga berjuang dalam



               [152]    K.H. Ahmad Dahlan
   149   150   151   152   153   154   155   156   157   158   159