Page 276 - Catatan Peradaban Islam
P. 276

alam, Tuhan tidak mengetahui perincian yang ada di alam,
               dan tidak adanya pembangkitan jasmani.
                   Pembelaan Ibnu Rusyd diungkapkan dalam pendapat-
               pendapatnya sebagai berikut. Pertama; tentang Qadimnya
               alam Ibnu Rusyd mengatakan bahwa para filosof menyakini
               bahwa  alam  ini  qadim.  Qadim  yang  dimaksudkan  di  sini
               adalah  sesuatu  yang  dalam  kejadiannya  terus-menerus.
               Maksud pendapat ini adalah ia tidak mempunyai permulaan
               dalam  waktu.  Pendapat  ini  disimpulkan  dari  pandangan
               mereka bahwa alam ini diciptakan dari sesuatu, bukan dari
               apa yang menjadi ada (credo et nihilo) seperti pendapat Al-
               Ghazali oleh para teolog.

                   Argumentasi  Ibnu  Rusyd  adalah  apabila  kita
               memperhatikan proses kejadian benda-benda di alam, maka
               akan terlihat bahwa semuanya terwujud dari sesuatu yang
               ada.  Untuk  memperkuat  argumentasinya  Ibnu  Rusyd  juga
               mengambil dali-dalil dari Al-Quran seperti surat Hud ayat: 7,
               Fushilat  ayat  11,  dan  Al-Anbiya  ayat  47-48.  Ayat-ayat
               tersebut  menggambarkan  bahwa  “Tiada”  tidak  mungkin
               berubah  menjadi  ada.  Yang  terjadi  adalah  “Ada”  berubah
               menjadi “Ada” dalam bentuk lain.

                   Walaupun demikian, Ibnu Rusyd tetap mengakui bahwa
               semua yang ada adalah terlahir dari kekusaan Allah dalam
               menciptakan bentuk dan kehancurannya. Perbedaan antara
               Filosof  dengan  Al-Ghazali  adalah  pada  penafsiran  Qadim.
               Bagi  Al-Ghazali,  qadim  itu  sesuatu  yang  terwujud  tanpa
               sebab,  dengan  kata  lain  wujud  yang  berdiri  sendiri.
               Sedangakan untuk wujud yang berdiri sendiri hanya pantas
               disandang oleh Allah. Karena Dialah Pencipta segala jagad
               raya  beserta  isinya  ini.  Selain  Tuhan  semuanya  adalah
               ciptaan,  bukan  wujud yang  berdiri sendiri. Jadi,  mengakui


                                                 Catatan Peradaban Islam | 269
   271   272   273   274   275   276   277   278   279   280   281