Page 279 - Catatan Peradaban Islam
P. 279

yang  salah  dalam  memandang  dirinya.  Mereka  membawa
            semua pemikiran Ibnu Rusyd hanya pada satu dimensi saja
            berupa  kebebasan  berfikir  tanpa  mengaitkan  hati  dalam
            wahyu.  Sehingga  di  Eropa  ada  gerakan  Averroisme  dalam
            bentuk ekstrim yang bisa dikatakan sebagai ateis, manusia
            tanpa Tuhan.
                 Namun berkat buku yang ia tulis dengan judul Fashul
            Maqali  fi  muwafaqi  hikmati  wa  Assariah  (pembicaran
            tentang persamaan filsafat dan syariah), maka orang yang
            menganggap  dirinya  Atheis  atau  ragu-ragu  terhadap
            keimanan Ibnu Rusyd sirna dengan tulisannya lainnya yang
            berjudul  Tahafut  Attahafut,  sebuah  buku  yang  membahas
            tentang jawaban karya tulis Al-Gazali yang menyerang para
            filosof.
                 Karya-karya Ibnu Rusyd:

                  Kitab Al-Kuliyat (Buku tentang Filsafat Kedokteran)
                  Bidayah Al-Mujtahid (Permulaan bagi Mujtahid)

                  Fash Al-Maqol Fi Ma Baina Assariah Wal Hikmah Minal
                  Ittisal (Kitab tentang Keselarasan dan Akal)

                  Al-Kasyaf  An  Manahij  Al-Adillah  Fi  Aqoid  Al-Millah
                  (Masalah-masalah  Akidah  yang  dibahas  oleh  Filosof
                  dan Teolog-teolog Islam)

                  Tahafut  At-Tahafut,  yaitu  sebuah  buku  yang
                  membahas  tentang  jawaban  atas  serangan  Al-Gazali
                  terhadap  para  filosof  dengan  keimananya  yang
                  mengalami distorsi.
            C.  Ibnu Sina

                 Abu  Ali  Al-Husain  bin  Abdullah  (Afsyarah,  Bukhara,
            370H/980M). ia adalah seorang dokter dan juga filosof yang

            272 | Asep Solikin dan M. Fatchurahman
   274   275   276   277   278   279   280   281   282   283   284