Page 279 - Catatan Peradaban Islam
P. 279
yang salah dalam memandang dirinya. Mereka membawa
semua pemikiran Ibnu Rusyd hanya pada satu dimensi saja
berupa kebebasan berfikir tanpa mengaitkan hati dalam
wahyu. Sehingga di Eropa ada gerakan Averroisme dalam
bentuk ekstrim yang bisa dikatakan sebagai ateis, manusia
tanpa Tuhan.
Namun berkat buku yang ia tulis dengan judul Fashul
Maqali fi muwafaqi hikmati wa Assariah (pembicaran
tentang persamaan filsafat dan syariah), maka orang yang
menganggap dirinya Atheis atau ragu-ragu terhadap
keimanan Ibnu Rusyd sirna dengan tulisannya lainnya yang
berjudul Tahafut Attahafut, sebuah buku yang membahas
tentang jawaban karya tulis Al-Gazali yang menyerang para
filosof.
Karya-karya Ibnu Rusyd:
Kitab Al-Kuliyat (Buku tentang Filsafat Kedokteran)
Bidayah Al-Mujtahid (Permulaan bagi Mujtahid)
Fash Al-Maqol Fi Ma Baina Assariah Wal Hikmah Minal
Ittisal (Kitab tentang Keselarasan dan Akal)
Al-Kasyaf An Manahij Al-Adillah Fi Aqoid Al-Millah
(Masalah-masalah Akidah yang dibahas oleh Filosof
dan Teolog-teolog Islam)
Tahafut At-Tahafut, yaitu sebuah buku yang
membahas tentang jawaban atas serangan Al-Gazali
terhadap para filosof dengan keimananya yang
mengalami distorsi.
C. Ibnu Sina
Abu Ali Al-Husain bin Abdullah (Afsyarah, Bukhara,
370H/980M). ia adalah seorang dokter dan juga filosof yang
272 | Asep Solikin dan M. Fatchurahman